Simak Tips Menanam dan Merawat Bunga Gerbera Daisy Agar Cepat Berbunga!

 


Ingin membudidayakan Bunga Gerbera Daisy, Namun bingung Bagaimana cara merawatnya? Yuk simak ulasan berikut!

Gerbera daisy atau disebut juga hebras atau herbras ini merupakan jenis bunga yang yang memiliki ciri khas seperti kelopak panjang dan berwarna cerah. Bunga ini diduga pertama kali berasal dari Afrika Selatan, Afrika Utara, dan Rusia. Nama bunga ini sendiri diambil dari nama sang penemu, yakni Traug Gerber, seorang warga berkebangsaan Jerman yang melakukan ekspedisi ke Afrika Selatan.

Jika dilihat dari rupanya, bunga gerbera daisy ini memang sangat cantik dan menarik. Maka tak heran jika bunga yang satu ini memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi dan dijadikan sebagai komoditas bunga potong.

Daya tarik bunga gerbera daisy tidak hanya berasal dari rupanya saja. Melainkan warna yang ada juga menambah keindahan bunga ini. Untuk warna, bunga gerbera daisy terdiri atas banyak warna, seperti kuning, merah, merah muda, putih, dan keunguan.

Selain sebagai komoditas bunga potong, bunga gerbera daisy juga dimanfaatkan sebagai bahan baku utama sabun, kosmetik, dan minyak atsiri atau minyak wangi.

So, bagi kamu yang tertarik membudidayakan bunga yang satu ini. Berikut tips merawat dan menanam bunga gerbera daisy agar cepat berbunga yang bisa kamu praktekkan di rumah.

Tips Menanam dan Merawat Bunga Gerbera Daisy

1. Sediakan pot atau polybag. Ukuran pot tidaklah terlalu besar atau tidak terlalu kecil, ambillah yang sedang saja jika Anda memang tidak ingin memindah setelah tumbuh besar. Sementara jika Anda ingin memindah, Anda dapat menaman di pot yang kecil terlebih dahulu.

2. Isi pot atau polybag menggunakan media tanam hingga setengahnya.

3. Tanam bibit bunga gerbera di tengah-tengah pot atau polybag.

4. Isi kembali pot atau polybag dengan media tanam, sambil dipadatkan di bagian sekitar pangkal batang bibit bunga gerbera.

5. Siram bibit bunga gerbera yang tadi ditanam dengan air besih hingga cukup basah atau lembab.

6. Setelah 10-15 hari setelah penanaman, bibit bunga gerbera akan mulai tumbuh akar dan tunas baru sebagai tanaman gerbera muda.

7. Jangan lupa untuk mengawasi penyiraman atau pengairan pada fase awal pertumbuhan bunga gerbera setiap hari sebanyak 1-2 kali penyiraman.

8. Setelah itu, kurangi intensitas penyiraman sesuai dengan keadaan cuaca.

9. Selain itu, lakukan pemupukan dan sanitasi secara rutin pada tanaman gerbera hingga tanaman gerbera dapat tumbuh optimal dan tidak terserang hama atau penyakit.

Nah, itulah ulasan seputar tips menanam dan merawat bunga gerbera daisy agar cepat berbunga yang bisa kamu praktekkan di rumah. Semoga berhasil!

Posting Komentar

0 Komentar