5 Manfaat Teh Chamomile Bagi Kesehatan

 


Pernahkah kamu merasakan teh bunga chamomile? Ya, teh bunga yang satu ini memiliki aroma khas dan didominasi oleh rasa sepat. Namun, meskipun memiliki rasa yang kurang bersahabat di lidah. Ternyata teh chamomile memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, loh.

Ingin tahu apa saja manfaat teh chamomile ini bagi kesehatan tubuh? Yuk simak ulasan berikut hingga tuntas!

Manfaat Teh Bunga Chamomile

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Teh chamomile merupakan salah satu obat tidur herbal yang paling banyak digunakan untuk meningkatkan kualitas tidur, memperpanjang waktu tidur, hingga mengatasi masalah insomnia. Beberapa studi juga menunjukkan bahwa teh chamomile dapat memberikan efek menenangkan bagi tubuh dan meredakan kecemasan, sehingga dapat mendorong rasa kantuk.

Manfaat ini diketahui berasal dari kandungan zat apigenin yang bekerja layaknya seperti obat penenang. Namun, efek yang diberikan oleh zat tersebut hanya berlangsung sementara.

2. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Manfaat bunga chamomile yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Hal ini karena, teh bunga chamomile baik untuk menangkal berbagai jenis infeksi dalam tubuh, sehingga sistem imun tubuh juga ikut meningkat.

Selain itu, dalam teh bunga chamomile juga terdapat senyawa fenolik yang memiliki kandungan anti-bakteri yang dapat menyerap racun dari makanan.

3. Meredakan Gejala Flu

Khasiat anti radang yang dimiliki oleh teh bunga chamomile mampu mengurangi gejala dan mendukung proses pemulihan saat tengah terkena flu.

Oleh karena itu, untuk meredakan gejala flu, seperti hidung tersumbat dan sakit kepada, serta adanya rasa tidak nyaman yang mengganggu saat tengah menjalani aktivitas sehari-hari, kamu bisa mencoba untuk mengatasinya dengan mengonsumsi teh bunga chamomile secara rutin.

4. Meredakan Nyeri Haid

Teh bunga chamomile mengandung zat anti-inflamasi dan relaksasi yang tidak hanya mampu meredakan nyeri haid, tetapi juga dapat menepis rasa kembung dan sakit perut akibat kram haid. Manfaat ini telah banyak terbukti, salah satunya pada sebuah penelitian yang dilakukan pada 2010.

Penelitian tersebut menemukan bahwa dengan mengonsumsi teh bunga chamomile selama satu bulan mampu mengurangi rasa sakit akibat kram menstruasi.

5. Meredakan Stres

Selain mampu mengatasi nyeri dan kram perut saat tengah haid, teh bunga chamomile juga dipercaya mampu meredakan stres. Hal ini karena, teh bunga chamomile mampu meningkatkan kadar serotonin dan melantonin dalam tubuh, sehingga memicu ketenangan dan relaksasi badan.

Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, kamu dapat mengonsumsi teh bunga chamomile 2-3 cangkir teh per hari. Namun, meskipun teh bunga chamomile memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan, penggunaan teh bunga yang satu ini tidak disarankan untuk ibu hamil.

Hal ini karena, teh bunga chamomile dapat meningkatkan risiko keguguran pada janin. Kendati demikian, untuk ibu hamil. Berikut kami telah merangkum deretan buah yang bagus untuk ibu hamil. Yuk mampir!

Posting Komentar

0 Komentar