Cara Merawat Bunga Keladi

 

Bunga keladi menjadi primadona dikalangan tanaman hias. Banyak orang yang mencari cara untuk merawat bunga keladi. Tanaman keladi merupakan tanaman dari keluarga Araceae yang berasal dari hutan Amazon pada kawasan Amerika.

Bunga keladi ini sangat menarik untuk menjadi tanaman hias karena memiliki daun yang bervariatif dan corak yang unik. Harga bunga keladi juga sangat terjangkau. selain itu, cara merawat bunga keladi terbilang cukup mudah.

Dalam Artikel ini kami akan menjelaskan cara merawat bunga keladi yang benar supaya tanaman hias ini tumbuh subur. Untuk kamu para pecinta tanaman hias, kamu bisa mengikuti cara-cara ini membuat tanaman keladi tumbuh indah dan memiliki banyak anakan.

Cara Merawat Bunga Keladi dalam Pot

Mendapatkan tanaman atau bunga yang lebih subur dan indah, kamu harus menanam bunga dengan cara yang benar. Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memulai untuk menanam adalah sebagai berikut:

1. Siapkan Media Tanam untuk Bunga Keladi

Menanam keladi hias supaya menghasilkan tanaman yang indah pertama bisa dilakukan dengan memilih jenis dan bentuk pot yang sesuai. Untuk tanaman keladi yang masih kecil kamu bisa memilih pot dengan ukuran sedang.

Cara untuk mempersiapkan media tanam pada bunga keladi dengan menuangkan tanah kompos dan pasir dengan perbandingan 3:1, supaya bunga keladi tumbuh dengan subur campurkan 100 gram Granule Bio Organic GDM Same.

2. Menyiapkan Bibit Bunga Keladi

Bibit bunga keladi bisa didapatkan dengan mudah di toko tanaman. Sebaiknya pilih bibit dengan ukuran yang tidak terlalu besar, dengan tinggi sekitar 6-10 cm. pastikan bibit bunga keladi pada kondisi sehat, dengan ciri-ciri bunga keladi sehat seperti:

  • Warna daun cerah mengkilat
  • Daun tidak cacat
  • Tanaman tidak terkena hama

3. Tahap Penanaman Bunga Keladi

Banyak para pecinta tanaman jenis keladi hias yang salah dalam menanam bunga keladi. Berikut langkah-langkah menanam bunga keladi supaya tumbuh subur:

  • Buat lubang dengan kedalaman sekitar kurang lebih 2-3 cm didalam pot
  • Masukkan bibit bunga yang sudah dipilih dan akarnya ke dalam lubang yang telah dibuat
  • Tutup akar bagian bawah tanaman dengan tanah, lalu tekan secara perlahan supaya bibit tidak mudah roboh atau layu
  • Selanjutnya siram tanaman dengan air yang sudah dicampur GDM Black BOS dengan ukuran perbandingan 10 ml GDM Black BOS dan 1 liter air pada permukaan media tanam
  • Hal yang paling penting lainnya adalah meletakkan tanaman pada tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung, hal ini penting untuk mencegah bunga menjadi layu.

Jenis-Jenis Bunga Keladi

Setelah kamu mengetahui cara merawat bunga keladi dalam pot, maka kamu bisa memilih jenis bunga keladi untuk dirawat. Berikut beberapa jenis bunga keladi yang populer di masyarakat.

Bunga Keladi Tengkorak



Bunga keladi tengkorak memiliki bentuk daun yang bergelombang menyerupai bentuk tulang rusuk manusia. Jenis bunga keladi ini menyukai tempat yang teduh. Namun, kamu tetap harus memastikan tanaman keladi ini tetap menerima sinar matahari yang cukup.

Harga bunga keladi tengkorak untuk ukuran kecil atau bibit biasanya dijual seharga Rp. 10.000,- tetapi untuk ukuran bunga keladi jumbo dijual dengan harga yang cukup mahal yaitu Rp. 225.000,-

Bunga Keladi Putih



Bunga keladi putih atau disebut juga dengan White Christmas memiliki tampilan yang sangat cantik. Keladi putih ini didominasi oleh warna putih dengan perpaduan warna hijau yang melintang dibagian urat daun.

Ukuran bunga keladi putih ini tumbuh 12-24 Inchi. Jenis bunga keladi mahal ini tidak menyukai sinar matahari langsung. Jadi sebaiknya tempatkan bunga ini pada bagian tempat yang teduh. Harga bunga keladi putih dibandrol mulai dari Rp. 25.000 – Rp. 50.000.

Bunga Keladi Merah



Bunga keladi merah tidak kalah populer dengan keladi hias lainnya. Keladi merah ini mempunyai kombinasi warna yang cantik. Tepi daun berwarna hijau, tulang dan badan daun berwarna putih dengan corak bercak merah tua.

Bunga keladi merah ini dapat tumbuh mencapai 24-36 Inchi atau sekitar 60-90 cm. Harga yang ditawarkan bunga keladi merah mencapai Rp. 90.000 – Rp. 250.000. Sehingga bunga keladi merah tergolong ke dalam jenis bunga keladi mahal.

Bunga Keladi Wayang



Bunga keladi wayang memiliki bentuk yang unik mirip seperti wayang. Bunga keladi wayang mempunyai daun yang bernuansa putih pada bagian tengah dan pinggiran daun yang beraneka warna.

Tanaman keladi wayang ini cukup populer dan banyak diburu dibandingkan jenis bunga keladi lainnya. Bunga keladi wayang mempunyai banyak variasi yaitu merah, pink, putih, batik, hijau dan jenis terbaru adalah keladi wayang Thailand.

Tinggi maksimal bunga keladi wayang adalah 60 cm. tanaman keladi wayang ini sangat cocok ditempatkan pada tempat yang terkena cahaya matahari langsung. Harga bunga keladi termahal ini mencapai Rp. 90.000 – Rp. 100.000.

Bunga Keladi Liliput



Ukuran bunga keladi liliput sangat kecil dibandingkan jenis bunga keladi lainnya, maka dari itu bunga keladi ini dinamakan bunga keladi liliput. Bunga keladi liliput memiliki perpaduan warna hijau dan putih yang memiliki corak dan motif yang indah.

Harga yang ditawarkan di E-Commerce atau toko tanaman hias, rata-rata bunga liliput dijual seharga Rp. 10.000- Rp. 20.000.

Bunga Keladi Amazon



Bunga keladi amazon memiliki warna hijau tua dengan tulang daun yang menonjol berwarna putih. Keladi Amazon ini tidak memiliki bulu pada permukaan daun dan sedikit licin. Tanaman keladi amazon ini mencapai tinggi 70 cm.

Harga jenis bunga keladi amazon mencapai Rp. 29.000 untuk ukuran sedang. Dan ukuran jumbo biasa dijual dengan harga Rp. 40.000.

Bunga Keladi Neon



Bunga keladi neon mempunyai permukaan daun yang berwarna hijau tua dan berbulu halus dengan warna yang gelap. Harga bunga keladi termahal ini mencapai Rp. 85.000.

Bunga Keladi Keris



Bunga keladi keris atau yang lebih dikenal dengan nama keladi Keris Papua banyak tumbuh dan ditemukan dikawasan Papua. Keladi keris ini mempunyai keunikan sendiri. Warna bunganya sering berubah mengikuti keadaan cuaca. Harga bunga keladi keris ini mencapai Rp. 35.000.

Bunga Keladi Black Velvet



Jenis bunga keladi Black Velvet mempunyai daun yang tebal dan berwarna hijau kehitaman. Bentuk daun membulat serta ujungnya runcing. Jenis keladi Black velvet ini mencapai tinggi 30 cm. bunga keladi Black Velvet ini menjadi incaran para kolektor tanaman hias, sehingga harga bunga ini juga melambung mencapai Rp. 100.000 untuk ukuran kecil.

Bunga Keladi Baret Merah



Bunga keladi Baret merah mempunyai kombinasi warna yang cukup unik dibandingkan dengan jenis tanaman keladi lainnya. Keladi baret mempunyai kombinasi antara warna merah dan hijau tua. Pada bagian daun mempunyai bintik berwarna putih. Harga bunga keladi baret merah mencapai Rp. 190.000 untuk ukuran sedang.

Demikiannya cara merawat bunga keladi dan beberapa jenis bunga keladi yang paling populer di Indonesia. Sebelum merawat bunga keladi, pastikan untuk mengikuti langkah-langkah merawat bunga keladi dengan benar.

Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih sudah membaca sampai habis. Tunggu artikel menarik selanjutnya ya.

Komentar

Posting Komentar