Cara Merawat Bunga Anggrek

 

Bunga Anggrek adalah salah satu bunga yang paling banyak ditanam dan dipelihara. Tanaman ini memiliki banyak jenis bunga yang beraneka bentuk dan warna. Memiliki bentuk yang indah membuat bunga anggrek bisa menambah semarak tanaman hias.

Selain cantik dengan kombinasi warna dan kelopak yang besar, bunga anggrek tergolong sulit untuk dibudidayakan perlu perlakuan khusus untuk merawat bunga anggrek. Bunga anggrek juga dijadikan sebagai tanaman obat-obatan tradisional di dataran Tiongkok.

Berikut Cara Merawat Anggrek Agar Cepat Berbunga

1. Memindahkan Tanaman Anggrek ke Pot

Sebagian anggrek biasa saat dibeli berada dalam kemasan pot plastik. Maka dari itu, untuk merawat tanaman anggrek harus di pindahkan ke dalam pot. Berikut cara menanam anggrek di pot yang bisa diikuti:

  • Jangan pindahkan saat tanaman sedang berbunga. Jika sudah mekar, maka potong bagian bunga mati dan pindahkan anggrek ke pot baru.
  • Posisikan anggrek dengan pas di pot sehingga daunnya tidak akan goyah
  • Pegang tanaman supaya tegak lurus pada pot baru, dan isi dengan media pot baru. Lalu padankan dengan lembut sekitar 2.5 cm. jangan lupa disiram supaya tanaman bisa tumbuh dengan stabil
  • Saat akan memindahkan ke pot baru, periksa akarnya dan potong akar yang menghitam, berlubang atau mengalami rusak.

2. Pilih Media Tanam yang Cocok

Sangat penting untuk kita memilih media tanam yang cocok sebelum menanam bunga anggrek. Siapkan media tanam yang mudah dialiri air, misalnya arang kayu, batang pohon tipis atau lumut.

Jika kamu akan menggunakan arang kayu, maka sebaiknya rebuh arang terlebih dahulu. Campurkan pecahan batu bara streli dengan perbandingan 1:2 dengan arang kayu.

3. Letakkan di Tempat yang Lembab

Cara merawat anggrek agar cepat berbunga adalah dengan menempakkan pada sejuk dan lembab. Letakkan bunga di pinggir kolam ikan atau air mancur.

4. Rajin Dibersihkan

Cara merawat tanaman anggrek selanjutnya adalah untuk rutin membersihkan tanaman anggrek. Sebaiknya jaga supaya pot tetap bersih dari daun-daun kering dan sampah. Jika terdapat bunga yang layu atau sakit, sebaiknya segera potong supaya tidak menular kepada bunga lainnya.

5. Hindari Panas Berlebih

Cara memelihara anggrek bisa tumbuh dengan baik pada suhu yang tepat. Suhu yang baik untuk bunga anggrek berada antara 15 derajat celcius sampai dengan 20 derajat celcius. Kamu bisa membuat anggrek rumah untuk melindungi tanaman ini dari sengatan sinar matahari.

6. Siram Rutin

Pastikan merawat anggrek dengan melakukan siram rutin agar tidak kayu. Namun yang penting adalah anggrek ini bersifat sangat sensitive terhadap air, jadi usahakan anggrek tidak tergenang oleh air. Merawat anggrek yang baik bila disiram pada jam 9 pagi dan sore hari 3-5 sore.

7. Berikan Pupuk Secara Berkala

Cara merawat tanaman anggrek selanjutnya adalah dengan memberikan pupuk secara berkala, seperti pupuk tabur, siram dan pupuk untuk tanah. Bisa dengan menambahkan zat pemuci lain seperti ZPT atau hormone gibrelin.

8. Semprot dengan Antihama

Cara merawat anggrek agar cepat berbunga adalah dengan semprot dengan antihama. Gunakan pestisida dosis ringan secara rutin untuk menghindari serangga atau hama yang mengganggu pertumbuhan bunga anggrek.

9. Memecah Tunas Anggrek

Cara merawat anggrek selanjutnya adalah lakukan Repotting secara teratur. Maksudnya adalah ganti pot dan juga media tanam supaya tidak kehabisan nutrisi. Sebelum memotong anggrek, streilkan terlebih dahulu pisau atau gunting yang akan digunakan dengan cara direbus.

Nah, itu tadi 9 cara untuk merawat anggrek yang bisa kamu ikuti. Dengan cara diatas, maka kamu bisa membuat anggrek tumbuh subur dan memiliki bunga yang cantik.

Komentar

Posting Komentar