4 Jenis Bunga Terindah Tapi Beracun


Bunga memang identik dengan simbol kecantikan sekaligus keindahan yang melambangkan rasa cinta dan kasih sayang. Hampir semua jenis tanman berbunga mempunyai bunga yang benar-benar menawan serta menarik perhatian.

Namun tahukah kamu ada bunga bunga terindah yang ternyata juga mengandung racun. Bahkan, beberapa jenis tercatat dalam sejarah telah bertanggung jawab atas kematian manusia dalam skala besar. Lantas bunga apa sajakah itu? Yuk simak penjelasannya dibawah ini!

1. Bunga Kacang Manis

Bunga Kacang Manis ini mengandung senyawa toksik yang berbahaya terutama di dalam bijinya. Bunga yang tergolong dalam famili Fabaceae dan berasal dari wilayah Sisilia, Italia Selatan, dan Kepulauan Aegean. Bunga ini tumbuh memanjat hingga ketinggian 1-2 meter per tahun. Di samping itu, bunga kacang manis biasanya beraroma kuat.

Ketika biji tanaman ini dikonsumsi dalam jumlah besar dapat menyebab gejala toksisitas yang disebut lathyrism. Racun yang dimiliki tumbuhan ini dapat mengakibatkan kekakuan otot, kelumpuhan otot-otot kaki, detak jantung yang lemah, pernapasan menurun, dan kematian.

2. Bunga Oleander


Bunga Oleander tercatat menduduki peringkat teratas sebagai tanaman paling beracun di dunia. Bunga cantik ini umumnya hidup dalam bentuk semak setinggi 2-6 meter di daerah beriklim sedang dan subtropis. Bunga Oleander kerap dibudidayakan secara luas untuk digunakan sebagai tanaman hias atau lansekap. Bunga ini rentan terhadap suhu dingin yang berkepanjangan.

Di dalam getah bunga oleander mengandung beberapa senyawa beracun diantaranya senyawa glikosida. Bila menelan bunga ini dalam jumlah besar maka dapat mengakibatkan mual, muntah, air liur berlebihan, diare berdarah hingga irama jantung yang tidak teratur. Kontak yang terlalu lama juga dapat menyebabkan kulit iritasi, radang mata dan dermatis. Di negara Afrika, tanaman ini kerap digunakan oleh masyarakat sebagai racun panah.

3. Bunga Melati Kuning


Bunga berwarna kuning terang ini tergolong ke dalam kelompok tanaman anggur (Gelsemiaceae). Umumnya, bunga ini hidup di wilayah benua Amerika beriklim subtropis dan tropis. Bahkan bunga Melati kuning juga dinobatkan menjadi bunga nasional untuk negara bagian Carolina Selatan.

Semua bagian daru Bunga Melati Kuning ini mengandung strychnine seperti alkaloid gelsemine dan gelseminine yang sangat beracun dan tidak boleh dikonsumsi. Bila terkena kulit, getahnya bisa menyebabkan iritasi. Bahkan, nektar dari bunga ini dapat menyebabkan kematian bagi lebah madu. Terlepas dari racunnnya yang berbahaya, bunga ini populer dimanfaatkan untuk menutupi dinding seperti di negara Inggris.

4.  Bunga Kalmia


Bunga Kalmia ini berbentuk semak setinggi Bunga Kalmia. Tanaman ini berasal dari Amerika Utara dan Kuba. Bunga Kalmia dapat beradaptasi dengan tanah atau rawa asam basah dan tanah kering berpasir. Bunganya berwarna putih,, merah muda atau ungu, dengan diamter hingga 1-3 cm dan kelopak berbentuk seperti bintang lima.

Pada bagian nektar yang dihasilkan bunga tersebut dan daun banyak mengandung senyawa neurotoksin yang disebut grayanotoxins. Senyawa ini dapat mengakinatkan tekanan darah rendah, detak jantung melambat, muntah, pusing bahkan kematian.

Nah, itulah 4 jenis bunga tercantik tapi beracun di dunia. Semoga ulasan kami bermanfaat yah!

Posting Komentar

0 Komentar