Cara Budidaya Bunga Matahari

 

Bunga matahari pasti sudah tidak asing lagi bagi kita. Bagaimana tidak? Bunga ini sering menjadi beberapa ikon atau simbol tertentu. Selain karena keindahannya, bunga matahari memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia.

Bunga matahari tergolong kepada jenis tanaman annual yang menghasilkan bunga dengan ukuran besar dan umumnya berwarna kuning. Yang unik dari bunga ini adalah mahkota bunganya mengikuti pergerakan matahari dari timur ke barat yang dikenal sebagai proses Heliotropisme.

Klasifikasi Ilmiah Bunga Matahri

Berikut Taksonomi bunga matahari:

Devisi                  : Tracheophyta

Upadivisi            : Spermatophytina

Klad                     : Angiospermae

Ordo                   : Asterales

Famili                  : Asteraceae

Upafamili           : Asteroideae

Supertribus        : Helianthodae

Tribus                 : Heliantheae

Genus                 : Helianthus

Spesies               : Helianthus annuus

Lebih dari 60 varietas bunga matahari yang ada diseluruh dunia dengan berbegai warna dan tampilan yang menarik. Jika kamu ingin membudidayakan bunga matahari, berikut langkah-langkah yang perlu diikuti:

1. Menentukan Lahan

Tanaman bunga matahari bisa tumbuh dengan baik di dataran tinggi ataupun dataran rendah yang idealnya mencapai 0-1500 mdpl. Lokasi paling cocok untuk menanam bunga yang memiliki nama latin Helianthus Annuus ini adalah daerah pegunungan yang memiliki kelembaban udara mencapai 80-90%.

Cara pertama yang harus diikuti adalah mempersiapkan lahan untuk dijadikan media tanam, menggemburkan tanah dan menambah pupuk kandang. Proses selanjutnya adalah diamkan selama 7 hari supaya tercampur dengan sempurna.

Jangan lupa untuk membersihkan rumput yang ada disekitar lahan. Karena jika tidak diberihkan akan mengganggu tanaman matahari untuk tumbuh maksimal.

2. Bibit Bunga Matahari

Bibit bunga matahari bisa didapatkan dari pengusaha yang membudidayakan tanaman hias. Memilih bibit bunga matahari yang unggul akan memperngaruhi kualita tanaman bunga matahari tersebut. Berikut ciri-ciri bunga matahari yang baik:

  • Memilih biji bunga matahari yang sudah tua
  • Kelopak berwarna kecoklatan
  • Sebelum ditanam, jemur biji sampai kering
  • Siram tunas sekitar 10-14 hari setelah mencapai 20 cm

3. Cara Menanam Bunga Matahari

Setelah bibit mencapai 15-20 cm, langkah selanjutnya adalah memindahkan bibit dari tempat persemaian ke lahan tanam yang sesungguhnya. Cara menanamnya adalah dengan memasukkan bibit kedalam lubang tanam dan tutup kembali dengan menggunakan tanah, usahakan supaya tanaman tetap berdiri tegak dan tidak mudah roboh.

Setelah ditanam, lakukan perawatan tanaman dengan cara menyiram secara teratur dan lakukan pemupukan susulan untuk menjaga ketersediaan nutrisi untuk tanaman bunga matahari. Umur bunga matahari akan menghasilkan bunga sekitar 45-60 hari sejak ditanam dan 90-105 hari sejak disemai.

Manfaat Bunga matahari untuk Kesehatan

Berikut Manfaat biji bunga matahari untuk ksehatan:

1. Mengatasi jerawat

Jerawat adalah masalah kulit wajah yang paling sering dialami semua orang, terutama untuk orang yang tinggal di iklim tropis. Minyak bunga matahari mengandung antioksidan yang efektif untuk mengatasi masalah jerawat.

2. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Biji bunga matahri mengandung vitamin E dan lemak jenuh. Selain itu, biji matahari juga mengandung kolin dan asam fenolik yang bermanfaat untuk memelihara fungsi kardiovaskular, terutama untuk kesehatan jantung.

3. Menurunkan Kolesterol

Manfaat bunga matahri adalah untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL). Minyak bunga matahari mengandung lemak tak jenuh yang berfungsi untuk meningkatkan energy serta menekan kadar LDL di dalam darah.

4. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini ditandai dengan adanya garis halus dan kerutan. Minyak bunga matahari bisa mencegah terjadinya penuaan dini. Terlebih lagi bunga matahari mengandung antioksidan yang terbukti untuk membuat kulit lebih kencang.

Nah itu tadi tentang bunga matahari dan manfaatnya untuk kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih sudah membaca sampai habis.

Komentar

Posting Komentar