Manfaat Bunga Melati untuk Kesehatan

 




Bunga melati adalah tanaman yang sering dimanfaatkan untuk kegiatan memperingati berbagai tradisi di Indoensia. Seperti acara pernikahan, dan peringatan hari raya keagamaan tertentu. Tidak hanya memiliki rupa yang indah, bunga melati juga mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan.

Bunga melati yang mendapat julukan “puspa bangsa” ini memiliki kandungan-kandungan yang baik did dalamnya. Bunga melati juga kerap dimanfaatkan untuk produk kosmetik, hingga olahan makanan. Dalam artikel ini kami akan menjelaskan manfaat bunga melati untuk kesehatan. Yuk simak ulasannya dibawah ini.


Manfaat Bunga Melati

Manfaat bunga puspa bangsa ini bukan hanya digunakan dalam acara adat atau campuran dalam kembang tujuh rupa. Bunga melati juga diolah menjadi produk kecantikan maupun kesehatan. Berikut manfaat bunga melati:

 

1. Teh Melati

Teh Melati biasanya merupakan campuran anatar the hijau dengan daun melati. Kedua bahan ini dapat dicampur ketika kita menyeduh teh dengan beberapa bunga melati.

 

manfaat bunga melati yang dicampurkan dengan the hijau akan menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit jantung ataupun kanker. Khasiat ini disebabkan kandunganpolifenol yang tinggi pada bunga melati yang memlikii sifat antioksidan.

 

Teh melati juga dipercaya bisa membantu proses menurunkan berat badan dengan cara mempercepat metabolism tubuh. The melatidapat membantu melindungi penyakit jantung dengan mencegah kolesterol dan potensi penyumbatan bakteri. 

 

2. Produk Kecantikan

 

Bau yang dihasilkan bunga melatisangat sedap dicium, hal ini menjadikan bunga melati menjadibahan dasar campuran berbagai produk kecantikan, seperti sabun, lotion, dan sebagainya.

Namun bunga melati disini bukan hanya sebagai bahan dasar parfum, tetapi juga membantu untuk mengatasi berbagai masalah kulit lainnya, seperti terbakar sinar matahari dan biang keringat.

3. Aromaterapi

Manfaat bunga melati berikutnya adalah aromaterapi. Menghirup dari molekul minyak melati dapat mengirimkan pesan ke system limbik. Aromaterapi bunga melati bahkan diklaim bisa membantu meringankan gejala depresi.

4. Minyak Esensial

Minyak esensial yang mengandung bunga melati memiliki sifat afrodisial atau sebagai pembangkit gairan seks. Hal ini karena bunga melati mempengaruhi keseimbangan emosisonal dan system hormonal. Inilah mengapa bunga melati kerap digunakan sebagai bagian dari dekorasi kamar pengantin pada malam pertama.

 

Nah itu tadi beberapa manfaat bunga melati untuk kesehatan tubuh manusia. Tentunya hal ini menjadi kabar baik bagi kita yang memiliki bunga melati di pekarangan rumah.

 


Komentar