Bunga Teratai: Taksonomi, Ciri Ciri, Jenis dan Manfaatnya

Hai sobat blog...

Pernah lihat bunga teratai? Bunga teratai merupakan salah satu tanaman yang digunakan untuk menggambarkan kehidupan manusia.

Arti dari tanaman teratai ini banyak dihubungkan dengan kekuatan pribadi, pengingat bahwa hidup manusia hanya sementara dan juga mengenai hidup manusia yang seharusnya terlepas dari bagaimana lingkungannya. 

Bukan hanya itu bunga teratai juga merupakan bunga yang berkembang hanya dalam waktu yang singkat.

Hal ini juga digunakan sebagai pengingat bahwa manusia hidup hanya sementara, oleh karena itu jangan lupa untuk selalu berbuat kebaikan. 

Bahkan, dalam ajaran agama tertentu bunga teratai dapat memiliki makna filosofi sebagai bentuk pencerahan di mana setiap orang bisa mencapai cahayanya sendiri pada suatu saat nanti.

Nah, buat kamu yang ingin mengenal lebih dalam tentang bunga teratai, berikut penjelasannya.

Taksonomi Bunga Teratai

Bunga teratai memiliki nama latin Nymphaea yang berasal dari suku Nymphaeaceae. Bunga teratai bisa disebut juga sebagai water lily karena dapat tumbuh dan mengapung di atas permukaan air. Berikut taksonomi bunga teratai.

Kerajaan: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Nymphaeales

Famili: Nymphaeaceae

Genus:         Nymphaea

Ciri Ciri Bunga Teratai

1. Bentuk daun umumnya bulat atau oval. Pada bagian tengah berbentuk belahan yang mengarah ke tangkai daun. Bagian belahan itu berbentuk runcing dan membentuk huruf V dan sedikit membulat.

2. Bagian permukaan daun tidak mengandung lapisan lilisn. Hal ini berfungsi supaya daun dan bunga tidak jatuh ke permukaan air. 

3. Bagian bunga dan daun yang keluar tangkai berasal dari rizoma yang berada di dalam lumpur, sungai, kolam, atau rawa.

4. Bunga teratai tumbuh memanjang dan memiliki rongga udara dibagian batang. Rongga udara ini berfungsi membawa oksigen ke akar 

5. Teratai dapat beradaptasi dengan air. Kelebihan bunga teratai di atas air untuk menjaga kelembapan dan mendapat oksigen.

6. Banyak ruang-ruang udara disekitar daun untuk mengapung dipermukaan air. 

7. Spesies bunga teratai berada di wilayah tropis dan subtropis.

Jenis-Jenis Bunga Teratai

Bunga teratai diketahui memiliki beberapa jenis yang tersebar di seluruh dunia, yakni:

1. Bunga Teratai Victoria amazonica

2. Bunga Teratai Putih (Nymphaea alba)

3. Nymphaea gigantea violacea

4. Nymphaea ampla

5. Nymphaea calliantha conard 

6. Nymphaea colorata

7. Nimphaea Tetragona

8. Nimphaea Micrantha

9. Nimphaea Candida

10. Bunga Teratai Kuning (Nimphaea Mexicana)

11. Nimphaea Capensis

12. Nimphaea Caerulea

Manfaat Bunga Teratai

Selain bentuknya yang memukau, bunga teratai ternyata memiliki segudang manfaat kesehatan untuk pengobatan manusia. Bagian tumbuhan ini digunakan untuk mengobati beberapa penyakit. Seluruh bagian tumbuhan dimanfaat untuk obat karena kandungannya, antara lain: 

1. Sebagai Obat Diare

Sudah sejak lama, orang Tiongkok memanfaatkan bunga teratai sebagai obat tradisional untuk mengatasi diare. Untuk menggunakan obat tradisional ini, kamu hanya perlu menggunakan biji teratai dan merendamnya di air hangat selama beberapa jam. Setelah itu, tambahkan sedikit gula batu, dan kamu tinggal meminumnya saja.

Biji teratai putih diketahui memiliki beberapa kandungan antidiare yang bermanfaat. Selain itu, biji bunga teratai putih juga memiliki kandungan senyawa yang bermanfaat. Seperti alkaloid, fenolat, tanin, flavonoid, monoterpen dan seskuiterpen, steroid dan triterpenoid, kuinon, dan juga saponin.

2. Dapat Menetralkan Gula Darah

Manfaat berikutnya dari bunga teratai adalah untuk menetralkan gula darah. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa mengambil bagian akar dari bunga teratai. Akar teratai mengandung serat dan karbohidrat kompleks yang membantu menetralkan gula darah. 

Kandungan karbohidrat kompleks dan serat pada akar teratai membuatnya lebih lambat dicerna tubuh. Dengan begitu, lonjakan gula darah setelah makan bisa lebih terkontrol dengan baik. Selain itu, konsumsi karbohidrat kompleks juga dapat membantu kamu mengontrol berat badan.

3. Dapat Mengontrol Tekanan Darah

Bunga teratai memiliki kandungan kalium yang cukup banyak. Adanya kalium menjadikan bunga teratai dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dan menjaga pembuluh darah tetap terbuka. Dengan begitu, tekanan darah dalam tubuh akan menjadi lebih terkontrol.

Selain menjaga tekanan darah, manfaat bunga teratai juga dapat membantu melindungi dari stroke, mencegah osteoporosis, dan juga menurunkan resiko batu ginjal. Adanya kandungan kalium pada bunga teratai juga dapat membantu menurunkan tekanan darah pada orang yang memiliki kondisi hipertensi.

4. Dapat Mengatasi Masalah Pencernaan

Seperti yang kita ketahui, akar pada teratai memiliki kandungan serat dan karbohidrat kompleks. Kandungan ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Adanya serat dapat membantu menyediakan sumber makanan bagi bakteri baik di usus. 

Selanjutnya, bakteri baik akan memproduksi senyawa yang melindungi kesehatan usus. Dengan begitu, sistem pencernaan akan terlindungi.

5. Membantu Meringankan Peradangan

Peradangan merupakan kondisi yang membuat tidak nyaman. Biasanya, radang juga disertai dengan sensasi panas dan nyeri. Untuk mengurangi sensasi ini, kamu bisa memanfaatkan biji teratai dari varietas teratai merah dan putih.

Biji teratai merah dan putih diketahui mengandung senyawa bernama plumule. Senyawa ini memiliki efek anti inflamasi dan antioksidan yang tinggi. Dengan begitu, gejala peradangan dan sensasi tidak nyaman yang muncul saat peradangan bisa teratasi.

6. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Di era pandemi seperti sekarang, menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh menjadi sesuatu yang sangat penting. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi vitamin C dalam jumlah yang cukup. Siapa yang menyangka kalau kandungan vitamin C ini juga bisa kamu dapatkan dari bagian batang tanaman teratai.

Memanfaatkan bunga teratai untuk menjaga daya tahan tubuh juga cukup simpel. kamu tinggal merebus bagian akar dan batang teratai selama 10 menit. Jika sudah, kamu bisa mengonsumsinya seperti biasa.

7. Pereda Nyeri Haid

Sudah sejak lama, orang Tiongkok menggunakan manfaat bunga teratai untuk meredakan nyeri haid. Selain itu, bunga teratai juga biasa dimanfaatkan untuk melancarkan siklus haid dan menghentikan pendarahan yang berlebih.

Biasanya, bagian akar, daun, dan batang teratai diolah menjadi jus atau sup untuk dikonsumsi sebelum masa menstruasi. Sayangnya, tidak banyak penelitian ilmiah yang menkonfirmasi manfaat bunga teratai untuk menstruasi.

8. Dapat Menghilangkan Jerawat

Bunga teratai juga biasa digunakan untuk perawatan wajah dan kecantikan. Salah satunya untuk membantu menghilangkan jerawat. Biasanya, teratai akan diseduh atau ditambahkan dalam teh hijau yang akan diminum. Cara ini dipercaya dapat membantu mengurangi kadar sebum yang menyebabkan timbulnya jerawat. Selain dimanfaatkan secara langsung, kamu juga bisa mencari produk perawatan wajah yang mengandung ekstrak teratai. 

Untuk hasil yang maksimal, kamu tetap perlu melakukan perawatan wajah secara rutin. Yaitu dengan membersihkan wajah secara rutin, mengurangi frekuensi menyentuh wajah, dan menggunakan obat jerawat jika diperlukan.

9. Dapat Menjaga Berat Badan

Bunga teratai adalah salah satu tanaman yang memiliki banyak kandungan nutrisi dan rendah kalori. Kombinasi ini merupakan kombinasi tepat untuk kamu yang ingin menjaga berat badan. Mengkonsumsi bunga teratai bukan hanya membantu kamu lebih sehat, tapi juga tidak membuat kalori kamu bertambah secara berlebihan.

Kandungan serat yang ada dalam teratai juga dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama. Sehingga kamu tidak mudah tergoda untuk menikmati cemilan di antara jeda waktu makan utama. Selain itu, teratai juga memiliki komponen aktif yang dapat membantu mengurangi kadar lemak tubuh.

10. Mampu Menyehatkan Kulit

Bunga teratai juga kaya akan kandungan vitamin A di dalamnya. Vitamin A merupakan senyawa yang memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Selain itu, vitamin A juga memiliki sifat antioksidan dan dapat membantu proses penyembuhan luka.

Adanya sifat antioksidan pada teratai membuat tanaman ini dapat melindungi kulit kamu dari radiasi ultraviolet matahari. Selain itu, sifat antioksidan juga membantu kamu menangkal radikal bebas.

Wah, banyak banget yah manfaat bunga teratai. Gimana menurut kamu?

Komentar