Mengenal Bunga Sedap Malam, Bunga dengan Segudang Mitos

 

Hai sobat blog..

Pernah mendengar bunga sedap malam?

Sedap malam merupakan sebuah tumbuhan yang masuk ke dalam golongan umbi-umbian dengan nama ilmiah Polianthes Tuberosa. Bunga Sedap Malam sebenarnya bukan bunga asli Indonesia. Bunga ini diperkirakan berasal dari Meksiko dan telah diintroduksi ke Indonesia sejak masuknya bangsa Eropa dan China ke Indonesia.

Lantas, seperti apakah bunga sedap malam?

Taksonomi Bunga Sedap Malam

Kerajaan:      Plantae

Divisi:           Magnoliophyta

Kelas:           Liliopsida

Ordo:            Asparagales

Famili:           Agavaceae

Genus:          Polianthes

Spesies:        P. tuberosa

Ciri-Ciri Bunga Sedap Malam

Bunga Sedap Malam tumbuh merumpun dengan tinggi sekitar 0,5 – 1,5 meter. Serumpun batangnya tumbuh dari satu atau beberapa umbi induk dan beberapa umbi anak. Umbi ini merupakan batang semu sekaligus sebagai penyimpan makanan. Umbi bunga Sedap Malam juga digunakan untuk perbanyakan tanaman secara vegetatif.

Daun bunga Sedap Malam (Polianthes tuberosa) berbentuk panjang pipih berwarna hijau mengkilat di bagian permukaan atas dan hijau muda pada bagian permukaan bawah daun. Pada pangkal daun terdapat bintik-bintik berwarna kemerah-merahan. Daun dapat berukuran hingga sepanjang 60 cm.

Tangkai bunga muncul di ujung tanaman berbentuk memanjang dan beruas-ruas. Di setiap ruas muncul daun bunga yang berbentuk pipih memanjang dengan ukuran lebih kecil dari daun biasa. Pada tangkai bunga melekat 5-12 kuntum bunga (terkadang lebih) dengan mahkota bunga berwarna putih dan sedikit kemerahan di bagian ujung.

Mekarnya bunga Sedap Malam (Polianthes tuberosa) tidak serempak melainkan berurutan. Kuntum bunga bagian bawah akan mekar terlebih dahulu lalu menyusul kuntum-kumtum bunga di atasnya secara berurutan.

Bunga Sedap Malam dikenal memiliki kesegaran yang mampu bertahan lama. Meskipun telah dipotong bunga yang menjadi flora Identitas provinsi Jawa Timur ini kesegarannya dapat bertahan selama 5-10 hari.

Manfaat Bunga Sedap Malam

Selain digunakan sebagai parfum, bunga sedap malam ternyata memiliki segudang manfaat, yakni:

1. Dapat menghilangkan bau badan

2. Dapat meredakan stres dan kecemasan

3. Dapat mengurangi peradangan

4. Dapat memperlancar sirkulasi darah

5. Dapat menjaga kesehatan kulit

6. Dapat menghilangkan mual

7. Dapat meningkatkan libido

Mitos Bunga Sedap malam

Sesuai dengan namanya, bunga ini pada umumnya hanya mekar saat malam hari, sehingga aroma khasnya dijadikan sebagai nama. Aktivitasnya di malam hari inilah yang kemudian menjadikan bunga tersebut sering dikaitkan dengan hal mistis.

Di Indonesia, setidaknya ada beberapa mitos mistis yang berhubungan dengan tanaman hias ini. Nah, sebenarnya, apa sih mitos dan fakta yang identik dengan tanaman hias yang satu ini.

1. Aroma Sedap Malam adalah Tanda Kedatangan Makhluk Halus

Wangi bunga sedap malam terkadang membuat beberapa orang bergidik. Hal ini karena arti bunga ini sering dikaitkan dengan datangnya makhluk halus.

Telah dipercaya sejak lama, makhlus halus akan muncul saat malam hari. Itulah sebabnya, banyak orang juga percaya bahwa ketika mereka mencium aroma Polianthes tuberosa, artinya arwah orang yang telah meninggal sedang berada di dekat mereka.

2. Digunakan untuk Memanggil Arwah

Di beberapa scene film hantu, sering kali hadir cerita seorang dukun yang memanggil arwah dengan background rangkaian bunga sedap malam.

Selain menjadi tanda kedatangan makhluk halus, bunga ini juga dipercaya dapat memanggil roh halus. Biasanya, ritual ini melekat pada seseorang yang mendalami ilmu magis. Tak heran jika jenis bunga ini selalu ada di rumah seorang dukun atau paranormal.

3. Malaikat Akan Lebih Senang Datang ke Rumah

Tidak hanya mengundang mahkluk halus datang ke rumah. Aroma sedap malam juga dipercaya banyak orang bahwa malaikat akan lebih sering dan betah berlama-lama di rumah orang yang menanam atau memiliki sedap malam sebagai bagian dari dekorasi.

4. Bunga Kesukaan Ratu Pantai Selatan

Kabarnya, tidak hanya kelapa hijau, bunga sedap malam juga menjadi bunga favorit Ratu Pantai Selatan. Hal ini karena nuansa hijau yang ada di tangkai dan kelopak bunga sedap malam.

Jadi, kamu tak perlu heran, mengapa banyak di daerah Pantai Selatan menyarankan wisatawan untuk membawa bunga sedap malam saat berkunjung ke lokasi yang identik dengan Ratu Pantai Selatan tersebut.

5. Membuat Seseorang Panjang Umur

Banyak orang juga tak kalah percaya bahwa dengan menanam bunga sedap malam di pekarangan rumah dapat menerima berkah panjang umur.

Orang yang menanam bunga sedap malam juga dipercaya akan dijauhkan dari ancaman penyakit hingga peristiwa kecelakaan yang merenggut nyawa.

Nah, itulah seputar informasi mengenai bunga sedap malam. Apakah kamu percaya dengan mitos mitos tersebut?

Komentar