5 Bunga Termahal di Dunia, Ada yang Sampai Rp 57 Miliar

 

Hai sobat blog...

Siapa nih yang suka diberi bunga?

Bunga merupakan jenis tanaman yang paling indah dan disukai hampir setiap wanita. Hal ini tak lain karena bentuk dan warnanya yang indah serta memanjakan mata.

Lantaran keindahannya itu, bunga kerap digunakan sebagai ungkapan untuk menunjukkan perasaan atau cinta. Bahkan, keindahan suatu bunga bisa menjadi ladang cuan bagi seseorang.

Hal itu terbukti dari sejumlah bunga yang memiliki harga jual di luar nalar. Ada berbagai faktor yang menyebabkan tingginya harga bunga tersebut, mulai dari kelangkaan hingga sulitnya budi daya.

Penasaran? Berikut deretan bunga termahal di dunia yang harganya tembus Rp 57 miliar.

Daftar 5 Bunga Termahal di Dunia

5. Saffron Crocus

Bunga termahal yang kelima adalah Saffron Crocus. Selain indah, bunga ini memiliki banyak sekali manfaat, mulai dari pewarna hingga bumbu masakan. Bunga ini memiliki harga senilai £1200 - £1500 atau sekitar Rp22 Juta hingga Rp28 Juta.

Harga bunga saffron yang mahal ini disebabkan oleh masa tumbuh dan proses panen yang sulit. Saffron hanya dapat hidup di kondisi yang kering, banyak sinar matahari, tapi dengan curah hujan yang cukup.

Seperti diketahui, Saffron merupakan tangkai putik bunga Crocus sativus. Satu bunga memiliki tiga tangkai putik yang akan diambil lalu dikeringkan menjadi rempah.

Untuk menghasilkan 1 kg saffron perlu sekitar 340 ribu bunga Crocus sativus. Saffron dengan kualitas terbaik berasal dari bunga yang tidak terlalu mekar. Saffron juga hanya bisa dipanen dengan tangan dengan penuh kehati-hatian. Alhasil para petani harus berkejaran dengan waktu untuk memetik bunga yang mekar selama enam minggu ini.

4. Rothchild's Slipper Orchid

Rothschild Slipper Orchid adalah nama populer bunga anggrek termahal di dunia yang hidup di bagian daratan Borneo (Kalimantan). Jenis bunga anggrek ini cukup langka sehingga banyak diburu oleh para kolektor.

Bunga anggrek langka ini sebenarnya cukup mudah tumbuh dengan perawatan. Jenis media tanaman juga hanya membutuhkan sphagnum moss. Mungkin, hal yang menyebabkan bunga anggrek ini mahal karena proses perkembangbiakannya yang sangat lama.

Diketahui anggrek Rothschild adalah spesies langka yang dapat memakan waktu 15 tahun untuk berbunga. Anggrek langka ini dapat diidentifikasi dari kelopak bunganya yang unik berwarna loreng.

Untuk harganya, bunga ini dibanderol pada nominal £3500 atau setara Rp66 Juta per tangkainya. Sayangnya, bunga yang memiliki julukan “Gold of Kinabalu” itu terancam punah karena perdagangan ilegal dan penyelundupan.

3. Anggrek Hitam Papua

Dari semua jenis anggrek, terdapat salah satu yang khas dari Indonesia yang sangat sulit ditemukan, yakni anggrek hitam Papua. Tanaman yang dijuluki sebagai flame of Irian ini memang tumbuh pada dataran rendah yang bersuhu sekitar 30-35 derajat Celsius dan memiliki masa mekar 3-5 kali dalam satu bulan.

Bunga eksotik ini bisa tumbuh hingga mencapai 40-60 cm dan tumbuh merambat pada pepohonan yang bisa mencapai 5 meter tingginya. Selain itu, harga jualnya juga cukup fantasti hingga menyentuh angka Rp100 juta.

Secara fisik, bunga satu ini sangat berbeda dari jenis anggrek yang lain. Terutama soal warna yang memang hitam seperti namanya. Hampir seluruh kelopaknya berwarna hitam pada bagian dalam dan luar.

Namun di bagian tengah bunga tersebut memiliki warna yang berbeda. Terkadang ungu atau bisa juga berwarna agak merah terang. Alhasil, perpaduan warna ini menimbulkan kombinasi yang dinilai elegan.

2. Shenzhen Nongke Orchid

Selanjutnya ada Shenzhen Nongke Orchid. Bunga ini merupakan tanaman hias yang dibuat manual oleh manusia dengan hasil uji. Tanaman hias ini dirancang oleh salah seorang ilmuwan di Universitas Nongke Shenzhen.

Shenzhen Nongke dibuat dengan hasil persilangan oleh perusahaan agrikultur Shenzhen Nongke. Untuk membudidayakannya saja, para peneliti memerlukan waktu selama 8 tahun.

Selain itu, mereka perlu waktu 5 tahun untuk melihat anggrek ini berbunga, sehingga Anggrek ini sangat langka dan mahal. Konon, harganya bisa mencapai 1,68 Juta Yuan atau sekitar Rp3,6 Miliar.

Secara fisik, bunga ini memiliki warna kuning kehijauan dengan lidah merah hati dan sedikit warna putih yang bercampur. Bunga Shenzhen Nongke Orchid memiliki 5 kelopak bunga bewarna purtih yang mengelilingi dengan coak berwarna merah hati.

1. Juliet Rose

Terakhir, bunga yang menduduki posisi termahal di dunia adalah bunga Juliet Rose atau Mawr Juliet. Bunga ini dibudidayakan oleh David Austin. Bunga yang memiliki bentuk kelopak yang luar biasa indah ini diluncurkan ke publik pada tahun 2006 di ajang Chelsea Flower Show.

Juliet Rose merupakan bunga langka yang tidak bisa mekar di mana saja. Karenanya butuh waktu lebih dari puluhan tahun untuk memanen si mawar ini. Istimewanya lagi, bunga ini hanya bisa mekar dengan bantuan badai. Jika tidak terjadi badai, maka bunga ini akan gagal mekar dan tidak bisa dipanen.

Selain karena warna persik dan penampilan yang memukau, Juliet Rose juga menarik perhatian banyak orang karena harganya yang sangat-sangat mahal. Di awal kemunculannya, Juliet Rose dibandrol sekitar $ 3 juta. Karenanya, bunga ini sering disebut dengan nama lain “£ 3 million rose”. Harga itu senilai dengan Rp 57 milyar.

Meski harganya selangit, penjualan Juliet Rose tetap laris manis. Orang-orang di berbagai belahan dunia membeli bunga ini untuk berbagai keperluan istimewa. Di antaranya untuk perayaan keagamaan, properti dalam prosesi pernikahan seperti buket pengantin wanita, bahkan sebagai hiasan rumah.

Mahal banget yah? Bayangin aja kalian keluarin uang Rp 57 miliar untuk sebuah bunga. Wah, mending beli apartment gak sih? Gimana nih pendapat kalian?

Komentar