Cara Merawat Bunga Lily Agar Tumbuh Subur

 


Bunga lili dalam bahasa Inggris di sebut juga dengan lily. Bunga ini merupakan jenis tanaman yang termasuk kedalam salah satu keluarga tanaman bunga bakung. Jenis bunga ini bisa kita temui di berbagai daerah.

Pecinta tanaman hias pasti suka merawat bunga lily. Oleh sebab itu, tak sedikit orang yang menjadikan kegiatan merawat bunga lily sebagai salah satu hobi. Dalam artikel ini kami akan menjelaskan cara merawat bunga lily supaya tanaman lily tumbuh subur dan indah.

Cara Merawat Bunga Lily

Supaya kamu bisa melihat keindahan dan kesejukan dari jenis bunga lily, berikut beberapa cara merawat bunga lily:

1. Penyiraman Secara Rutin

Tanaman lily dikenal sebagai tanaman yang mampu bertahan hidup di suhu yang tidak terlalu panas. Oleh sebab itu, ketika Anda menanam dan merawat bunga ini harus diperlukan kondisi tanah yang lembab. Hal ini, karena bunga ini bisa tumbuh maksimal jika media tanamnya selalu lembab.

Jika kamu menanam dan merawat tanaman bunga lily di luar ruangan, sebaiknya diberikan pelindung agar tidak terkena air hujan secara langsung. Hal ini dilakukan karena air hujan bisa menyebabkan tanaman bunga lily karena terkena penyakit atau hama.

2. Penggunaan Media Tanam

Tanaman lily sangat suka dengan kondisi tanah yang memiliki kandungan organic yang cukup banyak. Kondisi tanah seperti ini sangat disukai oleh jenis bunga lily, sehingga jika Anda ingin menanam dan merawat tanaman bunga ini, Anda bisa menggunakan komposisi tanah, pupuk kompos, dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:3:3.

Komposisi perbandingan ini hanya digunakan pada bunga lily putih yang ditanam di pot, tetapi dapat digunakan pada tanaman di luar ruang seperti pekarangan rumah. Dengan komposisi ini, tanaman bunga ini akan merasa seperti hidup di habitat aslinya.

3. Penggantian Pot

Salah satu pertanda bahwa bunga lily Anda tumbuh subur adalah dengan pertumbuhannya yang semakin besar, hingga tidak muat lagi didalam pot. Maka dari itu, dalam menanam tanaman bunga ini biasanya diletakkan di pot yang berukuran besar.

4. Pencahayaan

Tanaman bunga lily tidak terkena matahari selama beberapa hari yang bisa bertahan hidup. Namun, bukan berarti tanaman bunga yang dikenal dengan keindahan bunga ini supaya tidak terkena matahari.

Waktu palung lama tanaman bunga ini bisa bertahan hidup tanpa matahari selama 14 hari atau 2 minggu. Oleh karena, Anda bisa meletakkan tanaman bunga ini di dekat jendela selama 3 hari sekali supaya tanaman yang ingin Anda tanam untuk mendapatkan asupan sinar cahaya matahari.

5. Perhatikan Suhu Udara

Anda perlu memperhatikan suhu lingkungan atau suhu ruangan. Suhu lingkungan sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman bunga ini atau ruangan. Tanaman ini bisa tumbuh subur dan bertahan hidup pada suhu 26 derajat hingga 28 celcius.

Komentar