5 Manfaat Bunga Calendula Bagi Kesehatan Kulit

 


Pernah melihat atau mendengar nama bunga calendula? Bunga yang berasal dari Eropa Selatan ini memang kerap digunakan untuk pembuatan salep, sabun, losion, dan pelembab bibir, karena manfaatnya yang disebut-sebut baik untuk kesehatan kulit.

Bahkan tidak hanya digunakan dalam pembuatan skincare, jenis bunga yang satu ini kini juga sering ditemukan dalam berbagai teh herbal. Kendati demikian, apa saja manfaat bunga yang satu ini untuk kesehatan kulit? Yuk cari tahu!

Manfaat Bunga Calendula untuk Kesehatan Kulit

1. Sebagai Tabir Surya

Ekstraksi bunga calendula, menjadi minyak calendula dipercaya berfungsi sebagai tabir surya bagi kulit. Hal ini karena dalam minyak calendula memiliki sifat SPF sebagai campuran krim. Sehingga mampu melindungi kulit dari radiasi UV yang bisa merusak kulit dalam bentuk krim tabir surya. Tidak hanya itu, krim minyak calendula juga bermanfaat untuk mempertahankan pigmentasi alami kulit.

2. Anti-Inflamasi

Manfaat bunga calendula yang selanjutnya adalah berfungsi sebagai anti-inflamasi. Manfaat ini diperoleh dari kandungan antioksidan, vitamin, sterol, beta-karoten, polisakarida, dan karetonoid yang memiliki sifat anti-inflamasi. Sehingga, dapat dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kulit, seperti bengkak atau radang.

3. Mempercepat Penyembuhan Luka

Sebuah studi menyebutkan bahwa ekstrak bunga calendula dalam bentuk minyak, balsam, maupun, salep mampu merangsang produksi protein tertentu yang bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan luka.

Tidak hanya itu, ekstrak bunga calendula juga mampu meningkatkan jumlah kolagen pada luka seiring dengen proses penyembuhan. Kolagen ini nantinya berfungsi untuk menumbuhkan jaringan kulit baru pada luka.

4. Mencegah Tanda-tanda Penuaan

Dalam bunga calendula diketahui mengandung senyawa yang bersifat sebagai antioksidan, yang tidak hanya bermanfaat untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Tetapi juga, berfungsi untuk mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit.

Bahkan, sebuah studi menyebutkan bahwa ekstrak bunga calendula juga dapat meningkatkan kelembapan, kekencangan, dan kekenyalan kulit, sehingga kulit akan tampak lebih awet muda.

5. Mengurangi Kerusakan Kulit

Kandungan senyawa bioaktif dalam bunga calendula dipercaya mampu mengurangi kerusakan kulit akibat stres oksidatif, seperti polusi. Selain itu, sebuah studi membuktikan bahwa minyak bunga calendula juga memiliki kemampuan untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar uv.

6. Mengatasi Jerawat

Apakah kamu mengalamai masalah jerawat? Sudah mencoba berbagai cara, tapi tetap gak berhasil? Yuk coba untuk mengoleskan minyak calendula pada area yang mengalami masalah jerawat. Pasalnya, penyembuhan jerawat dan luka menggunakan minyak calendula disinyalir memiliki efek yang lebih positif jika dibandingkan dengan skincare standart.

7. Meredakan Ruam Popok

Pada suatu penelitian kecil pada 2012 menemukan bahwa gel lidah buaya efektif untuk mengatasi ruam popok. Namun ternyata, krim atau salep calendula lebih bermanfaat secara signifikan jika dibandingkan gel lidah buaya.

Posting Komentar

0 Komentar