Tidak Hanya Mampu Mengusir Nyamuk, Ini 5 Manfaat Bunga Lavender untuk Kesehatan

 


Tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan bunga berwarna dan beraroma khas yang satu ini. Bunga ini dikenal akan khasiatnya yang mampu mengusir nyamuk. Namun tahukah kamu, ternyata bunga ini tidak hanya mampu mengusir nyamuk. Tetapi juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Lantas, apa saja manfaat bunga Lavender untuk kesehatan? Yuk kita telisik satu persatu!

Manfaat Bunga Lavender Bagi Kesehatan Tubuh

1. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Untuk merasakan manfaat ini, kamu bisa mencampurkan cuka apel ke dan bunga lavender, lalu mengoleskannya ke kulit kepala. Rutin menggunakan campuran ini diketahui mampu mencegah ketombe, sekaligus membuat rambut tumbuh lebih cepat dan sehat.

Tak sampai disitu, bunga lavender diketahui juga dapat mengembalikan keseimbangan pH kulit, sehingga proses penyembuhan iritasi kulit akan lebih cepat.

2. Teh Pencegah Kanker

Selain mampu menjaga kesehatan kulit dan rambut, bunga lavender yang diolah menjadi teh herbal diketahui juga dapat menurunkan risiko terkena kanker. Hal ini karena ekstrak bunga lavender pada teh mengandung senyawa polifenol yang dapat mencegah munculnya sel-sel kanker dalam tubuh.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Kualitas tidur tentu memiliki pengaruh yang sangat penting dalam produktivitas seseorang. Melansir dari National Sleep Foundation, seseorang yang mengalami kesulitan tidur secara terus menerus atau insomnia mampu mengganggu aktivitas keesokan harinya.

Tidak hanya berpengaruh pada suasana hati, kualitas tidur yang buruk juga dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh jika dibiarkan dalam waktu yang lama. Meski ada banyak alasan mengapa insomnia ini bisa terjadi, namun ada baiknya jika kamu mencari solusi terbaik untuk mengatasi masalah kesehatan yang satu ini.

Salah satu cara alternatif yang bisa kamu lakukan adalah dengan menanam bunga lavender di rumah. Pasalnya, bunga yang satu ini dikenal sebagai obat alami dengan efek yang menenangkan hanya dengan menghirupnya. Maka dari itu, tak mengherankan jika sejumlah produk perawatan tubuh, mulai dari losion, gel, hingga sabun, banyak yang didesain dengan aroma bunga lavender.

4. Meredakan Sakit Kepala

Bunga lavender yang diektraksi menjadi minyak bunga lavender merupakan salah satu minyak yang cukup populer di dunia kesehatan. Minyak ini memiliki aroma yang unik, menyegarkan, dan menenangkan.

Minyak ini bisa dinikmati dengan menghirup aromanya secara langsung, dicampurkan ke dalam diffuser, maupun mengoleskannya ke kulit. Salah satu manfaat minyak bunga lavender yang paling terkenal adalah mampu meredakan sakit kepala, karena efek menenangkan yang dimilikinya.

5. Memiliki Potensi Mencegah Demensia

Menurut National Cancer InstuteTrusted Source, aromaterapi mampu membantu mencegah risiko terkena demensia. Hal ini karena, reseptor bau akan mengirimkan pesan ke otak yang akan mempengaruhi suasana hati. Nah, jika kamu sedang mencari aromaterapi alami, kamu bisa menanam bunga lavender di rumah.

Posting Komentar

0 Komentar