Tidak Hanya Melati, 5 Bunga Ini juga Cocok Dijadikan Teh


Ternyata tidak hanya bunga melati loh yang cocok dijadikan teh, 5 jenis bunga ini juga cocok. Ingin tahu apa saja? Berikut ulasannya!

Saat ini ada banyak varian bunga untuk teh dengan cita rasa unik serta memiliki warna yang menarik. Jenis teh ini banyak diburu karena memberikan sensasi yang berbeda saat menikmatinya.

Selain itu, sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli juga mengatakan dengan meminum teh dari beberapa jenis bunga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menenangkan pikiran, dan menurunkan berat badan.

Lantas, apa saja jenis bunga yang cocok dijadikan teh? Yuk cari tahu!

Jenis Bunga yang Cocok Dijadikan Teh

1. Bunga Telang

Tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan teh bunga yang satu ini. Bunga telang memang cocok untuk dijadikan teh, karena bunga ini memiliki cita rasa yang cenderung tawar, mirip dengan teh hijau. Jadi, kita bisa menambahkan bahan lain saat meracik teh bunga telang, seperti serai, jeruk nipis, dan madu.

Teh bunga telang berwarna biru keunguan dan dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan, yakni meningkatkan memori otak, mengurangi stress, dan membantu meningkatkan suasana hati.

2. Bunga Rosella

Teh bunga rosella memang memiliki banyak peminat di Indonesia, bahkan teh bunga ini dianggap sebagai ramuan untuk kesehatan. Hal ini karena teh bunga rosella diketahui mengandung vitamin C yang tinggi, bahkan lebih banyak enam kali lipat dari vitamin C pada buah jeruk.

Selain itu, bunga rosella juga mengandung beta karoten yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh. Tidak hanya kaya akan berbagai nutrisi baik, teh ini juga digandrungi karena rasanya yang menyegarkan.

3. Bunga Chamomile

Yang selanjutnya ada bunga chamomile. Teh ini dipercaya mampu mengurangi masalah migraine, sulit tidur, dan pembengkakan. Selain itu, bunga chamomile juga punya sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat mengurangi munculnya noda dan kerutan di wajah.

Sayangnya, teh bunga chamomile memiliki aroma khas dan didominasi oleh rasa sepat. Namun, untuk mengurangi rasa sepat tersebut, kamu bisa menambahkan madu saat hendak meraciknya.

4. Bunga Lavender

Siapa yang tidak kenal dengan bunga pengusir nyamuk yang satu ini. Namun tahukah kamu, ternyata tidak hanya dapat mengusir nyamuk, bunga lavender juga cocok untuk dijadikan teh, loh. Bahkan teh bunga ini dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah kecemasan, depresi, dan insomnia.

Selain itu, teh bunga lavender juga baik untuk kesehatan sistem pencernaan, mengatasi inflamasi ringan, nyeri, radang sendi, hingga sakit kepala. Saat hendak meracik teh bunga ini, kamu bisa menambahkan perasan jeruk nipis atau lemon agar rasanya lebih nikmat.

5. Bunga Calendula

Terakhir ada bunga calendula, bunga ini kerap digunakan untuk pembuatan salep, sabun, losion, dan pelembab bibir. Namun ternyata, bunga ini memiliki cita rasa yang nikmat jika dijadikan sebagai teh, loh. Memiliki cita rasa yang khas, sedikit pedas, dan agak pahit, teh bunga ini patut dicoba oleh kamu para penyuka teh herbal.

Agar rasanya lebih segar, kamu bisa menambahkan madu atau perasan jeruk lemon saat hendak meraciknya.

Posting Komentar

0 Komentar