Unik, 5 Bunga Ini Hanya Mekar di Malam Hari!

Tahu tidak, ternyata ada beberapa jenis bunga yang hanya mekar di malam hari, loh. Beda dengan bunga pada umumnya yang mekar di pagi atau siang hari, beberapa jenis bunga ini hanya bisa mekar di bawah sinar bulan.

 Karena waktu mekarnya inilah jenis-jenis bunga ini disebut bunga malam. Hal ini tentunya sangat unik, penasaran jenis bunga apa saja yang mekar di malam hari? Yuk simak ulasan berikut.

5 Bunga yang Hanya Mekar di Malam Hari

1. Evening Primrose




Evening Primrose atau pemilik nama latin Oenothera biennis ini merupakan tanaman dari family Onagraceae. Evening Primrose berasal dari Amerika Utara, tetapi kini bisa kamu temukan di Eropa, Asia, Selandia Baru hingga Australia. Bunga ini diberi nama Evening Primrose karena bunga yang satu ini hanya mekar pada malam hari.

Bunga ini juga terkenal secara medis. Bibit, daun, minyak dari bijinya maupun akar dari tanaman ini digunakan sebagai bahan dasar pembuatan obat-obatan. Evening Primrose mampu tumbuh hingga 3-5 meter, dengan ukuran bunga antara 0,78-2 inci.

2. Terulak




Terulak atau moonflower merupakan tanaman bunga berwarna putih yang hanya mekar di malam hari dan mengeluarkan aroma harum yang manis. Selain berwarna putih, bunga terulak asal Amerika ini juga ada yang berwarna merah muda atau kemerahan. Sama seperti evening primrose, terulak akan mekar dengan cepat di malam hari atau dini hari.

Namun, bunga akan tetap terbuka meski matahari telah terbit, sehingga kamu tetap dapat melihat keindahannya di bawah sinar matahari.

3. Night Scented Orchid




Night Scented Orchid atau pemilik nama latin epidemdrum nocturnum merupakan anggrek indah yang berasal dari daerah tropis Amerika Tengah dan Selatan. Anggrek ini tumbuh dengan baik pada suhu dingin maupun hangat.

Saat mekar, kamu bisa melihat 2 hingga 3 bunga Night Scented Orchid pada satu tanaman, dengan wangi yang kuat di malam hari.

4. Night Blooming Careus




Night Blooming Careus atau lebih dikenal sebagai bunga Wijaya Kusuma, yang kecantikannya terletak pada kembangnya yang mekar merekah di malam hari ini ternyata termasuk ke dalam genus kaktus, loh. Selain itu, ketika bunganya mulai mekar pada pukul sembilan malam, bunga ini juga akan menyebarkan aroma semerbak yang benar-benar tajam di hidung.

5. Sedap Malam




Sedap malam atau pemilik nama latin Polianthes tuberose ini merupakan tumbuhan hijau abadi dari suku Agavaceae. Bunga sedap malam ini biasa mekar di malam hari dan diperkirakan berasal dari Meksiko. Bangsa Astek mengenalnya dengan nama omixochitl, “bunga tulang”.

Bunga ini mampu tumbuh hingga 45 cm dan menghasilkan rumpun bunga berwarna putih, dengan daunnya panjang dan berwarna hijau muda yang mengumpul di pangkal batangnya. Genus bunga sedap malam ini masih berkerabat dekat dengan Manfreda dan sering dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan parfum.

Itulah 5 bunga unik yang hanya mekar di malam hari. Apakah kamu sudah pernah melihatnya?

 

Posting Komentar

0 Komentar