5 Rekomendasi Bunga yang Tidak Mudah Mati dan Cocok Untuk Pemula

 



Bagi yang ingin menanam dan merawat bunga, namun takut gagal karena pemula, beberapa bunga ini cocok untuk kamu.

Tanaman hias merupakan salah satu jenis tanaman yang cocok untuk menghiasi rumah. Namun, fakta bahwa tidak semua orang bisa merawat bunga dengan baik, sering menjadi penghalang. Banyak para pemula yang ingin merawat bunga merasa kecewa, karena bunga miliknya layu dan tak jarang mati. Maka, bagi kamu para pemula, pintar kreatif lah dalam memilih bunga yang ingin kamu rawat.

Kira-kira bunga apa saja ya yang untuk untuk pemula? Yuk simak ulasan berikut ini.

5 Bunga yang Tidak Mudah Mati dan Minim Perawatan

1. Lidah Buaya




Lidah buaya adalah spesies tumbuhan dengan daun berdaging tebal dari genus Aloe. Tumbuhan yang satu ini bersifat menahun, dan berasal dari Jazirah Arab. Lidah buaya banyak ditemukan dalam produk seperti minuman, olesan untuk kulit, kosmetika, atau obat luar untuk obat luka bakar.

Tumbuhan tanpa batang atau berbatang pendek, dengan tinggi hingga 60-100 cm ini berkembang biak dengan tunas dan memiliki daun yang berdaging tebal, berwana hijau atau hijau keabu-abuan. Sebagian varietas lidah buaya juga ada yang memiliki bintik putih pada bagian batangnya.

2. Marigold




Marigold dapat tumbuh hingga 61 cm, dengan panjang daun 5 sampai 15 cm. Bunga marigold memiliki diameter bunga mencapai 10 cm. Bunga yang satu ini cukup unik karena dalam satu tanaman terdapat dua warna berbeda pada bunganya.

Sebuah penelitian tahun 2016 di Iran, mengatakan bahwa marigold mengandung asam klorogenat yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, seperti obat darah tinggi, anti-inflammatori, anti-karsinogenik, anti-oksidan, anti-bakteri, hingga anti-tumor.

3. Kaktus




Kaktus dapat tumbuh dalam waktu yang lama walau tanpa air.

Tumbuhan ini memiliki akar yang panjang untuk mencari air dan memperlebar penyerapan air dalam tanah. Kaktus memiliki ruang batang yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan air dan daun yang akan berubah bentuk menjadi duri yang bertujuan mengurangi penguapan air lewat daun.

4. Lidah Mertua




Lidah mertua merupakan tanaman hias yang cukup populer sebagai penghias bagian dalam rumah, karena tanaman ini dapat tumbuh dengan jumlah air yang sedikit. Selain itu, lidah mertua juga mampu tumbuh dengan subur dengan cahaya matahari yang minim.

Lidah mertua memiliki daun keras, sukulen, tegak dengan ujung meruncing. Tanaman yang satu ini selain dimanfaatkan sebagai tanaman hias, tetapi juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, diantaranya menyuburkan rambut, mengobati diabetes, wasir, hingga kanker ganas.

5. Bunga Kamboja




Bunga kamboja merupakan sekelompok tumbuhan dalam genus plumeria, yang memiliki bentuk berupa pohon kecil dengan daun yang jarang, namun tebal. Bunga yang memiliki aroma khas, dengan mahkota bunga berwarna putih hingga merah keunguan ini biasanya memiliki 5 kelopak bunga.

Di beberapa tempat di Nusantara, termasuk Malaya, bunga kamboja ditanam di kuburan sebagai tumbuhan peneduh dan penanda tempat. Kamboja juga dapat dengan mudah dibudidayakan, cukup melalui stek batang.

Demikianlah 5 rekomendasi bunga yang tidak mudah mati dan cocok untuk pemula. Adakah diantaranya yang menarik perhatian mu?

Posting Komentar

0 Komentar