Simak 5 Bunga dengan Bentuk yang Unik dan Aneh!

 Dalam kehidupan sehari-hari bunga identik dengan warna serta bentuknya yang indah dan aromanya yang semerbak. Namun, bagaimana jika bunga yang seharusnya berbentuk indah, disertai warnanya yang menarik justru berkebalikan?

Seperti beberapa bunga dibawah ini, yang memiliki bentuk dan warna yang unik. Mau tahu apa saja? Yuk simak ulasan berikut ini.

Bunga dengan Bentuk yang Aneh dan Unik

1. Lithops Weberi



Lithops adalah sebuah genus dari tanaman sukulen, Aizooceae. Tanaman ini biasanya tumbuh alami disekitar Namibia dan Afrika Selatan, dari area pantai sampai ke pegunungan tinggi. Bunga lithops biasanya berwarna kuning atau putih dengan aroma harum yang “manis”. Ketika berbuah, buah lithops memiliki bentuk yang menyerupai kapsul kering.

2. SnapDragon and the Skull



Snapdragon merupakan jenis tanaman kebun yang menyerupai kepala naga saat mekar, namun berubah bentuk menjadi tengkorak kepala manusia saat mati. Di Indonesia sendiri, bunga yang satu ini lebih dikenal dengan sebutan “Mulut Naga”, uniknya lagi, bunga ini mampu membuka dan menutup mulutnya ketika kita tekan.

Bunga ini berasal dari Mediterania, mulai dari Maroko, Portugal, hingga Prancis bagian selatan. Walau memiliki bentuk yang sedikit menyeramkan, namun ternyata bunga snapdragon ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

3. Hydnora Africana




Hydnora Africana tergolong kedalam family Hydnoraceae dan berasal dari wilayah Afrika Selatan. Bunga ini merupakan tumbuhan parasit yang menyerang akar tumbuhan dari family Euphorbiaceae. Tumbuhan ini tidak memiliki klorofil dan tidak melakukan fotosintesis.

Hydnora Africana tumbuh dibawah tanah, dengan bunga yang muncul dipermukaan. Bunga ini memiliki buah yang rasa dan teksturnya mirip dengan kentang, namun buah Hydnora Africana memerlukan waktu dua tahun untuk matang.

4. Impatiens Bequaertii




Bunga ini merupakan bunga langka asal Afrika Timur. Bunga ini akan tumbuh subur pada daerah dengan suhu 7-20oC, alias daerah dingin, lembap, dan penghujan. Bunga ini banyak tumbuh di sekitar parit, tepi sungai, dan tepi hutan.

Bunga impatiens memiliki bentuk yang mirip dengan seorang gadis yang sedang berdansa, dan muncul sepanjang tahun dengan warna merah muda dan putih. Bunga dengan bentuk yang unik ini juga memiliki kutikula yang tebal dan anti air, sehingga tampak mengkilap dan berkilauan saat terkena air.

Tidak hanya bentuknya yang indah, bunga impatiens juga dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit.

5. Psychortia Elata




Psychortia Elata atau lebih sering disebut dengan Si Bibir Seksi atau Si Bibir Merah. Bentuk bunganya yang mirip dengan bibir seksi ini merupakan fase menuju pemekaran yang disebut bracts. Psychortia Elata berasal dari hutan-hutan di Kolombia, Kosta Rika, Panama, dan Ekuadur.

Sayangnya, status bunga dengan bentuk yang unik ini kini telah terancam punah, dan berkurang drastis karena pengaruh perubahan iklim yang terjadi.

Bagaimana? Unik-unik sekali bukan?  

Posting Komentar

0 Komentar