Fakta-fakta Menarik Tantang Bunga Amarilis

 


Bunga amarilis merupakan tanaman hias yang populer saat ini, tanaman ini memiliki bermacam-macam warna dan jenis. Amarilis biasanya ditemukan dipekarangan rumah. Para orang Yunani menyebut bunga ini dengan sebutan bunga “Amarulis”, yang artinya “kemegahan”, atau “berkilau”.

Tanaman hias dengan nama latin Hippeastrum spp. Ini memiliki bunga yang cantik berbentuk bintang atau terompet dengan warna yang bermacam-macam, diantaranya merah, oranye, merah muda, putih, dan batik.

Untuk pria, bunga amarilis berarti “kuat dan percaya diri”. Sedangkan untuk wanita, bunga amarilis berarti “kecantikan”. Serta bentuk bunganya yang berbentuk terompet atau bintang melambangkan “kebanggaan”.

Dibalik bentuknya yang indah, bunga yang satu ini menyimpan berbagai fakta-fakta menarik. Ingin tahu apa saja? Yuk simak ulasan berikut.

Fakta-fakta Menarik Tantang Bunga Amarilis

1. Legenda Bunga Amarilis

Dibalik namanya yang elok, bunga amarilis ternyata menyimpan sebuah kisah cinta yang tragis. Legenda mengatakan bahwa amarilis merah ada kaitannya dengan kisah cinta peri Amaryllis yang jauh hati kepada seorang gembala bernama Alteo.

Alteo memiliki ketampanan seperti Apollo dan kekuatan seperti Hercules. Tapi sayangnya, cinta peri Amaryllis bertepuk sebelah tangan. Ia berharap bisa memenangkan hati Alteo dengan meminta nasehat oracle di Delphi.

Sesuai petunjuk, ia pun muncul di depan pintu Alteo dengan mengenakan gaun berwarna putih dan menusuk hatinya dengan panah emas. Begitu seterusnya hingga hari ke 30 Alteo baru membukakan pintunya.

Betapa terkejutnya Alteo menyaksikan bunga-bunga cantik berwarna merah bermekaran di sepanjang jalan. Konon, bunga tersebut berasal dari tetesan darah sang peri. Itulah kenapa bunga amarilis banyak dijumpai berwarna merah. Dari situlah asal mula dari nama bunga Amarilis.

2. Nama lain bunga amarilis adalah naked ladies dan belladonna lilies.

3. Umbi bunga amarilis dapat hidup dan bertahan lama, bahkan hingga 75 tahun.

3. Bunga amarilis menghasilkan minyak esensial yang sering digunakan untuk membuat parfum dan berbagai produk aromaterapi. Aroma bunga amarilis mampu memberikan ketenangan dan membangkitkan energi.

4. Banyak penjaga toko bunga yang mengira bahwa bunga dari genus Hippeastrum adalah bunga amarilis. Hal ini karena bentuk bunga dari genus Hippeastrum sangat mirip dengan bunga amarilis.

5. Bunga, daun, serta umbi bunga amarilis memiliki kandungan racun yang berbahaya tidak hanya bagi manusia, tetapi juga bagi hewan.

6. Kupu-kupu dan lebah sangat tertarik bunga amarilis, hal ini dimanfaatkan dalam proses penyerbukkan bunga.  

7. Bunga amarilis memiliki bunga dengan ukuran yang cukup besar dan kuat. Bahkan, beberapa jenis bunga amarilis mampu mekar hingga sebesar bola softball.

Itulah beberapa fakta menarik dibalik bentuk bunga amarilis yang cantik. Semoga setelah membaca pemapaaran tentang fakta menarik bunga marilis diatas, bisa membantu menjawab rasa penasaran kamu tentang bunga yang satu ini.

 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar