5 Manfaat Bunga Kantil yang Jarang Diketahui Banyak Orang

 

Bunga kantil atau yang biasa disebut dengan bunga cempaka putih adalah salah satu jenis bbunga yang memiliki bau harum. Biasanya, bunga ini dipergunakan dalam berbagai upacara adat seperti untuk perlengkapan pesta pernikahan, maupun dipergunakan dalam ritual nyelar atau ziarah kuburan.

Dalam dunia medis, bunga yang dipercaya sebagian masyarakat menjadi tempat tinggal bagi makhluk gaib ini, mampu mengobati beberapa gangguan kesehatan. Hal ini karena Kandungan senyawa alami seperti alkaloid mikelarbina dan liriodenina dipercaya memiliki  khasiat sebagai ekspektoran dan diuretik. Lantas apasajakah manfaat dari bunga kantil itu? penasarankan? Yuk simak ulasannya dibawah ini!

1. Mengobat perut kembung dan mual

Bunga Kantil dapat mengobati perut yang terasa kram, kembung dan mual. Caranya dengan mencuci bersih 5 kuntum bunga kantil putih, 5 gram kulit keruk keprok. 3 butir kapulaga, 15 gram jahe dan 700 cc air.

Kemudian, rebus semua bahan hingga mendidih dan menyiisakan air sekitar 300 cc. Kamu juga bisa meminum ramuan herbal bunga kantil selagi hangat untuk mengobati masalah sakit perut akbat haid atau menopause

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat bunga kantil selanjutnya adalah meningkatkan daya tahan tubuh , Caranys dengan mengeringkan bunga kantil ditempat teduh lalu campurkan dengan madu. Kamu bisa meminum ramuan ini setiap pagi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. selain itu, kamu juga bisa membaca fakta menarik capybara.

3. Mempertajam Pengihatan Mata

Bagi pekerja yang sering menghabiskan waktunya selama berjam-jam di depan laptop atau komputer, mata pasti jadi rentan berair dan lelah. Untuk mempertajam penglihatan dan menjaga kesehtaan matamu. Kamu bisa mengonsumi ramuan bunga Kantil.

Caranya dengan merebus beberapa kuntum bunga kantil, agar lebih nikat kamu bisa menambahkan gula aren. Minuman herbal ini dapat kamu konsumsi setiap hari untuk mendapatkan penglihatan yang lebih jelas dan mata yang lebih sehat.

4. Mengatasi masalah lambung

Iritasi pada lapisan lambung atau kerongkongan juga dapat diatasi dengan bunga kantil. Kambu bisa menggunakan ekstrak bunga kantil sebagai minuman herbal untuk menyembuhkan berbagai masalah lambung.

5. Mengobat masalah keputihan

Meskipun hal tersebut wajar terjadi pada kalangan wanita, namun jika gangguan  keputihan dibiarkan saja dapat berakibat fatal. Untuk membantu mengatasi masalah tersebut, sebaiknya para wanita rajin mengkonsumsi ramuan herbal yang terbuat dari bunga kantil.

Caranya dengan mencapur kurang lebih  30 gram bunga kantil yang sudah dikeringkan, campur bahan lainnya seperti daun mint sebanyak 30 gram, jahe 15 gram, serta bawang putih sebanyak 2 siung, rebus semua bahan tersebut dengan air bersih sekitar 800 cc selama beberapa saat hingga air rebusan tinggal separuhnya. Kamu bisa meminum ramuan tersebut  sebanyak 2 kali sehari masing-masing 200 cc dalam sekali konsumsi.

Demikianlah beberapa manfaat bunga kantil untuk Kesehatan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba yah!

Posting Komentar

0 Komentar