Fakta Menarik Bunga Zinnia, Jarang Diketahui

 

Berkembang di daerah tropis, bunga zinnia menjadi tanamanan yang paling umum ditemukan, terutama di Indonesia. Di kalangan masyarakat, bunga yang sering dijuluki sebagai 'kembang kertas' ini Termasuk dalam famili asteraceae.

Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui lebih dalam tentang bunga ini. Berikut telah kami sajikan fakta menariknya!

1. Satu-satunya bunga yang pernah mekar di luar angkasa

bunga zinnia adalah bunga satu-satunya yang pernah mekar diluar angkasa. Momen ini terjadi pada tahun 2016 tepatnya di stasiun luar angkasa ISS (International Space Station). Tanpah tanah dengan kadar oksigen, pppuk dan air yang minim, percobaan ini menghabiskan waktu sekitar dua tahun.

2. Kaya akan Manfaat

Selain indah, bunga ini juga bisa dokunsumsi loh. Bahkan, ada beberapa yang mengolahnnya menjadi minuman teh. Bunga ini dapat dihjadikan sebagai onbat alternatif bagi penyakit hepatitis atau radang hati, radang kulit, hingga gatal akbat alergi. Namun, perlu kamu ingat bahwa hal tersebut belum teruji secara pasti dan hasil pada setiap orang akan berbeda.

3. Mudah Beradaptasi dan Berkembang

Berkat sifatnya yang mudah beradaptasi, bunga ini dapat tumbuh dimana saja. Namun, mereka lebih suka tempat yang hangat, terutamasaat musim panasa, Termasuk tanaman asli daerah tropis, bunga zinnia juga masih bisa tumbuh di daerah subtropis, terbukti dari habitat aslinya, yaitu di Amerika Serikat.

Selain itu, bunga zinnia juga sangat mudah tumbuh. Kamu bisa membuang biji bunga zinnia yang sudah kering ke atas permukaan tanah, tanpa menanamnya, dan mereka akan bertumbuh dengan sendiirinya. Namun, hal terutama yang harus diperhatikan adalah pemangkasannya. Semakin dipangkas, semakin banyak bunga yang tumbuh.

4. Mengandung banyak makna positif di balik tampilannya yang cerah

Bunga zinnia dikemas dengan banyak makna positif. Pada tahun-tahun sebelumnya,  bunga zinnia dikenal melambangkan kebijaksanaan. Seiring waktu bertambah, bunga zinnia dikenal menggambarkan persahabatan, kenangan indah dan perpisahan yang baik. Orang yang menyukai bunga zinnnia biasanhya penuh semangat dan auntentik.

5. Menjadi pusat perhatian serangga, terutama kupu-kupu

Pada umumnya, bunga zinnia memiliki warna yang cerah, seperti orange, kuning, pink, putih, merah, hingga ungu. Oleh karenanya, tanaman refugia satu ini menjadi pusat perhatian banyak serangga, seperti kupu-kupu hingga burung kolibri. Tetapi dari semuanya, kupu-kupu merupakan yang paling sering datang. Secara garis besar, ada 2 macam bunga zinnia yang paling sering ditemukan, yaitu zinnia anggun (Zinnia elegans) dan zinnia lekuk (Zinnia angustifolia).

Demikianlah beberapa fakta menarik bunga Zinnia. Semoga ulasan kami bermanfaat yah!

Posting Komentar

0 Komentar