Tips Menanam dan Merawat Bunga Kacapiring


Gardenia atau yang lebih dikenal dengan nama bunga kacapiring merupakan bunga yang memiliki aroma yang wangi. Berwarna putih dengan permukaan daun yang menginap bisa mempercantik halaman rumah.

Bunga kacapiring terkenal sebagai bunga yang sensitif, lokasi dan perawatan harus diperhatikan agara kacapiring agar kacapiring dapat tumbuh dan berkembang biak dengan baik. Nah, berikut ini telah kami sajikan beberapa tips dalam merawat bunga ini. Penasaran apasaja? Yuk simak ulasannya dibawah ini!

1. Tips menanam bunga kacapiring

Siapkan bibit bunganya dari setek tanaman kacapiring atau kamu dapat membeli bibitnya di toko penyedia bibit tanaman. Siram tanah yang akan kamu gunakan untuk menanam bunga kacapiring kemudin campur dengan pupuk kompos dan lumut gambut, aduh hingga rata, pastikan pH tanah 5 hingga 6 agar bunga kacapiring bisa tumbuh dengan baik.

Masukkan tanah ke dalam pot, lalu lubangi tanah sebesar gumpalan akar bunga, lalu masukkan bibit secara hati-hati. Jangan sampai merusak akar bunga. Kemudian tutup dengan tanah dan siram kembali.

2. Siram bunga Kacapiring secara teratur

Siram bunga wangi ini secara teratur terutama pada musimkemarau. Siramlah tanaman saat kondisi tanah sudah kering, pastikan menyiram ke bagianakarnya dan hindari membasahi daun dan bunga.

Jangan terlalu sering menyiram bunga ini,, Hal tersebut dapat menyebabkan busuk akar karena kondisi tanah yang terlalu basah. Tanah yang terlalu basah dapat mengakibatkan daun mulai  menguning dan rontok.

3. Pupuk bunga

Pada awal pertumbuhan tanaman berikan pupuk selama satu minggu sekali dalam enak minggu. Hal tersebuta akan mendiring tanaman cepat berbunga dan tumbuh dengan baik.

Agar tanaman kacapiring tetap sehat, kamu dapat memberikan pupuk setidaknya dua kali daam satu tahun.  Gunakan pupuk kompos agar tanamanmu lebih sehat,  jika tidak ada kamu dapat mengggunakan pupuk kandang.

4. Pangkas bunga dan daun yang telah kering

Saat bunga kacapiring mulai menguning dan mengering segeralah pangkas dan bersihkan bunga dari tangkainya. Lakukan hal yang sama pada daun bunga kacapirimg yang sudah menguning dan mengering. Hal tersebut wajib kamu lakukan agar tanaman bunga kacapiring siap melakukan pertumbuhan dantumbuh tunas baru yang akan mekar di tahun berikutnya.

5. Gunakan insektisida untuk membunuh hama

Selain periode menyiram yang harus kamu perhatikan dalam merawat bunga kacapiring, kamu juga harus waspada dengan hama yang akan menyerang tanaman kacapiring mu. Pasalnya tanaman ini  rentan terhadap serangan hama seperti lalat putih, sisik, dan kutu putih. Gunakan insektisida untuk mencegah adanya hama pada tanaman ini. Bunga kacapiring membuthkan perawatan yang tepat, tanaman ini membutuhkan ahaya, tanah, dan air yang tepat dan rentan terhadap hama dan penyakit.

Demikianlah beberap tips menanam dan merawat bunga kacapiring. Semoga ulasan kami bermanfaat dan selamat mencoba yah!

Posting Komentar

0 Komentar