Tak Hanya Indah, Inilah Manfaat Bunga Asoka Untuk Kesehatan

 

Bunga Asoka (Ixora javanica) memang cukup populer sebagai tanaman hias di Indonesia. Berwarna mengggoda dan bergerombolan bunga asoka juga terkenal sebagai bunga yang dianggp sakral di India dan Nepal.

Namun, tak hanya indah, bunga ini ternyata juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Hal ini karena bunga asoka memiliki banyak kandungan antara lain: zat besi, saponin, flavanoid, hematoksilin dan tanin, serta zat penting lainnya. Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui apa saja manfaat bunga ini berikut telah kami sajikan!

1. Melancarkan Menstruasi

Bunga asoka dapat berfungsi sebagai astringent yang membantu meredakan stres sekaligus menenagkan otot rahim. Otot rahim dapat lebih rileks dan skilus haid kembali lancar. Cara membuat ramuan dari bunga asoka ini adalah pertama, siapkan segenggam bunga asoka. Ambil daging lidah buaya yang sudah dikupas kiera kira sepanjang 10 cm. Kemudian, rebus kedua bahan tersebut hingga mendidih aau bisa juga diseduh dengan dua gelas air. Konsumsi dua kali sehari dengan takaran sajian setengah atau satu gelas.

2. Mengobati disentri

Kandungan zat hematoksilin yang terkandung dalam bunga asoka sangat bermamnfaat dalam mengobati disentri. Caranya cukup mudah, cukup dengan menyeduh 2 genggam bunga asoka yang sudah ditumbuk halus dengan setengah gelas air. Kemudian setelah disaring, minum airnya dua kali sehari sampai sembuh.

3. Mengatasi wasir

Wasir merupakan penyakit yang bisa bertambah parah apabila tidak diobati dengan sgeera. Cara membuat ramuan herbal dari bunga asoka ini adalah tumbuk dua genggam bunga asoka hingga halus. Kemudian tambahkan setengah gelas air. Gunakan air perasan ekstrak bunga asoka sebagai ramuan alami dengan meminumnya saat pagi dan malam hari.

4. Mengatasi Hipertensi

Manfaat bunga Asoka selanjutnya adalah mengatasi hipertensi. Dimana air rebusan bunga asoka dapat digunakan untuk mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi. Caranya adalah merebus 1 genggam bunga asoka dengan 2 gelas atau 400 cc air. Kamu cukup minuum setengah gelas dalam sekali konsumsi.

5. Menambah nafsu makan

Sebagai salah satu solusi menambah nnafsu makanmu, kamu bisa mencob asoka yang dikenal memiliki khasiat merangsang nafsu makan. Nafsu makan yang tinggi diimbangi juga dengan makanan yang sehat dan porsi yang terjaga.

6. Mencega anemia

Zat besi yang terkandung dalam tanaman bunga asoka dapat merangsang produksi sel darah merah sehingg sangat bak untuk mencegah tubuh kekurangan pasokan sel darah merah dan hemoglobin.

7. Mampu menghentikan pendarahan dengan cepat

Tak hanya melancarkan menstruasi, bunga ini juga mampu menghentikan  pendarahan dengan cepat. Kamu yang mengalami pendarahan akibat luka luar yang cukup parah dapat memanfaatkan bunga asoka sebagai alternatif pengobatan alami.

Demikianlah beberapa manfaat bunga asoka untuk Kesehatan. Semoga ulasan kami bermanfaat yah!

Posting Komentar

0 Komentar