Fakta Menarik Bunga Pussy Willow!


Bunga yang memiliki nama ilmiah "Salix discolor" ini merupakan bunga yang identik dengan Tahun Baru Imlek. Bunga Pussy Willow ini dapat ditampilkan apa adanya sebagai hiasan ruangan, namun dapat pula dirangkai bersamaan dengan bunga anggrej untuk dijadikan kado.

Bentuk bunga kesukaan Bright Vachirawit ini menyerupai ranting pohon tetapi sisi kiri dan kananya terdapat kuncup kecil berbulu berwarna putih. Bunga kesukaan Han So Hee ini biasanya mulai dijual di toko atau pasar bunga pada Januari dengan warna yang bermacam-macam. Nah, bagi kamu yang ingin mengenal tentang bunga ini lebih mendalam. Yuk simak ulasannya dibawah ini!

1. Kucup bunga Pussy Willow yang digunakan sebagai hiasan biasanya muncul di musim dingin

Diketahui kuncup bunga Pussy Willow yang dilapisi bulu-bulu halus atau  catkins muncul di awal tahun. Hal iniilah yang menyebabkan bunga ini dianggap sebagai tanda musim semi akan segera tiba.

Bunga Pussy Willow kemudian dipotong saat masih musim dingin dan dimasukkan ke vas berisi air atau tanpa air. Pussh Willow yang ditaruh di dalam air nantinya akan tumbuh menjadi bunga dipenuhi serbuk sari sehingga bulu halus yang melapisi kuncuk tidak tampak lagi.

Namun, jika ditaruh di dalam vas tanpa air, berbulu tidak berubah dan dapat bertahan lama.

2. Simbol keberuntungan dan pertumbuhan pada Tahun Baru Imlek

Tahun Baru Imlek atau festival musim semi umumnya jatuh pada bulan Januari atau februari setiap tahunnya. Selain menandai permualaan musim semi, Tahun Baru Imlek juga menjadi permulaan tahun baru berdasarkan perhitungan kalnder China.

Faktor inilah yang menyebabkan bunga Pussy Willow sering digunakan sebagai hiasan saat Imlek.Pussy willow yang digunakan pada rangkaian bunga Tahun Baru Imlek biasanya disemprot dengan warna merah, kuning, merah jambu, atau oranye agar terlihat menarik.

3. Banyak dijumpai di Amerika Utara dan beberapa daerah di Kanda

Pussy Willow atau Salix discolor adalah subspesies dari pohon willow. Tanaman ini umunya tumbuh di kawasan Amerika Utara, yaitu di bagian tengah utara dan timut laut. Sedangkan di daerah Kanada, tanaman ini dapat ditemukan di bagian selatan kanada, contohnya Alberta, Manitoba dan Quebec.

4. Simbol perayaan Dyngus Day di tradisi Polandia

Pussy Willow digunakan pada perayaan Dyngus Day di tradisi Polandia Amerika. Acara ini dilakukan pada hari Senin setelah paskah di Buffalo, New York.

Pada hari besar ini, anak muda laki-laki akan memerciki anak perempuan yang mereka sukai dengan air dan memukul kaki mereka dengan pussy willlow untuk mendapatkan perhatian. Alasan penggunaan pussy willo pada acara ini mirip dengan Tahun Baru Imlek.

5. Hanya pussy willow berjenis kelamin jantan yang menghasilkan catkins

Pussy Willow termasuk bunga berumah dua atau dioecious yang artinya hanya memiliki satu organ reproduksi saja (jantan atau betina). Oleh karena itu kamu dapat menemukan bunga ini berjenis kelamin jantan dan pussy willow dengan jenis kelamin betina.

Tanaman Pussy willoe yang memiliki catkins adalah pussy willoe dengan jenis kelamin jantan. Catkins ini jika dibiarkan tumbuh di pohon atau semak belukar hingga mekar maka akan berubah menjadi rambut-rambt halus dengan ujung yang berwarna kuning keemasan.

Demikianlah beberapa fakta menarik bunga Pussy Willow. Semoga ulasan diatas bermanfaat yah!

Posting Komentar

0 Komentar