5 Bunga Ini Akan Bikin Halaman Rumah Kamu Tambah Asri, Sudah Punya Belum?

 


Beraneka ragam jenis bunga sering digunakan sebagai dekorasi atau penghias kebun, taman, pekarangan rumah, hingga dekorasi pernikahan. Hal ini lantaran bunga memiliki bentuk yang indah, warna yang menarik, dan aroma yang semerbak. Hal ini juga tak jarang membuat orang yang melihatnya merasa senang dan bahagia.

Jika kamu sedang mencari rekomendasi jenis bunga yang cocok digunakan untuk menghiasi halaman rumah, berikut ini beberapa jenis bunga yang bisa jadi referensi pilihan untuk kamu.

Jenis Bunga yang Cocok Digunakan untuk Mempercantik Halaman

1. Melati

Bunga melati merupakan bunga hias berupa perdu bebatang tegak yang hidup menahun. Di Indonesia sendiri, salah satu jenis bunga hias yang satu ini telah terpilih menjadi bunga puspa bangsa karena melambangkan kesucian serta kemurnian. Selain itu, bunga yang satu ini juga kerap dikaitkan dengan berbagai tradisi dari banyak suku di Indonesia.

Jenis bunga melati yang biasanya ditanam di pekarangan rumah adalah Jasminum Sambac. Namun, perlu kamu ketahui jika jenis bunga hias yang satu ini membutuhkan sinar matahari penuh. Jadi, kamu perlu memperhatikan penempatan bunga yang satu ini agar dapat tumbuh dengan subur.

2. Kembang Sepatu

Sejak dahulu hingga kini, bunga kembang sepatu populer digunakan sebagai tanaman hias di daerah tropis dan subtropis. Bunga yang satu ini memiliki ciri-ciri yang khas, yakni memiliki bunga dengan ukuran yang cukup besar, berwana mencolok, dan tidak berbau.

Biasanya, bunga kembang sepatu mampu tumbuh tinggi hingga 2 sampai 5 meter dengan daun yang berbentuk bulat dan ujung daunnya meruncing. Selain bisa mempercantik pekarangan rumah, bunga kembang sepatu juga memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan.

3. Bugenvil

Bugenvil atau kerap juga disebut bunga kertas ini menjadi salah satu tanaman hias yang cukup populer digunakan sebagai tanaman penghias pekarangan rumah karena rupa dan warnanya yang sangat beraneka ragam, mulai dari jingga, merah menyala, merah jambu, merah pucat, kuning, ungu, putih, dan berbagai campuran warna lainnya.

Selain bisa kamu gunakan sebagai tanaman penghias pekarangan rumah, bunga bugenvil juga memiliki fungis lain, seperti hiasan rambut, campuran bunga untuk upacara siraman, hingga upacara pemakaman bagi bangsa China dan India.

4. Pentas

Bunga pentas memiliki ciri daun berwarna hijau berbulu dengan kelopak bunga bernuansa merah, putih, merah muda, hingga ungu. Bunga ini memiliki penampilan yang cukup menawan, dan juga kerap dipanggil Egyptian star karena bentuknya yang sepintas mirip dengan bunga soka serta memiliki bentuk daun layaknya daun kemangi.

Berbeda dengan jenis bunga lain yang hanya tumbuh pada waktu tertentu, bunga pentas berbunga sepanjang waktu tanpa mengenal musim. Selain itu, bunga pentas juga menjadi salah satu pilihan bunga bagi para pecinta tanaman hias karena perawatannya yang mudah dan bunganya yang begitu rimbun.

5. Mawar

Mawar layaknya didaulat sebagai bunga dengan bentuk yang paling indah dan tak lekang oleh waktu. Tidak hanya karena kecantikannya, bunga yang sering digunakan sebagai simbol cinta dan romansa ini juga memiliki bebagai manfaat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan.

Ada ribuan jenis bunga mawar yang dapat kamu temukan, mulai dari mawar merah klasik hingga mawar taman Juliet yang populer. Kamu tinggal menentukan bunga mawar jenis apa yang ingin kamu miliki berdasarkan selera kamu.

Demikianlah ulasan seputar 5 rekomendasi bunga yang akan bikin halaman rumah kamu tambah asri. Jadi, jenis bunga hias mana yang paling menarik perhatian kamu?

Posting Komentar

0 Komentar