Tips Menanam dan Merawat Bunga Melati untuk Pemula

 


Bunga melati merupakan bunga hias berupa perdu berbatang tegak yang hidup menahun. Di Indonesia sendiri, salah satu jenis bunga melati telah terpilih menjadi bunga puspa bangsa karena bentuknya yang indah.

Nah, jika kamu tertarik untuk memiliki jenis bunga yang satu ini. Berikut kami telah merangkum tips menanam dan merawat bunga melati untuk pemula agar cepat berbunga untuk pemula yang bisa kamu coba di rumah.

Tips Menanam dan Merawat Bunga Melati untuk Pemula

1. Perhatikan Media Tanam

Jika kamu baru mulai ingin menanam tanaman bunga melati, maka hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah media tanam yang digunakan. Media tanam yang cocok digunakan untuk menanam jenis bunga yang satu ini, yakni tanah berhumus yang bagus dan memiliki sistem drainase yang bagus.

Kamu juga bisa mencampurkan tanah berhumus dengan sekam, pupuk kandang, dan campurkan tanah dengan komposisi 3:2:1, agar hasil yang diperoleh lebih maksimal.

2. Lakukan Pembibitan dengan Prosedur yang Benar

Setelah menyiapkan media tanam yang baik, maka langkah selanjutnya ialah melakukan pembibitan dengan prosedur yang benar. Untuk memperoleh bibit bunga melati yang baik, kamu bisa menanam biji atau menstek bunga melati secara vegetatif.

Carilah batang bunga yang tidak terlalu tua dan juga tidak terlalu muda. Saat ingin memotong, kamu bisa menggunakan pisau yang tajam dan memotong batang dengan ukuran 10-15 cm dari pucuk bunga.

3. Perhatikan Sinar Matahari

Bunga melati sangat suka dengan tempat yang terbuka dan memungkinkannya untuk memperoleh sinar matahari yang cukup. Pasalnya, ketika mendapatkan sinar matahari yang cukup, maka bunga melati bisa melakukan proses fotosintesis dengan baik.

4. Lakukan Pemangkasan Secara Rutin

Langkah selanjutnya ialah rutin melakukan pemangkasan cabang bunga melati yang sudah tua. Cara ini bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan cabang muda, sehingga bunga melati dapat tumbuh dengan subur. Selain itu, cara ini juga berfungsi untuk merangsang pertumbuhan bunga melati baru dalam jumlah yang banyak.

5. Rutin Memberikan Pupuk

Rutin memberikan pupuk juga tentu dapat berpengaruh pada pertumbuhan bunga melati milikmu. Oleh karena itu, kamu bisa rutin memberikan pupuk NPK dengan takaran sekitar dua sendok makan untuk ukuran satu pot bunga melati yang cukup besar. Jenis pupuk yang satu ini dapat membantu pertumbuhan tanaman karena mengandung fosfor yang cukup tinggi.

6. Lakukan Penyiraman Secara Rutin

Setelah rutin memberikan pupuk, maka langkah selanjutnya ialah rutin melakukan penyiraman. Hal ini bertujuan untuk mempercepat proses pelarutan pupuk ke media tanam. Dan diharapkan dalam kurun waktu 2-3 minggu, kuntum bunga melati milik mu akan tumbuh dengan lebat.

Selamat mencoba!

Posting Komentar

0 Komentar