Mengenal Bunga Mugunghwa, Bunga Nasional Korea Selatan

 


Negara-negara di dunia kerap menetapkan satu atau beberapa jenis bunga untuk menjadi bunga nasional negara masing-masing. Bunga yang dipilih juga harus mampu mencerminkan karakter bangsa atau negara tersebut.

Jika di Indonesia kita memiliki bunga melati, anggrek bulan, dan bunga padma raksasa sebagai bunga nasional. Maka, lain halnya dengan Korea Selatan. Negara yang dijuluki dengan Negara Gingseng ini memilih bunga Mugunghwa sebagai bunga nasional yang menggambarkan negara mereka.

Untuk mengenal bunga Mugunghwa, bunga nasional Korea Selatan ini lebih jauh, yuk simak ulasan berikut.

Ciri-ciri Bunga Mugunghwa

Bunga Mugunghwa adalah bunga tunggal yang berbentuk seperti terompet dengan kelopak bunganya yang berbentuk lonceng dan terdiri atas lima bagian mahkota bunga. Bunga Mugunghwa biasanya berwarna merah muda atau merah jambu, merah, putih, dan ungu serta tidak memiliki bau harum semerbak yang cukup kuat.

Dapat Tumbuh Dimana Saja

Mugunghwa atau dalam bahasa ilmiah Hibiscus syriacus ini merupakan bunga yang dapat tumbuh dan hidup dimana saja. Diketahui Mugunghwa dapat tumbuh di tanah yang bercampur pasih, tanah liat, tanah kapur, hingga pada tanah lempung yang lembab.

Keistimewaan Bunga Mugunghwa

Bunga yang satu ini juga memiliki keistimewaan, yaitu dapat tumbuh di berbagai kondisi. Bunga Mugunghwa tahan dari  polusi udara, cuaca panas, hingga tanah kering sekalipun.

Waktu Mekar

Setiap tahunnya, bunga Mugunghwa akan mekar selama 100 hari lamanya. Mulai dari bulan Juli sampai bulan Oktober dan biasanya, bunga Mugunghwa akan mekar pada malam hari. Bila masa mekar akan usai, batang pada bunga Mugunghwa akan separuh membungkuk ke tanah.

Simbol Perlawanan Rakyat Korea Selatan Kepada Kolonialisme Jepang

Bunga yang kini menjadi bunga nasional Korea Selatan ini merupakan bentuk dari perlawanan rakyat Korea dalam melawan Kolonialisme Jepang di awal abad ke-20.

Makna Nama Bunga Mugunghwa

Nama bunga ini berasal dari kata Mugung yang berarti keabadian. Kata inilah yang secara akurat mencerminkan sifat keabadian, ketekunan, dan keteguhan rakyat Korea Selatan.

Manfaat Bunga Mugunghwa

Bunga yang satu ini telah tumbuh sebagai semak kebun di daratan Korea Selatan sejak zaman kuno dan dimanfaatkan dalam berbagai pengobatan herbal di negeri gingseng tersebut.

Daun Mugunghwa diketahui berkhasiat untuk memperlancar buang air kecil, merangsang pengeluaran dahak di tenggorokan, hingga mengobati lambung. Rebusan kulit akar bunga Mugunghwa bermanfaat mengurangi peradangan, iritasi lambung, diare, menghentikan pendarahan, hingga melembutkan kulit.

Sedangkan bunga Mugunghwa dapat diolah menjadi teh herbal yang berkhasiat untuk meredakan pilek, batuk, masuk angin, sembelit, hingga dapat menyeimbangkan kadar gula darah dan menjaga kadar koleterol dalam tubuh.

Nah, kini kamu telah tahu bagaimana bunga Mugunghwa, bunga nasional Korea Selatan ini bukan? Semoga ulasan di atas dapat menambah wawasan kamu tentang keanekaragaman flora di dunia.

 

Posting Komentar

0 Komentar