Fakta Menarik Tentang Perbedaan Bunga Bangkai dan Bunga Rafflesia

Selama ini mungkin banyak yang berpikir bahwa bunga bangkai dan bunga Rafflesia itu sama ternyata itu salah. Nah sebelum kita mengetahui apa perbedaan bunga Bangkai dan bunga Rafflesia. di bawah ini akan di jelaskan apa itu bunga Bangkai dan Bunga Rafflesia.

Bunga Bangkai

Bunga bangkai merupakan salah satu bunga langka yang menjadi bunga kebangkaan di negara kita Indonesia. Nama latin dari bunga Bangkai adalah Amorphophallus titanium

Bunga Rafflesia

Bunga Rafflesia merupakan jenis tumbuhan parasit yang menyerap nutrisi inangnya atau induknya. Bunga Rafflesia juga adalah bunga yang langka dan tanaman yang di lindungi.

Walaupun Bunga Bangkai dan Bunga Rafflesia memiliki perbedaan tapi ada juga persamaannya yaitu terletak pada aroma bunganya ketika mekar. Kedua bunga ini sama- sama mengeluarkan bau busuk seperti bau bangkai.

Nah sekarang kita akan di jelaskan perbedaan bunga Bangkai dan Bunga Rafflesia

Perbedaan bunga Bangkai dan bunga Rafflesia adalah

1. Nama panggilan dan nama latin

Bunga Bangkai memiliki nama latin Amorphophallus. Ragam jenisnya juga banyak di Indonesia dan memiliki jenis yang paling terkenal yaitu Amorphophallus titanum. Selain itu, ada juga Amorphophallus gigas, Amorphophallus moeleri, dan Amorphophallus variabilis.

Bunga Rafflesia Adapun nama latin bunga Rafflesia adalah Rafflesia arnoldii, Rafflesia gadutensis, Rafflesia hasselti dan Rafflesia bengkuluensis.

2. Bentuknya

Jelas berbeda yaitu Bunga bangkai merupakan bunga raksasa yang memiliki tonggol (spadix) bagian menjulang tinggi ke atas dengan bagian pelindungnya yang mekar disebut braktea sedangkan bunga rafflesia merupakan bunga raksasa yang tidak menjulang tinggi, melainkan melebar ke samping serta memiliki lubang besar di tengah dan kelopaknya yang indah berwarna merah bata.

3. Ukuran Bunga

saat mekar bunga memiliki diameter bervariasi Diameter rafflesia 35-40 sentimeter, sedangkan rafflesia arnoldi diameternya bisa 1 meter. Sementara, Amorphophallus memiliki tinggi mencapai 2,5 meter, dengan lebar 1,5 meter saat mekar.

4. Jenis kelamin

Pada bunga raflesia dalam satu tangkai memiliki dua jenis kelamin, atau disebut bunga berumah dua. Sedangkan Amorphopallus, dalam satu tumbuhan masing-masing memiliki satu jenis kelamin, betina atau jantan. Sehingga Amorphophallus relatif lebih mudah dibiakkan dengan biji. Sebaliknya biji Rafflesia sulit didapat karena bunga jantan dan betina sukar didapati mekar bersamaan.

5. Golongan Tumbuhan

Bunga Rafflesia merupakan golongan tumbuhan parasit dari marga Rafflesiaceae. Tumbuhan ini hidup menyerap nutrisi tanaman induk atau inangnya, yakni Tetrastigma, sejenis tumbuhan pemanjat dari keluarga anggur-angguran.Sementara Amorpophallus atau bunga bangkai berasal dari keluarga talas-talasan. 

6. Cara Berkembang Biak

Bunga Rafflesia dapat tumbuh dengan biji hasil pembuahan jantan dan betina. Sementara bunga bangkai atau Amorphophallus dapat tumbuh melalui biji bunga dan juga umbi. Namun, jika dari biji, tanaman tersebut perlu puluhan tahun untuk tumbuh dan berbunga.

 

Posting Komentar

0 Komentar