Mengenal Bunga Kertas Berserta Manfaatnya

Bunga kertas atau bugenvil memiliki nama ilmiah Bougaivillea. Bunga ini memiliki ciri khusus yaitu batangnya yang keras dan bercabang memiliki duri yang tajam. 

Bunga ini berasal dari Amerika Selatan namun, seiring waktu bunga ini semakin tersebar luas sehingga ke kawasan Indonesia yang beriklim tropis. Namanya diambil dari salah seorang perajut dari Perancis bernama Sir Louis Antonine de Bougenville.

Orang mengenalnya dengan sebutan bunga kertas. Bunga ini akan mengugurkan daunnya ketika sedang berbunga.

Dari situlah terlihat bunga bugenvil yang terlindung dengan daun pelindungnya. Bunga dapat diartikan sebagai kasih sayang, baik untuk anak, orang tua, pasang dan lain sebagainya.

Bunga ini bisa membawa kebaikan untuk seisi rumah asalkan memilih warna yang tepat. Bugenvil memiliki beragam jenis warna. Cocok untuk dijadikan hiasan tanaman atau kebun di depan rumah.

Selain cantik, bunga bugenvil memiliki 6 manfaat bagi kesehatan diantaranya :

1. Obat Resistensi Insulin

Bunga kertas memiliki kandungan senyawa pinitol, makanya tanaman hias ini dipercaya dapat menyembuhkan masalah resistensi insulin, yaitu dengan menjadikan kelopak bunganya yang telah dikeringkan sebagai teh.

2. Mengobati Batuk

Kulit batang kering bunga kertas dapat digunakan untuk mengatasi batuk. Dengan cara menumbuknya hingga halus, kemudian diolah menjadi minuman lalu bisa dikonsumsi.

3. Mengobati Keputihan dan Nyeri Haid

Masalah penyakit seperti keputihan dan nyeri haid sudah menjadi kebiasaan di alami wanita. Dimana mereka merasa sakit pada bagian perut bawah. Untuk itu, manfaatkan air rebusan bunga kertas kering.

4. Menurunkan Demam

Demam adalah penyakit yang sering dialami orang-orang. Untuk bisa mengatasinya bisa dengan cara memanfaatkan bunga kertas dengan menjadikannya sebagai teh.

5. Meningkatkan Sistem Pernafasan

Bunga kertas juga mampu menyehatkan paru-paru, sebab tanaman ini menyediakan pasokan oksigen ke seluruh tubuh. Dengan fungsi paru-paru yang bekerja optimal, maka tubuh akan menjadi lebih bugar.

6. Mengobati Hepatitis

Bila memiliki penyakit hepatitis, maka batang bunga kertas juga bisa menjadi solusi untuk mengatasinya, yaitu dengan cara merebusnya dan mengonsumsinya segelas sehari.

Sedikit perawatan ringkas, penyiraman air dan pemupukan sempurna mampu mengembalikan kesegaran bunga kertas ini dalam jangka waktu dekat. Dan jika ingin tanaman bunga ini berbuga seterusnya, kita hanya perlu mengurangi air dan pupuk lantas meletakkan pot tanaman di tempat yang terkena sinar matahari.


Posting Komentar

0 Komentar