Tips Mudah Menanam dan Merawat Bunga Lantana

 


Tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan bunga yang satu ini bukan? Bunga Lantana atau bunga Tembelekan atau lebih sering disebut dengan bunga Tahi Ayam ini merupakan salah satu jenis tanaman perdu yang memiliki 150 spesies dengan warna yang beraneka macam ragam.

Berbagai macam varian warna Lantana antara lain campuran gradasi merah, oranye, ungu, kuning, biru, putih, dan merah muda. Bunga dengan nama lilmiah Lantana camara ini disebut juga sebagai bunga sejuta umat, karena dapat dengan mudah ditemukan hampir diseluruh daerah di Indonesia.

Lantana berasal dari daerah tropis Amerika, khususnya Amerika bagian Tengah dan Selatan. Pertama kali diperkenalkan oleh penjajah Belanda dan selanjutnya bunga ini tersebar hingga ke Asia, Timur Tengah, Oseania, dan Afrika. Saat ini, Lantana tumbuh di 60 negara tropis dan subtropis di seluruh dunia.

Ternyata tidak hanya bentuknya yang cantik, bunga yang terdiri dari 4 kelopak dan bunganya berkelompok seperti pom-pom ini juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan dan digunakan sebagai bahan dasar pengobatan herbal mengobati berbagai macam penyakit. Diantaranya , mengobati asma, kanker, cacar air, gatal kulit, kusta, campak, hingga bisul. Hal ini karena beberapa jenis bunga Lantana memiliki sifat insektisida, antimikroba, dan fungisida.

Nah, tertarik untuk menanamnya? Berikut tips mudah menanam dan merawat bunga Lantana.

Tips Pembibitan Bunga Lantana

Pembibitan bunga lantana dapat dilakukan dengan menggunakan biji bunga lantana atau stek batang.

 Jika kamu ingin menanam bunga yang satu ini menggunakan bijinya, kamu dapat memilih biji yang telah matang dan tua terlebih dahulu, kemudian kamu bisa langsung menanamnya tanpa perlu disemai terlebih dahulu. Namun, menanam bunga Lantana dengan biji memerlukan waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan stek batang.

Jika kamu ingin melakukan penanaman menggunakan stek batang, kamu dapat memilih batang yang telah tua lalu kamu dapat membersihkan daun tua yang melakat pada batang yang akan kamu tanam terlebih dahulu, sisakan yang muda saja. Hal ini bertujuan agar akar pada batang lebih cepat untuk tumbuh.

Tips Penanaman Bunga Lantana

 Setelah bibit siap, kamu dapat menyiapkan media tanam dari campuran tanah dan sekam.

Ketika ingin melakukan penanaman, pastikan kelembapan tanah cukup, tidak terlalu basah dan tidak terlalu kering. Kemudian tanam bibit pada media tanam yang telah kamu sediakan, letakkan pada tempat yang teduh.

Tips Merawat Bunga Lantana

Walaupun Lantana merupakan bunga yang tangguh dan mampu hidup di tanah yang kering dan tetap subuh ketika musim penghujan datang. Kamu tetap perlu memperhatikannya terkena sinar matahari pada pagi dan sore hari. Jangan lupa untuk melakukan penyiraman dua hari sekali atau ketika tanah sudah dalam keadaan kering.

Jika kamu ingin bunga Lantana milik mu tumbuh dengan subur serta berbunga lebat, kamu dapat melakukan pemupukan pada awal musim semi. Selain itu, kamu juga bisa melakukan pemangkasan untuk mendorong percabangan dan pembuangan batang yang telah tua.

Bagaimana? Mudah bukan menanam dan merawat bunga Lantana? Yuk, segera dicoba.

 

Posting Komentar

0 Komentar