Mengenal 5 Jenis Tanaman Air Cocok Untuk Dekorasi Kolam Hias

Jika kamu punya kolam ikan hias yang cukup lebar, ada baiknya didekorasi menggunakan beberapa tanaman air. Selain bisa membuat kolam menjadi lebih indah, tanaman ini juga sangat mudah dirawat.

Tumbuhan air yang dibudidayakan didalam kolam ikan hias juga memberikan dampak baik terhadap ekosistem kolam.

Akar-akar tumbuhan bisa menjadi tempat tinggal ikan, dan dapat pula sebagai pelindung ikan dari panas matahari yang berlebih pada siang hari.

Pada kesempatan ini, kita akan membahas 5 jenis tanaman air yang cocok untuk dekorasi kolam hias. Yuk, simak pembahasannya di berikut ini.

1. Bunga Teratai 

Bunga Teratai

Teratai air adalah salah satu tanaman air yang sering dibudidayakan karena memiliki bunga yang sangat indah, sehingga cocok dijadikan sebagai tanaman hias.

Tumbuhan ini berkembang dengan baik bila mendapatkan cahaya terang. Perkembanganya begitu cepat, sehingga tidak butuh lama untuk menyebar hingga memenuhi kolam.

Teratai air ini memiliki bunga warna-warni yang sangat indah dan dapat mekar hingga 45-90 cm. Penyebab tumbuhan ini dapat mengapung diatas air adalah karena memiliki daun yang lebar.

2. Bunga Lotus

Bunga Lotus

Tanaman lotus sering juga disebut dengan nama seroja. Pada umumnya, tumbuhan air yang satu ini meghasilkan bunga berwarna merah dan putih.

Banyak orang yang mengira bahwa tumbuhan ini sama dengan bunga teratai. Padahal terdapat banyak perbedaan antara keduanya, salah satunya adalah ukuran kelopak bunga dan bentuknya.

Bunga lotus merupakan simbol kemurnian, sehingga sering diartikan sebagai bentuk kesadaran yang melampaui akal manusia.

3. Calla Lily

Calla Lily

Tumbuhan air yang satu ini berasal dari daerah Asia Selatan dan Afrika Tengah. Tumbuhan ini menghasilkan bunga yang berbentuk seperti corong dan memiliki putik yang terletak di bagian tengah atau dalam bunga.

Bunga-bunga yang dihasilkan tumbuhan Calla Lily, cenderung memiliki warna yang tidak mencolok, seperti ungu, merah, putih, hijau, atau merah kekuning-kuningan.

Tumbuhan ini menghasilkan bunga yang memiliki aroma yang harum dan semerbak, sehingga sering dijadikan untuk melambangkan kesucian dan kemurnian.

4. Melati Air

Melati Air

Ternyata ada jenis tanaman melati yang dapat tumbuh di air loh! Keindahan bunga ini tidak kalah dengan bunga melati yang ada didarat.

Bunga pada tumbuhan ini biasanya akan mekar secara bergantian, tunas bunga baru akan muncul di dekat tempat bunga yang sudah mekar.

Tanaman air yang carik ini biasanya tumbuh subur diperairan yang berlumpur namun tidak memiliki arus, seperti rawa dan sungai yang memiliki air tenang.

Namun kamu tidak perlu khawatir, melati air juga bisa hidup dikolam kok. Selain itu, perawatan untuk tumbuhan ini tergolong tidak ribet.

5. Eceng Gondok

Eceng Gondok

Jenis tanaman air cocok untuk dekorasi kolam hias yang terakhir adalah eceng gondok. Jenis tumbuhan ini merupakan salah satu tanaman hias yang sudah populer di Indonesia.

Eceng gondok sering disebut gulma, alasannya karena dapat berkembang dengan cepat dan sangat mudah dibudidayakan.

Pada umunya bunga dari eceng gondok berwarna ungu muda, yang memiliki tampilan cantik nan indah sebagai cocok digunakan sebagai penghias kolam ikan kesayanganmu.

Selain mempercantik kolam, tumbuhan dari Brazil ini banyak dibudidayakan untuk digunakan sebagai bahan pakan ternak ataupun bahan kerajinan.

Wah, cantik-catik sekali ya bunga-bunganya! Jadi tumbuhan air mana ni yang kamu pilih untuk mendekorasi kolam ikan kesayangan mu?

 

Posting Komentar

0 Komentar