Tanaman Sultan? Ini Dia 5 Jenis Bunga Anggrek Termahal di Dunia

Bunga anggrek merupakan tumbuhan merambat dengan jenis terbanyak didunia dan salah satunya termasuk kategori bunga termahal di dunia.

Sangkin mahalnya, ada beberapa jenis bunga ini memiliki harga jutaan bahkan mencapai miliaran rupiah dan beberapa diantaranya berasal dari Indonesia.

Siapa sangka jika tanaman yang sering kamu temukan di halaman rumah ini memiliki harga yang fantastis? Apalagi bila dijual ke luar negeri, maka akan dibandrol dengan harga yang semakin tinggi.

Salah satu penyebab angrek-angrek berikut dapat memiliki harga yang tinggi yakni karena spesiesnya yang termasuk kategori langka serta memiliki warna yang cantik dan sangat menarik.

Kira-kira jenis bunga anggrek mana ya yang harganya sangat tinggi, bahkan katanya ada yang menjadi salah satu bunga termahal di dunia. Penasaran? Simak pembahasannya di bawah ini ya!

1. Anggrek Shenzhen Nongke (Rp 3,6 Miliar)

Anggrek Shenzhen Nongke

Anggrek Shenzhen Nongke adalah jenis bunga anggrek termahal pada urutan pertama di dunia, yakni dijual dengan harga 3,6 miliar.

Penyebab pertama bunga ini mahal karena bunga ini dihasilkan dari rekayasa genetik yang dilakukan oleh sebuah perusahaan yang bernama agrikultur.

Sehingga tidak akan mungkin dijumpai di belahan bumi manapun. Selain karena termasuk kategori tumbuhan langka, anggrek ini hanya berbunga selama 5 tahun sekali saja.

Anggrek Shenzhen Nongke memiliki bunga berwarna kuning kehijauan dengan bagian lidah berwarna merah hati bercampur putih.

Jumlah kelopak pada bunga ini juga sama dengan bunga anggrek pada umumnya yakni hanya 5 saja. Para peneliti membutuhkan waktu 8 tahun agar dapat membudidayakannya.

2. Anggrek Hitam Papua (Rp 100 Juta)

Anggrek Hitam Papua

Salah satu anggrek yang berasal dari Indonesia, ternyata ada juga yang termasuk ke deretan anggrek termahal di dunia, loh!

Spesies jenis anggrek ini dapat dibandrol dengan harga yang mahal karena bunganya yang langka dan sulit ditemukan.

Selama ini, Anggrek Hitam Papua hanya bisa ditemukan di alam dan menempel di batang-batang pohon hutan yang ada di Papua, dan tidak ada wilayah hutan lain yang memiliki tubuhan ini.

Untuk mencegah agar tidak punah, banyak peneliti yang berusaha untuk mencoba membudidayakan tumbuhan langka ini, namun sayangnya belum ada satu pun yang berhasil.

Menurut mereka, rasio keberhasilan mengembangbiakkan jenis Anggrek Hitam Papua sangat kecil, yaitu sekitar 20-30% saja.

Ciri utama Anggrek Hitam Papua terletak pada keindahan kelopak bunga yang berwarna hitam legam dengan bagian putik dan benang sari berwarna merah muda keunguan.

3. Anggrek Emas Kinabalu (Rp 87 Juta)

Anggrek Emas Kinabalu

Pada urutan ketiga dalam kategori tumbuhan anggrek termahal didunia diberikan pada Anggrek emas Kinabalu (Rotschild’s Orchid).

Tumbuhan ini pertama kali ditemukan di Taman Nasional Kinabalu pada tahun 1987.Keindahan dari bunganya telah mencuri perhatian banyak orang,

Alasan yang membuat tumbuhan ini langka dan mahal adalah karena membutuhkan waktu 8-10 tahun untuk tumbuh dan berbunga.

Anggrek ini memiliki ciri-ciri berdaun jernih, memiliki banyak bunga, hidup di iklim hangat sampai sejuk, tumbuh terestrial, dan memiliki bentuk daun yang unik yakni sangat elips atau seperti ligulata sempit.

4. Anggrek Hitam Kalimantan (Rp 20 Juta)

Anggrek Hitam Kalimantan

Selain anggrek hitam Papua, terdapat juga anggrek hitam dari Kalimantan yang juga termasuk salah-satu jenis bunga termahal dan keindahannya telah diakui oleh dunia.

Bunga anggrek hitam Kalimantan ini dekatui juga ada yang tumbuh di Semenanjung Malaysia, Pulau Kalimantan, dan Sumatera.

Karena populasinya yang semakin sedikit karena sangat sulit untuk dibudidayakan, bunga ini sudah tergolong menjadi salah satu bunga langka sehingga dibandrol dengan harga yang tinggi.

Ciri-ciri bunga ini yakni memiliki jumlah bunga dalam satu gerombol sekitar 1-14 kuntum, dengan panjang tiap garis tengah setiap bunga sekitar 10 cm.

Selain itu ukuran daun pada tumbuhan anggrek ini memiliki panjang 5-6 cm dengan lebar 2-3 cm. Bunga ini juga terkenal sebagai tumbuhan yang memiliki harum semerbak.

5. Anggrek Tebu (Rp 5 Juta)

Anggrek Tebu

Anggrek tebu merupakan jenis bunga anggrek termahal di dunia pada urutan terakhir. Bunga ini juga termasuk jenis anggrek terbesar dan terberat di dunia.

Menurut data yang ada, terdapat bunga dari spesies ini yang memiliki berat samapi satu ton dengan panjang rangkaian bunga sekitar 3 meter dan diameter bunga 2 cm.

Anggrek ini memiliki ciri-ciri yakni warna kelopak bunga yang menarik dengan tambahan motif bintik-bintik. Inilah yang menyebabkan banyak orang yang menyebutnya sebagai anggrek macan.

Wah, bagus-bagus sekali ya bunga anggreknya! Dari deretan bunga diatas, apakah kamu sudah memiliki salah satunya?

 

 

Komentar