5 Manfaat Bunga Telang yang Wajib Kamu Ketahui

Bunga Telang

Bunga telang adalah salah satu bunga yang dihasilkan oleh tumbuhan merambat yang masih anggota dari suku polong-polongan.

Bunga ini berasal dari daerah Asia yang memiliki iklim tropis dan kini telah menyebar ke daerah yang memiliki iklim tropika.

Bunga ini sangat mudah dibudidayakan loh, dulunya tumbuhan bunga telang ini hanya dapat dijumpai didaerah tepi-tepi hutan. Namun sekarang sudah banyak yang menanamnya di pekarangan rumah biasa.

Banyak orang yang menganggap bahwa bunga ini hanyalah tanaman liar. Padahal menurut medis, bunga ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Tapi masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Penasaran? Tapi sebelum itu kamu juga bisa mengetahui profil dari mikha tambayong, aktris muda asal Indonesia. Simak pembahasannya pada ulasan dibawah ini.

1. Dapat Menyuburkan Rambut

Manfaat bunga telang yang wajib kamu ketahui pertama adalah dapat menyuburkan pertumbuhan rambut. Hal ini disebabkan karena bunga telang mengandung senyawa anthocyanin.

Senyawa ini dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi peredaran darah di kepala serta menjaga kulit kepala tetap sehat, sehingga folikel rambut menjadi kuat dan tidak mudah rontok.

2. Bagus Untuk Kesehatan Kulit

Menurut penelitian yang ada, bunga telang ternyata juga mengandung flavonoid yang dapat membantu produksi kolagen lebih banyak yang dapat meningkatkan kesehatan dan elastisitas kulit.

Meminum secangkir air rebusan bunga telang secara rutin dipercaya dapat menghilangkan sisa partikel makanan dari pencernaan, hari dan ginjal.

Hal inilah yang menyebabkan kulit menjadi tidak kusam, meratakan warna kulit dan dapat menghilangkan bintik-bintik gelap.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat bunga telang yang wajib kamu ketahui selanjutnya adalah dapat menjaga kesehatan mata. Selain itu bunga ini juga dapat mengobati infeksi mata atau konjungtivitis.

Menurut penelitian Procedia Chemistry, bunga telang dapat mengobati penyakit konjungtivitif karena dapat membunuh bakteri yang dapat merusak mata dan membersihkannya.

4. Dapat Menurunkan Berat Badan

Bagi kalian yang sedang melakukan program diet, maka minuman rebusan bunga telang dapat kamu jadikan salah satu minuman andalan kamu.

Selain itu, manfaat bunga telang juga bisa membersihkan usus dari sisa makanan dan kotoran. Manfaat yang paling penting bagi kalian yang suka diet adalah minuman ini dapat mengurangi nafsu makan.

5. Obat Tradisional Sakit Kepala

Pada nyatanya, lebih baik mengonsumsi obat herbal dari pada obat kimia. Selain dapat mengurangi efek samping, obat herbal juga dapat mengurangi ketergantungan.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Journal of Pharmacy Research, terdapat berbagai unsur yang bermanfaat bagi tanaman bunga telang.

Zat tersebut antara lain tanin, resin, pati, taraxerol, taraxerone, alkaloid, flavonoid, saponin, protein, antosianin dan karbohidrat.

Dalam pengobatan tradisional, tanaman biasa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, mulai dari penyakit kuning, migrain, tenggorokan, infeksi mata, penyakit kulit, asma, serta sendi bengkak.

Selain itu terdapat pula beberapa penyakit lainnya seperti sakit telinga, demam, infeksi saluran kemih, sembelit, sakit kepala, gangguan pencernaan, kusta dan gangguan sistem saraf pusat.

Wah banyak sekali manfaat dari bunga telang ini ya teman. Selain mudah ditemukan, pengolahan bunga ini menjadi obat sangatlah mudah.

Kalian hanya perlu merebus bunga telang dan mengonsumsinya secara rutin. Masalah khasiatnya juga tidak perlu diragukan lagi, karena praktek pengobatan menggunakan bunga ini sudah dilakukan sejak lama.

 

 

Posting Komentar

0 Komentar