7 Jenis Bunga Mawar Unik yang Ada Di Dunia

Ketika menyebutkan kata mawar, maka sebagian besar orang hanya membayangkan bunga yang berwarna merah dan memiliki batang berduri.

Padahal nyatanya bunga mawar memiliki banyak warna loh, ada berwarna merah muda, putih, kuning bahkan ada juga yang berwarna biru.

Semua jenis bunga mawar memiliki warna yang berbeda-beda. Semakin langka jenis bunga mawar tersebut, maka semakin mahal pula harganya.

Jika kamu pecinta bunga mawar, maka kamu harus tahu beberapa daftar jenis-jenis bunga mawar unik yang ada dibawah ini.

1. Mawar Musk

Mawar Musk

Bunga mawar jenis ini memiliki nama ilmiah Rosa Moschata, bunga mawar musk dikenal memiliki aroma yang kuat dan harum.

Maka tidak heran jika tanaman ini sering dijadikan bahan untuk membuat parfum. Selain itu, kelopak bunga ini juga sering digunakan untuk membuat air mawar.

Ciri khas mawar musk adalah rambut yang tumbuh di sekitar biji di bawah daging buah yang bisa menyebabkan iritasi jika terkena kulit.

2. Mawar Damask

Mawar Damask

Jenis mawar yang satu ini merupakan persilangan antara mawar gallica (mawar prancis) dan Rosa moschata (mawar musk). Tumbuhan bunga mawar damask hanya berbunga di musim gugur.

Salah satu contoh bunga mawar berjenis damask memiliki nama mawar centifolia. Damask mawar atau mawar dari Kastilia adalah mawar taman yang sangat tua dan berasal dari Suriah .

Sementara itu, untuk pertama kalinya mawar Damask diperkenalkan di Eropa pada abad ke-16. Sejak itulah, bunga ini baru mulai dikenal dunia.

3. Mawar Sunsprite

Mawar Sunsprite

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa bunga mawar juga ada yang berwarna kuning loh. Salah satu jenis mawar berwarna kuning adalah mawar sunsprite.

Jenis bunga mawar ini tergolong tangguh menghadapi berbagai hama dan penyakit loh. Bahkan mawar sunsprite bisa tumbuh tinggi hingga mencapai 40-75 cm.

Tak hanya itu, aroma yang dihasilkannya juga cukup kuat dan menenangkan. Biasanya bunga ini memiliki kelopak berjumlah 17 hingga 25 helai.

Mawar sunsprite cocok ditanam di dataran tinggi, baik itu langsung di tanah atau menggunakan pot tanaman.

4. Mawar Biru (Blue Moon)

Mawar Biru (Blue Moon)

Mawar biru merupakan jenis bunga mawar yang paling langka di dunia, karena mawar biru tercipta dari hasil rekayasa genetik yang dilakukan oleh para ilmuwan.

Rekayasa ini menyebabkan mawar mampu menghasilkan delphinidin atau pigmen warna biru. Meski warna biru yang dihasilkan sebenarnya lebih condong ke palet warna ungu muda.

5. Mawar Floribunda

Mawar Floribunda

Flower Floribunda adalah jenis taman mawar yang diciptakan dari hasil persilangan antara Hybrid dan polyantha. Kelopak bunga ini biasanya nerukuran besar dan memiliki bentuk Hybrid Tea klasik.

Jenis mawar floribunda memiliki berbagai warna antara lain, oranye, kuning, merah muda, ungu, dan putih. Jenis bunga mawar ini umumnya tahan penyakit dan cenderung kuat dan mudah dirawat.

6. Mawar Eden

Mawar Eden

Tanaman mawar eden (Pierre de Ronsard) hanya dapat ditanam pada tanah yang memiliki kandungan air dan sinar matahari yang cukup tinggi.

Jenis mawar ini bisa tumbuh hingga mencapai tinggi 180-330 cm, selain itu diameter mahkota dari jenis mawar ini bisa mencapai 10 cm.

7. Mawar Double Delight

Mawar Double Delight

Tanaman mawar double delight merupakan tumbuhan hasil perkawinan silang, sehingga setiap kelopak bunga memiliki dua warna yang berbeda.

Biasanya jika jenis bunga mawar ini mendapatkan sinar matahari yang cukup, maka perpaduan warna putih yang berada dipinggiran bunga akan berubah menjadi warna yang lebih terang.

Namun, jika kamu menanamnya di dalam rumah kaca yang tidak mendapatkan sinar marahari yang cukup, maka kelopak bunga yang muncul hanya akan memiliki satu warna saja.

Itulah beberapa jenis mawar unik yang ada didunia dan dapat menambah wawasan kamu mengenai dunia flora. Temukan informasi lainnya, seputar bunga pada artikel-artikel berikutnya.

Komentar