Mengenal 6 Jenis-Jenis Tulip Lengkap Ciri-Cirinya

Bunga tulip adalah salah satu bunga asli Asia Tengah dan Asia Barat yang memiliki keindahan dan warna yang mencolok.

 Namun saat ini, Negara Belanda telah menjadi daerah produsen bunga tulip terbesar di dunia. Bunga ini sangat cocok bila dibudidayakan di wilayah yang memiliki suhu sejuk, seperti dataran tinggi.

Menurut peneliti, bunga ini masih termasuk keluarga bunga Lily dan hampir memiliki 100 spesies atau jenis. Yuk simak penjelasan beberapa jenisnya di bawah ini ya!

1. Tulip Angelique

Tulip Angelique

Tulip Angelique adalah jenis bunga tulip yang paling cantik. Pada umunya kelopak bunga ini berwarna merah muda dan putih.

Jenis bunga tulip ini akan mekar di musim dingin, yang biasanya berlangsung dari akhir Oktober hingga November.

Menurut penetian medis yang ada, ternyata tumbuhan bunga tulip juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan loh!

2. Little Princess

Little Princess

Sesuai dengan namanya, bunga ini memiliki ukuran yang tergolong kecil. Jenis tulip ini merupakan hasil persilangan Tulipa aucheriana dan Tulipa hageri.

Kelopak bunga Little Princess ini biasanya memiliki perpaduan 2 warna yakni berwarna merah atau jingga dengan bagian tengah berwarna kuning.

Namun warna-warna ini akan semakin gelap sesuai dengan pertambahan usia. Little Princess adalah bunga tulip yang menghasilkan aroma wangi yang ringan serta memiliki daun berwarna hijau muda.

Berdasarkan makna dari filosofi, Tulip Little Princess digunakan sebagai simbol cinta yang sempurna yang akan memberikan kebahagiaan abadi.

3. Tulip Shirley

Tulip Shirley

Tulip Shirley termasuk salah satu jenis bunga tulip unik karena terdapat kombinasi warna yang sangat menawan pada kelopaknya.

Biasanya bunga ini berwarna putih gading sebagai warna yang dominan dan berpadu dengan warna ungu muda di bagian ujungnya.

Akan tetapi jika bunga sudah mulai tua, warnanya berganti menjadi putih dengan dasar berwarna ungu gelap dan tidak ada satupun bunga yang memiliki warna yang sama persis.

Jenis bunga tulip Shirley biasanya dapat dipanen pada bulan April dan Mei. Karena keindahannya, Tulip Shirley biasa dimanfaatkan sebagai bunga potong untuk buket atau pun dekorasi.

4. Bunga Tulip Apricot

Bunga Tulip Apricot

Ciri-ciri jenis bunga tulip satu ini adalah memiliki bentuk mahkota yang berlapis membuat bunga ini mempunyai keindahan yang luar biasa.

Selain itu bunga ini termasuk jenis tumbuhan yang paling banyak menghasilkan bunga. Pada umumnya bunga Tulip Apricot memiliki 6 lembar mahkota saja.

Ukuran batang tulip ini juga cenderung pendek, yakni sekitar 20 – 30 cm. Jenis tulip ini terbagi lagi menjadi 2 yakni Apricot Beauty dan Christmas Dream.

5. Tulip Double Late

Tulip Double Late

Ciri-ciri yang membuat jenis bunga ini berbeda dengan tulip lainnya terletak pada ukuran kelopak bunganya yang relatif lebih besar.

Pada umumnya bunga ini memiliki warna-warna yang mencolok, seperti dari merah, putih, dan kuning. Namun tanaman ini termasuk sulit untuk dibudidayakan.

Karena tubuhan ini tidak bisa hidup di daerah yang memiliki cuaca ekstrim, seperti angin kencang ataupun curah hujan tinggi.

6. Bunga Tulip Greigii

Bunga Tulip Greigii

Ciri khas dari bunga tulip ini yaitu memiliki kelopak yang cukup besar dan lebih banyak dari pada jenis bunga tulip yang lainnya.

Bunga tulip ini banyak ditemukan di negara Tukestan. Warna kelopak bunga Tulip Greigii cenderung sedikit lebih gelap dengan daun bercorak garis-garis ungu. Tinggi tanaman ini sekitar 20-30 cm dan biasanya akan mekar pada bulan-bulan April

Indah-indah sekali ya bunganya dan sangat cocok sekali bila ditanam di sekitar pekarangan rumah. Jadi yang mana nih jenis tulip favorit kamu?

Posting Komentar

0 Komentar