Wajib Tahu! Ini Dia Jenis Bunga yang Aman Untuk Dikonsumsi

Ternyata hampir semua bagian tumbuhan yang dapat dimanfaatkan loh. Semua ini tergantung dengan jenis tanamannya sendiri.

Pada umumnya, bunga atau sering juga disebut sebagai kembang adalah salah satu bagian tumbuhan yang biasanya digunakan sebagai alat untuk berkembang biak.

Tapi apakah kamu tahu, kalau ternyata ada bagian bunga dari beberapa tanaman yang aman untuk dikonsumsi dan memiliki cita rasa sangat lezat bila diolah menjadi berbagai masakan.

Penasaran mengenai apa saja nama bunga tersebut? Yuk, simak penjelasaan selengkapnya pada ulasan di bawah ini.

Bunga Bawang

Bunga Bawang

Bunga bawang mempunyai bentuk seperti bawang daun, namun pada bagian ujung kuncup bunga berwarna putih.

Bunga ini memiliki tekstur yang renyah, tapi memiliki aroma dan rasa hampir sama dengan kucai. Olahan bunga yang satu ini kaya serat, kalium, dan zat besi, sehingga bagus bila dikonsumsi oleh para penderita diabetes dan jantung.

Bunga bawang bisa diolah menjadi berbagai masakan, mulai dari tumis, masakan kuah santan, dimasak bersama tempe, dicampur dengan tahu atau ikan.

Selain itu kamu juga bisa menikmatinya dalam keadaan mentah, apalagi bersama dengan lumpia khas Semarang maka kelezatannya tidak bisa diragukan lagi.

Bunga Genjer

Bunga Genjer

Masih banyak orang yang hanya mengetahui, bahwa bagian genjer yang diambil untuk dikonsumsi adalah daun dan batangnya saja.

Padahal nyatanya bagian bunga genjer juga masih bisa dikonsumsi loh. Namun hanya bunga yang segar saja yang disarankan untuk dikonsumsi, tujuannya agar rasa bunga genjer tetap segar dan tidak keras.

Sayuran yang memiliki bentuk hampir menyerupai eceng gondok ini sering disebut sabagai sayuran orang miskin. Hal ini dikarenakan, tumbuhan ini termasuk jenis gulma yang tidak dibudidayakan.

Namun ternyata setiap batang dari genjer ini mengandung vitamin B, kalsium, fosfor, dan serat tinggi. Bunga genjer biasanya diolah dengan cara ditumis ataupun menjadi campuran urap.

Bunga Pepaya

Bunga Pepaya

Tak hanya bagian buah dan daunnya saja yang dikonsumsi, ternyata bunga pepaya juga dapat diolah menjadi masakan yang lezat loh.

Namun hanya bunga pepaya gantung yang kuncup saja dapat digunakan. Ciri-ciri bunganya warna hijau, kecil-kecil, berjumlah banyak (bergerombol), dan biasanya menggantung di dekat pangkal batang daun.

Bunga jenis ini dipilih karena memiliki rasa pahit yang masih ramah dilidah. Terdapat beberapa olahan dari bunga pepaya, mulai ditumis bersama daun pepaya, ikan teri, udang atau bumbu terasi.

Bunga Terubuk

Bunga Terubuk

Bunga Terubuk berasal dari tumbuhan tebu, yang memiliki bentuk seperti batang yang beruas-ruas dan berwarna hijau pucat kemerahan.

Bunga tebu ini memiliki tekstur yang renyah dengan rasa sedikit manis dan dapat menambah nafsu makan Anda.

Maka tak heran jika banyak orang suka mengonsumsi bunga terubuk, mulai dari dalam keadaan mentah sebagai lalapan, atau dimasak bersama dengan sayur lodeh, sayur asem, ataupun kare.

Bunga Turi

Bunga Turi

Bunga yang biasanya berwarna putih ataupun merah muda ini, berasal dari pohon turi. Pada umumnya, bunga ini berbentuk seperti bulan sabit saat kuncup dan mirip kupu-kupu jika sudah mekar.

Bunga ini memiliki rasa sedikit pahit, tapi banyak orang yang mengonsumsinya dalam keadaan mentah sebagai lalapan ataupun sebagai campuran dalam pecel lele.

Wah banyak juga ya jenis bunga yang dapat dikonsumsi dan diolah menjadi berbagai jenis masakan yang lezat. Jadi jenis bunga yang mana nih yang sudah pernah kamu cicipi? 

Posting Komentar

0 Komentar