Jenis Bunga Cempaka Beserta Ciri-Cirinya

Nama bunga cempaka diambil dari bahasa Sansekerta yang berarti batu permata yang warnanya kuning muda. Tumbuhan  ini termasuk anggota suku Magnoliaceae.

Oleh sebab itu, bunga ini diberi nama ilmiah Magnolia champaca, diketahui bunga ini telah menyebar di area Asia Tengga dan India.

Sementara di Indonesia, bunga ini banyak dijumpai didaerah Sumatra, Sulawesi, Maluku, dan Jawa. Pada umumnya tinggi pohon ini sekitar 15-25 meter, tapi ada juga yang mencapai 30 meter loh.

Kulit pohon ini memiliki tekstur semacam bulu atau rambut yang sangat halus. Bentuk kelopak bunganya panjang, dengan bagian ujungnya meruncing.

Selain itu, buah yang dihasilkan dari pohon ini berwarna hijau dengan permukaan cukup kasar. Ukurannya pun tergolong kecil, yakni hanya sebesar ibu jari.

Biasanya jenis bunga cempaka yang paling sering dijumpai adalah yang memiliki bunga berwarna putih dan kuning saja.

Berikut ini adalah 4 jenis cempaka dari 50 spesies anggota genus Michelia yang tersebar mulai dari India, Indo Cina, Indo Cina, Semenanjung Malaya, Sumatra, Jawa dan Kepulauan Sunda Kecil, antara lain:

1. Cempaka Putih

Cempaka Putih

Di Indonesia, jenis bunga cempaka putih kadang disebut sebagai bunga kantil. Saat kembang masih kuncup, bunga ini sudah terlihat indah dengan warna kehijauan.

Kemudian setelah mekar, warnanya berubah menjadi putih. Jenis bunga yang bernama latin Michelia alba ini mempunyai warna ranting keabu-abuan.

Seperti pada pohon cempaka lainnya, terdapat juga bulu-bulu halus pada rantingnya. Daunnya termasuk kedalam jenis daun tunggal dengan warna hijau cerah. Rata-rata ketinggian tanaman bunga cempaka putih ini, dapat mencapai 30 meter.

2. Cempaka Kuning

Cempaka Kuning

Cempaka kuning adalah bunga yang paling wangi di antara semua jenis cempaka. Oleh sebab itu, jenis cempaka kuning sering dijadikan sebagai bahan wewangian.

Kita dapat mencium aroma wangi bunga ini meskipun dari kejauhan. Maka tak heran bila bunga ini sering digunakan sebagai bahan baku untuk membuat farfum.

Biasanya tanaman ini bisa kita di kawasan dengan ketinggian 25 meter. Daun pohon cempaka kuning berbentuk oval seperti bulat telur, berwarna hijau cerah, serta ujung daunnya berbentuk runcing.

3. Cempaka Merah

Cempaka Merah

Jenis cempaka ini agak sulit ditemukan di Indonesia, sehingga bunga cempaka merah tidak terlalu populer seperti bunga cempaka putih maupun kuning.

Tapi bunga ini mempunyai harumnya sangat khas serta bentuknya pun cantik dan menarik untuk dipandang. Di luar negeri bunga ini dikenal dengan nama Red Magnolia.

Jenis cempaka merah mempunyai keunikan dibandingkan cempaka lainnya. Bunga ini hanya punya waktu mekar singkat yang sangat singkat, yaitu sekitar 2 jam.

Dalam waktu 2 jam tersebut, kita bisa melihat bentuk bunga cempaka merah sempurna. Sayangnya setelah 2 jam berlalu, bunga ini akan layu.

Namun bunga tersebut tidak langsung gugur, melainkan bentuknya berubah seperti bunga-bunga cempaka biasa.

4. Cempaka Ungu

Cempaka Ungu

Cempaka ungu mempunyai nama latin Magnolia liliifllora, selain itu bunga cempaka ungu juga dikenal dengan nama Purple Magnolia.

Warna ungunya yang terang tak kalah cantiknya dengan ketiga jenis bunga cempaka yang lain. Selain itu, wangi cempaka ungu pun sangat harum.

Bunga cempaka ungu biasanya mekar di awal musim penghujan dan sangat mudah beradaptasi dan tumbuh dimanapun.

Hanya saja tanaman ini hanya bisa tumbuh subur di kawasan dataran tinggi, dengan suhu berkisar antara 20 hingga 26 derajat celcius.

Wah, ternyata indah-indah sekali ya warna bunga cempaka ini! Jadi yang mana nih jenis bunga cempaka yang menjadi kesukaanmu?

Posting Komentar

0 Komentar