Selain Sakura, Ini Dia Jenis Bunga Endemik Dari Jepang

Jepang merupakan negara yang memiliki 4 musim, disetiap musimnya terdapat keindahan pemandangan tertentu yang dapat dinikmati oleh para pengunjung.

Salah satunya adalah musim semi, di Jepang musim ini berlangsung mulai bulan Maret sampai dengan Mei. Selain suhu yang hangat, kebahagian menikmati musim semi juga dikarenakan banyaknya bunga mekar yang keindahannya dapat memanjakan mata.

Ternyata Jepang memiliki berbagai bunga endemik musim semi, diantara jenis bunga tersebut terdapat beberapa jenis bunga yang tidak dapat dijumpai di Indonesia loh. Panasaran? Simak pembahasannya berikut ini!

1. Bunga Wisteria

Bunga Wisteria

Bunga wisteria merupakan tanaman favorit dan penting bagi warga Jepang. Tidak hanya keindahannya saja, Wisteria juga merupakan salah satu bunga tertua yang tecatat dalam sejarah Jepang.

Bunga wisteria juga disebutkan dalam puisi kuno dari kumpulan puisi Man’yoshuyang, Pada karya sastra ini berisi penjelasan bahwa bunga ini merupakan koleksi sepuluh ribu tahun.

Untuk menikmati keindahan bunga ini secara langsung, maka kamu dapat berkunjunga ke Taman Bunga Ashikaga pada musim semi.

Bunga ini akan menjalar indah memenuhi rangka logam di sepanjang terowongan yang panjangnya mencapai 80 meter.

2. Bunga Star Magnolia

Bunga Star Magnolia

Tumbuh di daerah Aichi, Gifu dan Mie, bunga Star Magnolia yang tumbuh alami termasuk ke dalam spesies yang terancam punah.

Bunga berwarna merah muda pucat ini mekar sekitar bulan Maret hingga April. Bunga ini memiliki aroma harum yang khas, sehingga sering digunakan sebagai bahan untuk membuat farfum.

Diketahui terdapat 304 jenis bunga Magnolia yang telah tersebar keseluruh belahan dunia. Pohon dari bunga ini mampu tumbuh hingga mencapai 4 – 24 meter.

Jenis Magnolia Atlas merupakan spesies bunga terbesar dengan lebar 14 inch atau 35,56 cm. Berdasarkan riset yang sudah dilakukan oleh para ahli, bunga ini masuk ke dalam kategori bunga prasejarah.

3. Japanese Snake Gourd

Japanese Snake Gourd

Pulau Kyushu dan Honshu memiliki jenis tanaman yang tak kalah menarik dari tanaman lain, japanese snake gourd ini merupakan tanaman yang berasal dari Jepang dan Tiongkok.

Tumbuhan ini hidup dengan bersimbiosis mutualisme dengan pepohonan yang berada di dekatnya. Uniknya bunga berwarna putih yang indah ini mekar pada bulan April hingga Juni dan hanya pada malam hari saja.

4. Japanese Andromeda

Japanese Andromeda

Bunga Japanese Andromeda memiliki nama latin Pieris Japonica, bunga berwarna putih dengan tanda merah muda ini tumbuh subur di wilayah Asia dan Amerika Utara.

Bunga ini dapat tumbuh mulai dari 3 hingga 5 meter dan mekar pada periode mulai bulan Maret hingga April. Nama bunga ini diambil dari sebuah pepatah yang berbahasa Jepang, yakni:

“Ketika kuda memakan daun tanaman ini, kuda itu akan terkena racun dan membuatnya mengantuk seperti sedang mabuk.”

5. Japanese Buttercup

Japanese Buttercup

Bunga Japanese Buttercup memiliki nama ilmiah Ranunculus Japonicus dapat tumbuh mulai dari 30 sampai dengan 60 cm.

Bunga musim semi ini telah menyebar luas mulai dari daerah Jepang, Korea, Cina, hingga Taiwan. Biasanya bunga ini dapat tumbuh subur pada ladang-ladang dan gunung-gunung.

Bunga dari tumbuhan ini berwarna kuning dan berukuran kecil. Nama Buttercup dimabil dari bahasa Jepang yang berarti jejak kaki kuda (karena mempunyai daun yang dekat dengan tanah.

Nah itulah beberapa nama bunga endemik yang berasal dari Jepang dan tidak ditemukan di Indonesia. Jadi gimana nih teman? Apakah kalian tertarik untuk menghabiskan waktu liburan musim semi di Jepang?

  

 

 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar