6 Fakta Bunga Kamboja Yang Tekesan Mistis

 

Bunga Kamboja merupakan bunga yang sering ditemui di indonesia. Tapi pohonya bukan berasal dari Indonesia, melainkan dari Amerika Tengah yang ditemukan oleh botanis asal prancis, Dia bernama Charles Plumier.

Di indonesia, bunga kamboja sering dikatakan seram karena mitos-mitos yang beredar. Ada yang mengatakan bisa mengundang roh jahat, dan bunga ini rumah bagi makhluk halus. Terdapat banyak fakta menarik diluar dari mitos yang menyeramkan tersebut. 

Beberapa fakta menarik bunga Kamboja yang tidak banyak orang ketahui :

1. Sengaja Ditanam Diaera Pemakaman

Banyak orang yang menghubungkan bunga Kamboja dengan cerita mistis, karena bunga ini banyak ditemui diarea pemakaman. Sebenarnya bunga Kamboja tidak membutuhkan perawatan yang rumit. 

Walau tanpa penyiraman yang rutin bunga ini akan tetap tumbuh subur dengan cara penguraian organik dari jasadi-jasad. Teknik penanamannya pun sangat mudah dengan cara stek batang nya saja.

Keunggulan lainnya, bunga Kamboja akan merontokkan kelopaknya sebelum layu. Jadi, kelopak bunga kamboja akan jatuh ke tanah dalam keadaan segar dan wangi. Tentu ini akan membuat area perkuburan akan tetap harum serta bertabur bunga walaupun tidak ada yang datang.

2. Pernah Digunakan Sebagai Senjata

Yang digunakan sebagai senjata adalah getahnya. Getah bunga Kamboja digunakan oleh masyarakat Afrika untuk berburu binatang besar. Getah bunga ini mengandung racun yang mematikan, maka dari itu jika ingin menanm bunga kamboja dirumah harus hati-hati. 

3. Sebagai Sarana Upacara Keagamaan

Berbeda di are Bali, jika berjalan-jalan ke Bali kita akan menemuka bunga kamboja bertebaran dimana-mana. Bunga kamboja juga dipakai untuk sembahyang, di Bali bunga Kamboja lebih sering disebut bunga jepun. Banyak tanaman di pekarangan rumah masyarakat dan didekat pura.

Bunga kamboja memiliki peran pentingbagi agama Hindu, yakni sebagai simbolisme dari Dewa Siwa dan sebagai sarana upacara keagamaan. Dia di letakkan dalam sesajen bersama dengan bahan lainnya untuk dipersembahkan kepada leluhur.

4. Memiliki Banyak Jenis Warna

Bunga kamboja memiliki kelopak berwarna putih kuning, ada juga yang berwarna merah muda. Jumlah kelopaknya pun berbeda-beda. pada umunya berjumlah 5 helai, namun kadang ada lebih dan ada yang kurang.

Berikut ini beberapa jenis bunga kamboja yang sering ditemui di Indonesia.

a. Plumeria Obtusa / Singapore Graveyard Flower
b. Plumeria Kok Putih
c. Adenium obesum / Kamboja jepang
d. Plumeria Bali-Whril

Masih banyak lagi jenis bunga kamboja yang belum disebutkan. Namun lima jenis bunga diatas yang sering dijadikan tanaman hias di pekarangan rumah.

5. Bunga Nasional Negara Laos

Bunga kamboja merupakan lambang negara laos. Di Laos bunga kamboja disebut juga dok champa, dok artinya bunga sementara champa artinya kamboja. Jika berkunjung ke laos, kamu akan menemukan ini dimana-mana. Dok champa lebih terkenal dengan warna putih kuning, namun ada juga yang berwarna kuning merah.

Bunga ini meiliki filosofi ketulusan, kebahagiaan dan keberuntungan dalam kehidupan. Oleh sebab itu dok champa sering di tanam klenteng atau kuil.

6. Punya Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Sering dianggap mistis, ternyata buka kamboja ini mempunyai banyak manfaat sebagai obat herbal untuk kecantikan dan kesehatan. Di China dan Kore bunga kamboja diolah dan dikeringkan menjadi the untuk meredahkan demam, mengurangi stress sampai mengatasi radang tenggorokan.

Bunga kamboja mengandung anti-oksidan, dapat membantu mengobati sakit kepala, sakit punggung serta mengurangi bengkak. Bunga ini juga dapat menjaga kesehatan kulit, anti-penuaan serta anti-inflamasi.

Selama ini, jika mendengar bunga kamboja selalu merasa takut. Tapi ternyata bunga ini mempunyai beberapa fakta unik yang belum banyak diketahui orang-orang. Sekarang tidak perlu takut lagi untuk menanam bunga dirumah untuk mempercantik halaman rumah.
Sekian informasi yang kami berikan, semoga bermanfaat..


Posting Komentar

0 Komentar