Mengenal Bagian-bagian Bunga Beserta Fungsinya Pada Tumbuhan


Banyak orang yang berfikir bahwa bunga hanyalah sebuah pemanis saja pada tumbuhan. Apakah kamu adalah salah satu dari mereka yang berfikir seperti itu?

Bunga tidak hanya sekedar pemanis tumbuhan saja, tetapi juga memilki fungsi yang vital dan penting untuk tumbuhan. Salah satu fungsi bunga ialah sebagai salah satu bagian dari organ generatif yang berfungsi untuk perkembang biakan pada tumbuhan.

Hal ini tentu sangat penting karena jika tidak ada bunga pada tumbuhan, maka tumbuhan tidak akan dapat berkembang biak dan menjadi punah. Selain itu, bunga juga sering digunakan oleh manusia sebagai simbol untuk menunjukkan rasa kasih sayang.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang fungsi dan bagian-bagian bunga pada tumbuhan, berikut kami telah merangkumnya untuk kamu.

Fungsi Bunga Pada Tumbuhan

Seperti yang telah dijelaskan diatas fungsi utama bunga ialah untuk melakukan reprodusi pada tanaman. Pasalnya, bunga mampu menarik perhatian penyerbuk pada tumbuhan untuk membantu pembuahan sehingga tumbuhan akan menghasilkan bibit tanaman tersebut.

Warnanya yang cerah, aromanya yang kuat, serta nektar bunga yang manis akan bekerja sama untuk menarik perhatian burung, lebah, dan serangga lainnya untuk memindahkan serbuk sari dari satu bunga ke bunga yang lainnya. Nah, setelah penyerbukkan ini terjadi, bunga akan berkembang menjadi benih atau bibit.

Setidaknya, ada 4 fungsi bunga yang perlu untuk kamu ketahui, yaitu :

1. Alat perkembang biakan generatif.

2. Menarik penyerbuk seperti burung, lebah, dan serangga lainnya untuk hinggap dan melakukan penyerbukan.

3. Wadah atau tempat menyatunya gamet jantan dan gamet betina.

4. Menghasilkan biji.

Bagian-bagian Bunga

Selain mengetahui fungsi bunga, ada baiknya jika kamu juga mengetahui bagian-bagian bunga itu sendiri.

1. Tangkai Bunga

Tangkai bunga merupakan bagian bunga yang berada pada bagian bawah bunga dan berfungsi untuk menopang dan menghubungkan bunga dengan ranting.

2. Dasar Bunga

Dasar bunga merupakan bagian bunga yang berada pada bagian bawah bunga dan atas tangkai bunga. Bagian ini berfungsi untuk melekatkan mahkota bunga.

3. Kelopak Bunga

Bagian bunga yang selanjutnya adalah kelopak bunga. Bagian ini merupakan bagian terluar yang menyelimuti mahkota bunga ketika masih dalam keadaan kuncup. Bagian ini berfungsi melindungi mahkota bunga yang belum mekar.

4. Mahkota Bunga

Mahkota bunga merupakan bagian bunga yang berwarna-warni dan sering dijuluki sebagai perhiasan bunga. Keindahan mahkota bunga ini berfungsi menarik perhatian penyerbuk untuk membantu proses penyerbukan.

Selain itu, mahkota bunga juga berfungsi untuk melindungi alat kelamin pada bunga sebelum terjadi proses penyerbukan. Setiap helaian mahkota bunga ini disebut dengan petala.

5. Benang Sari (Alat Kelamin Jantan)

Benang sari atau alat kelamin jantan ini terdiri dari tangkai sari, kepala sari, dan serbuk sari. Bagian ini biasanya terletak di tengah-tengah mahkota bunga.

6. Putik (Alat Kelamin Betina)

Putik atau alat kelamin betina ini merupakan bagian bunga yang paling dalam letaknya. Bagian ini berfungsi sebagai alat kelamin betina pada bunga. Salah satu bagian dari putik mengandung sel telur yang nantinya akan berkembang menjadi kandung lembaga yang nantinya akan menjadi tumbuhan baru.

Itulah informasi seputar fungsi dan manfaat bunga bagi tumbuhan, semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar