Bunga Adelweis Dijuluki Bunga Abadi yang Terancam Punah

 


Bunga Edelweis tidak boleh dipetik sembarangan karena tanaman ini termasuk ke dalam tanaman langka yang dilindungi oleh undang-undang. Walaupun demikian ada saja tangan jahil yang mengusik keberadaan bunga ini sebagai cinderamata.

Bagi kamu yang hobby dengan naik gunung, tentu tidak asing lagi dengan bunga yang mendapatkan julukan bunga abadi ini. memiliki nama latin Anaphalis Javanica, bunga adelweis terdapat di beberapa gunung di Indonesia.

Saat ini bunga edelweis keberadaannya mulai terancam sehingga pemerintah akhirnya turun tangan untuk melindunginya dengan mengeluarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 pasal 33 ayat (1) dan (2) tentang Konservasi Sumber Daya Hayati dan Ekosistemnya masih mengatur larangan memetik edelweiss.

Aturan yang dibuat pemerintah untuk melindungi bunga edelweiss karena bunga ini memiliki beberapa fakta yang menarik. Berikut fakta tentang bunga adelweis dijuliki bunga adadi yang terancam punah.

1. Pertama Kali diTemukan 200 Tahun Lalu

Perlu kamu ketahui bahwa keberadaan bunga adelweis sudah ada sejak 200 tahun yang lalu. Bunga adelweis ungu pertama kali ditemukan oleh seorang Jurnalis asal Jerman bernama Georg Carl Reinwardt.

Georg menemukan Edelweiss Jawa ini pada tahun 1819 di lereng Gunung Gede, Jawa Barat. Jadi dapat kita simpulkan bahwa bunga Adelweis ini sudah ada sejak 200 tahun yang lalu.

2. Makna Bunga Adelweis

Arti bunga Adelweis adalah keabadian. Bunga ini sering dijuluki bunga abadi karena memiliki waktu mekar yang lama, bahkan untuk menunggu bunga ini mekar perlu waktu hingga 10 tahun lamanya.

Hormon Etilen dari bunga Adelweis ini bisa mencegah bunga Adelweis Bromo mencegah kerontokan dalam waktu yang lama.

3. Tanaman yang Dilindungi UU Nomor 5 Tahun 1990

Bunga edelweis dilindungi Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 Pasal 33 ayat 1 dan 2 tentang Konservasi Sumber Daya Hayati dan Ekosistem. Ayat (1) pasal ini menyebutkan, Setiap orang dilarang melakukan kegiatan yang dapat mengakibatkan perubahan terhadap keutuhan zona inti taman nasional.

Sementara, ayat (2) berbunyi, perubahan terhadap keutuhan zona inti taman nasional sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) meliputi mengurangi, menghilangkan fungsi dan luas zona inti taman nasional, serta menambah jenis tumbuhan dan satwa lain yang tidak asli.

Sanksi pidana yang bisa menjerat pemetik edelweis, mulai dari penjara selama lima tahun dan satu tahun. Selain itu, mereka yang memetik bunga edelweiss bisa juga dikenakan denda sebesar Rp100 juta dan Rp50 juta.

4. Mekar di Bulan April – Agustus

Bunga Adelweis ungu memiliki waktu mekar rentang waktu antara bulan April sampai dengan bulan Agustus setiap tahunnya. Bunga ini mekar pada musim hujan. Mekarnya bunga ini karena adanya pancaran matahari yang datang dan dapat diserap dengan baik dan intensif.

5. Tumbuh di Gunung Indonesia

Keindahan dari bunga Adelweis bisa dilihat jika kita sedang menjadi ke beberapa gunung yang ada di Indonesia. Seperti gunung Lawu, Semeru, Merbabu, Sindoro, Papandayan, Gede Pangrango dan Rinjani.

Jika kamu sedang mengunjungi Gunung Rinjani, maka kamu bisa melihat keindahan hamparan bunga adelweis di Plawangan Sembalun. Jika kamu mendaki jalur Candi Cetho, bunga adelwei bisa langsung dilihat di Sabana pertama kali sebelum pos Bulak Peperangan dan Pasar Dieng.

6. Bertahan di Tanah yang tandus

Bunga Edelweis juga memiliki cara bertahan hidup yang kuat, tak hanya di daerah pegunungan bahkan juga bunga adelweis bisa tumbuh subur di tanah tandus sekalipun.

Bunga ini mampu membentuk mikoriza yang dapat memperluas kawasan yang dijangkau oleh akar-akarnya dan meningkatkan efisiensi dalam mencari zat hara.

7. Terancam Punah

Sangat disayangkan, bunga aderweis kering yang sering dijadikan cenderamata membuat keberadaan bunga ini semakin berkurang populasinya.

Misalnya pada tahun 2017, ada lima pendaki mencabut bunga edelweis di Gunung Rinjani. Kemudian Juni tahun 2018 terjadi pula peristiwa serupa di Gunung Ciremai, Jawa Barat di mana ada sekelompok pendaki membawa turun bunga edelweis.

Nah itulah beberapa fakta dari bunga adelweis yang mendapat julukan sebagai bunga abadi. Semoga tangan-tangan tidak bertanggung jawab berhenti mengusik keberadaan bunga ini.

Posting Komentar

5 Komentar