Manfaat Bunga Lawang untuk Kesehatan, Apa Saja?

Bunga lawang atau Kembang Lawang atau pekak merupakan rempah yang memiliki rasa yang mirip dengan Adas manis. Rempah ini memiliki nama ilmiah Illicium verum. Bunga ini mempunyai yang berwarna cokelat gelap dan terdiri atas delapan sisi dengan rasa manis.

Bunga ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, adapun manfaat tersebut adalah sebagai berikut:

Manfaat Bunga Lawang

Bunga lawang mengandung banyak senyaw yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat yang bisa kamu dapatkan dari bunga lawang.

1. Sebagai Antibakteri dan anti jamur

Menurut penelitian pada 2010 di Journal of Medicinal Food, para ilmuwan di Taiwan menemukan bahwa empat turunan antimikroba dari bunga lawang memiliki sifat antibakteri. Hal ini disimpulkan setelah pengujian terhadap hampir 70 jenis bakteri yang resistan terhadap obat-obatan. Meski begitu, penelitian lebih lanjut mengenai hal ini masih diperlukan.

Tak hanya itu, bunga ini juga berperan sebgaiaii antijmaur. Menurut studi pada 2010 yang dipublikasikan di Korean Journal of Medical Mycology, diketahui bahwa ekstrak bunga lawang memiliki sifat antijamur alami. Rempah ini diyakini mampu mengatasi infeksi akibat jamur tertentu seperti Candida albicans.

2. Menyehatkan Pencernaan

Kandungannya yang kaya akan serat, bunga lawang dipercaya dapat menjaga kesehatan pencernaan. Seperti mengatasi perut kembung, sembelit, dan kram. Hal tersebut karena serat dapat membantu melunakkan feses di usus, sehingga menurunkan risiko terjadinya sembelit.

Ketahulilah, sembelit tak segara diatasi bisa berkembang menjadi wasir yang menyebabkan buang air besar berdarah dan nyeri. Walapun begitu, jangan hanya andalkan  serat dari rempah ini saja. 

3. Meredakan Flu dan Batuk

Kamu mungkin tidak menyangka bahwa bunga lawang bisa membantu meredakan flu dan batuk. Ya, rempah ini mengandung asam shikimat dan antioksidan yang baik untuk tubuh.


Berdasarkan studi pada 2008 yang diterbitkan di Journal of Medical Virology, kombinasi asam shikimat dan antioksidan quercetin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 


Risiko penggunaan bunga lawang

Walapun bunga ini memiliki banyak manfaat yah, kamu perlu memahami kemungkinan risiko berbahaya 

kibat konsumsi rempah ini. Mengutip laman Healthline, umumnya, bunga lawang yang berasal dari China aman dikonsumsi oleh kebanyakan orang. Namun, bagi beberapa orang, rempah ini juga bisa memicu reaksi alergi. 

Selain itu, kamu juga perlu mecermati asal-usulnya. Bunga lawang asal Jepang diketahui mengandung racun kuat yang dapat menyebabkan gejala seperi mual, halusinasi dan kejang.

Walapun berbeda, bunga awang dari Jepang dan Cina sekilas tampak mirip, dan ini yang perlu dicermati. Jadi, sebaiknya pastikan bunga lawang yang kamu konsumsi adalah murni varietas asal China.

Demikianlah manfaat bunga laawang untuk kesehatan. Semoga ulasan diatas bermanfaat yah!

Posting Komentar

0 Komentar