Fakta Unik Bunga Kadupul, Bunga yang Tak Ternilai Harganya

Bunga Kadupul merupakan salah satu tanaman yang tergolong ke dalam famili kaktus. Kelopak bungannya berwarna putih dengan aksen warna kuning di bagian putik. Bunganya terdapat di bagian batang. Tinggi  bunga  ini dapat mencapai 30 sentimeter.

Bunga dengan nama ilmiah Epiphyllum oxypetalum ini berasal dari wilayah Sri Lanka. Di sana bunga tersebut mengandung makna spritual. Bunga yang dijuluki sebagai 'Flower from the Heaven'' itu juga dapat djumpai di beberapa negara India serta Amerika Selatan. Untuk mengenal lebih jauh seputar bunga kadupul, yuk simak fakta uniknya dibawah ini!

1. Mekar dalam rentang waktu pendek

Proses mekar bunga kadupul berlangsung selama dua jam. Nyatanya meski hanya berlangsung singkat, justru hal tersebut menjadi nilai lebih untuk bunga ini. Bahkan, tak seidit orang yang berlomba-lomba mengabadikan momen mekarnya bunga ini. Jangan harap dapat melihat betapa estetiknya bunga ini jika fajar telah menyingsing.  Pastinya kuncuk bunga ini akan kembali layu.

2. Tergolongan sebagai tanaman langka

Bunga yang sering dijuluki sebagai Dutchman's pipe ini masuk ke dalam spesies tumbuhan langka yang ada di dunia.  Bunga kadupul tumbuh di daerah hutan hujan tropis. Bunga dari kkeluarga kaktus ini berbeda dengan jenis kaktus lainnya karena membutuhkan lebih banyak air.

Kini, bunga ini sudah dibudidayakan banyak orang. Namun, tetap saja keberadaan bunga kadupul tak bisa bertahan lama. Pasalnya bunga tersebt akan matik jika dipetik.

3. Hanya mekar pada malam hari

Waktu mekar bunga yang satu dengan yang lainnya tentu berbeda. Hal tersebut dipengaruhi oleh senyawa yang terkandung di dalam bbunga, yaitu gen apitala 1 dan protein FT. Selain itu,  iklim atau cuaca juga  ikut mempengaruhinya.

Sebagian besar bunga biasanya mekar di waktu pagi hari. Tetapi bunga kadupul adalah salah satu spesies bunga yang hanya mekar di malam hari. Jadi tak heran jika bunga kadupul disebut sebagai 'Queen of the Night'.

4. Bunga paling mahal di dunia.

Bunga Kadupal termasuk ke dalam deretan bunga termahal di dunia. Bahkan, bunga kadupul menduduki rank pertama sebagai bunga paling mahal. Beberapa alasan yang melatarbelakangi bunga ini mahal yaitu karena bunga kadupul hanya mekar dalam waktu singkat dan tidak bisa dipetik. Apalagi bentuk bunga tersebut begitu indah dan memukau. Oleh karena itu, bunga ini mempunyai harga yang bahkan tak ternilai dengan harta.

5. Harum bunganya memabukkan

Saat semua kuncup bunga ini mekar, aroma bunga tersebut menguar dengan harum yang diklaim 'memabukkan'. Menurut sebuah penelitian   harum tersebut dihasilkan oleh senyawa benzyl salicylate dan methyl linoleate yang terkandung di bunga tersebut.

Di balik keharuman bunga kadupal ternyata tak semua orang benar-benar bisa menikmatinya saat mekar. Hal ini karena, bagi mereka yang ingin sekali menikamatinya bisa dengan membeli parfum yang wanginya terinspirasi dari  bunga kadupul. kamu bisa mendengarkan lagu Pingal sambil menikmati wanginya parfum bunga Kadupul.

Demikianlah beberapa fakta unik bunga kadupul. Semoga ulasan kami bermanfaat untuk kamu!

Posting Komentar

0 Komentar