5 Fakta Menarik Bunga Petunia

 

Hai sobat bloger..

Pada kali ini kita akan membahas mengenai bunga petunia. Bunga ini merupkana tumbuhan yyang membutuhkan banyak sinar matahari untuk tumbuh. Bunga cantik ini sering dijadikan sebagai salah satu bunga yang dibuduidayakan oleh masyarakat karena kodnisi iklim dan cuaca panasa yang sangat cocok untuk bunga ini.

Selain sebagai tanaman hias, masih banyak lagi fakta menarik bunga petunia yang tidak kalah menarik untuk dibahas. Lantas apasajakah faktanya? Yuk simak ulsannya dibawah ini!

1. Tumbuh subur di tempat yang panas

Bunga ini dikenal karena kerahannya terhdapap cuaca yang panas terik. Tak heran jika bunga yang satu ini biasanya mekar pada musim kemarau.

Pada habitat aslinya, bunga petunia tumbuh baik di dataram tinggi. Namun, bukan berarti tidak dapat tubuh di dataran yang lebih rendah. Hanya saja tanaman yang dihasilkan akan berukuran lebih kecil dengan warna bunga yang lebih gelap dan sedikit pudar. Bunga petunia dapat ditanam langsung di tanah atau bisa juga ditanam di pot.

2. Menawarkan beragam warna kelopak bunga

Bunga petunia mempunyai bentuk seperti terompet yang umumnya berwarna ungu. Namun belakang ini, bunga petunia juga bisa didapatkan dalam banyak pilihn warna, seperti pink, putih, merah, hitam hingga dua warna yang berbeda dalam satu bunga. Kelopak bunga ini biasanya berbentuk hati atau oval.

Bunga petunia biasanya bertubuh pendek dikarenakan batangnya yang lemah. Walaupun begitu, mereka memiliki cabang yang banyak dengan dedaunan yang berblu dan sedikit lengket untuk melindungi dari hama dan serangga.

3. Termasuk jenis tanaman tahunan

Bunga Petunia merupakan salah satu jenis tanaman tahunan, bunga ini tidak dapat bertahan lama. Seketika mati, bunga petunia tidak dapat bertumbuh lagi dan harus diganti dengan tanaman lain. Namun, terdapat beberapa cara  untuk membuatnya tahan lebih lama.

Untuk membuatnya tahan lebih lama, kamu harus melakukan pemangkasan secara teratur untuk membuat bunganya menjadi lebih banyak dan segar. Selain itu, walaupun dapat bertahan di cauca yang panas terik, bunga petunia juga tetap membutuhkan tanah yang lembap untuk bertumbuh.

4. Bunga yang berasal dari Amerika Selatan ini bisa dijadikan sebagai ramuan dan obat-obatan

Bunga petunia berasal dari Amerika Selatan. Bunga ini berasal dari kata "Petun" yang merupakan singkatan dari tembakau di Brazil. Berasal dari keluarga nightshade atau solanaceae, sama seperti kentang,tamanaman ini termasuk ke dalam keluarga tanaman pertanian, rempah-rempah, hingga obat-obatan. Tak heran jika bunga petunia juga biasanya digunakan sebagai obat atau ramuan. Selain itu, bunga yang berukuran pendek ini juga bisa dimakan dan memiliki rasa yang manis serta pedas.

5. Memiliki arti dari dua sisi yang berbeda

Bunga yang tidak beracun ini ternyata memiliki arti dari dua sisi yang berlawanan. Sisi pertama, bunga petunia dapat melembangkan kemerahan dan kebencian antara kamu dengan orang yang memberikaannya kepadamu.

Disisi lain, bunga petunia juga melambangkan rasa peduli dan semangat antara kamu dan si pemberi. Merkea menginginkan kamu untuk menjadi orang yang sukses. Selain itu, bunga dari Amerika Selatan ini juga melambangkan ketenangan dan kenyamanan.

Demikianlah beberapa fakta menarik bunga petunia. Semoga ulasan kami bermanfaat yah!

Posting Komentar

0 Komentar