5 Bunga Ini Bisa Dimakan dan Memiliki Manfaat untuk Kesehatan, Sudah Pernah Coba?

 


Bunga dengan keindahan dan aromanya yang semerbak selalu indentik dengan yang namanya romantisme, maka tak heran jika tumbuhan yang satu ini sering dijadikan sebagai hadiah untuk pasangan hingga dekorasi pernikahan.

Namun tahukah kamu, ternyata ada beberapa jenis bunga di dunia yang bisa dikonsumsi secara langsung, loh. Tidak hanya bisa dimakan, deretan jenis bunga ini juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Ingin tahu apa saja? Yuk simak ulasan berikut.

1. Kembang Sepatu

Siapa yang tak kenal dengan bunga kembang sepatu? Bunga yang identik dengan mahkota bunganya yang lebar ini sangat terkenal di Indonesia dengan warnanya yang beraneka ragam.

Bunga kembang sepatu sering di tanam oleh masyarakat Indonesia sebagai penghias halaman rumah. Namun ternyata, tidak hanya mampu mempercantik halaman rumah, bunga kembang sepatu ternyata juga bisa dikonsumsi sebagai obat herbal yang dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

2. Mawar

Tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan manfaat dari bunga yang satu ini. Bunga mawar memang telah lama digunakan dalam perawatan kecantikan wajah dan juga tubuh. Kandungan fenolat yang ada dalam bunga mawar berfungsi sebagai anti-inflamasi, kaya vitamin,dan mampu mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, hingga diabetes.

3. Dandelion

Bunga yang dapat dikonsumsi selanjutnya ialah bunga dandelion. Bunga dandelion memang bisa dikonsumsi dan bergizi tinggi. Dalam bunga dandelion terdapat banyak senyawa tanaman yang bersifat antioksidan.

Seperti yang kita ketahui, antioksidan sangat baik untuk kesehatan tubuh dan dipercaya mampu mengurangi kerusakan sel akibat radikal bebas penyebab kanker. Menariknya lagi, bukan hanya bunga dandelion saja yang bisa dikonsumsi, akar, batang, dan daunnya pun bisa untuk dikonsumsi.

4. Lavender

Bunga yang terkenal bisa mengusir nyamuk ini ternyata juga bisa untuk dikonsumsi secara langsung, loh. Selain itu, bunga lavender juga bisa kamu campurkan ke dalam makanan yang dipanggang, air rebusan herbal lain, hingga infused water.

Bunga yang satu ini akan cocok jika kamu padukan dengan bahan makanan yang manis dan guri, seperti beri-berian, rosemary, dan cokelat. Aromanya yang harum dan menenangkan banyak digunakan sebagai minyak aromaterapi yang baik untuk kesehatan psikologis.

5. Melati

Bunga yang biasa digunakan dalam pernikahan tradisional ini tidak hanya cantik, tetapi juga kaya akan kandungan zat yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti indole, linalcohol, asetat benzilic, alcohol benzilic, dan jasmon.

Manfaat yang bisa kamu peroleh ketika mengonsumsi bunga melati bukan hanya sekedar untuk kecantikan seperti mengurangi jerawat, tetapi juga mampu mengurangi peradangan pada usus, ginjal, menurunkan kolesterol, menyeimbangkan gula darah, bersifat sebagai detoksifikasi, hingga menurunkan berat badan.

Gimana, setelah membaca pemaparan tentang bunga yang bisa dikonsumsi secara langsung dan memiliki manfaat untuk kesehatan di atas, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Posting Komentar

0 Komentar