Ini Dia 5 Bunga Langka dan Terancam Punah di Dunia

 


Jika membahas tentang dunia hewan, maka kata langka dapat diartikan sebagai bencana. Hal ini dikarenakan beberapa hewan memiliki peran penting dalam siklus ekosistem di bumi. Hewan dapat dikatakan langka jika populasi atau jumlahnya tinggal sedikit, atau bahkan hampir punah. Namun ternyata, kata langka juga dapat terjadi pada tanaman.

Tahukah mau jika beberapa spesies tanaman sangat pemilih dalam hal tempat tinggal (tempat tumbuh) ? Sifatnya yang pemilih dalam menetukan tempat untuk tumbuh inilah yang sering sekali menjadi alasan tumbuhan-tumbuhan ini langka atau bahkan punah jika tidak segera dilestarikan.  Tahukah kamu jenis bunga apa saja yang termasuk ke dalam daftar bunga langka di dunia ?

Berikut kami telah merangkum beberapa bunga yang yang termasuk dalam kategori langka. Bukan hanya karena populasinya yang tinggal sedikit, tetapi juga karena bunga-bunga ini hanya dapat tumbuh pada tempat-tempat tertentu.

1. Middlemist Red

Bunga langka yang pertama adalah Middlemist red, spesies bunga yang termasuk ke dalam kelompok bunga camelia ini berasal dari china dan dibawa ke Indonesia oleh John Middlemist pada tahun 1804. Bunga ini merupakan bunga paling langka di dunia. Walau berasal dari china, anehnya bunga ini sudah tidak ada lagi di china. Jika kamu ingin melihat langsung bunga ini, bunga ini hanya ada di Selandia Baru dan Inggris.

2. Rafflesia Arnoldii

Bunga langka yang kedua adalah Rafflesia Arnoldii atau dikenal juga dengan nama Bunga Bangkai, merupakan bunga terbesar dengan bobot mencapai 11 kg. Bunga ini ditemukan tumbuh di Indonesia dan Malaysia, dan dikenal dengan nama bunga bangkai karena aromanya yang menyengat. Bunga ini tidak memiliki batang maupun daun yang terlihat, bunganya langsung menempel pada akar di tanah.

3. Ghost Orchid

Bunga langka yang ketiga adalah Ghost Orchid atau Anggrek Hantu, dinamakan demikian karena bentuk kelopak bunganya yang unik. Bunga ini dapat ditemukan di Florida, Kuba, dan Bahama. Anggrek Hantu adalah bunga yang sulit untuk bereproduksi dan tidak dapat berfotosintesis. Oleh karena itu, bunga ini harus terus menempel pada pohon agar tetap bisa hidup.

4. Chocolate Cosmos

Bunga langka yang keempat adalah Chocolate Cosmos, bunga ini merupakan bunga cantik yang dapat ditemukan di Meksiko. Namun, sayangnya saat ini bunga yang memiliki warna merah kecokelatan dan beraroma cokelat ini telah berstatus punah.

5. Gibraltar Campion

Bunga langka berikutnya adalah Gibraltar campion. Bunga yang berasal dari Gibraltar ini memiliki warna bunga yang bervariasi dari warna ungu hingga warna merah muda. Bunga yang sempat dinyatakan punah ini berhasil ditemukan kembali pada tahun 1992. Saat ini jika kamu ingin melihat bunga ini secara langsung kamu dapat melihatnya di Gibraltar Botanic Gardens.

Itulah beberapa jenis bunga yang termasuk ke dalam daftar bunga langka dan hampir punah, selain karena habitatnya. Bunga ini menjadi langka karena sangat sulit untuk dikembangkan.

Posting Komentar

0 Komentar