Tips and Trik Merawat Bunga Janda Bolong (Monstera adansonii)

 


Menanam tanaman hias, menjadi hobi baru mereka yang bosan seharian berada dirumah. Pada awalnya memang kebiasaan menanam bunga ini hanyalah sebuah kegiatan mengisi waktu kosong. Namun, lama kelamaan menanam bunga menjadi hobi yang tidak bisa untuk ditinggalkan. Warna yang berbeda pada setiap bunga menjadi ciri khas masing-masing dari bunga tersebut.

Akhir-akhir ini tanaman hias menjadi topik perbincangan di kalangan pencinta bunga, pasalnya. Harga yang ditawarkan untuk satu pot bunga hias bisa mencapai harga yang sangat fantastis. Salah satu tanaman hias yang sempat populer dikalangan pencinta bunga adalah monstera dan jenisnya. Tanaman ini lebih dikenal dengan sebutan janda bolong.

Monstera adansonii atau disebut juga dengan bunga janda bolong, monstera Adanson, tanaman keju swiss, atau tanaman bolong lima. Tanaman yang satu ini sempat menggegerkan para pencinta bunga, pasalnya tanaman yang satu ini berhasil dijual di harga 100 juta.

Karena itu, perawatan pada jenis bunga yang satu ini juga tidak boleh sembarangan. Tapi tenang, untuk kamu para pemula yang ingin mencoba menanam jenis bunga yang satu ini di rumah. Kami telah merangkum hal-hal apa saja yang perlu kamu perhatikan agar bunga janda bolong milik mu dapat tumbuh dan berkembang dengan subur.

1. Perhatikan Kondisi Media Tanam atau Tanah

Pilihlah tanah yang tidak padat agar mempermudah akar janda bolong tumbuh dan menyuplai oksigen. Tanah yang digunakan juga jangan tanah biasa, kamu dapat menggunakan tanah dengan lumut gambut dan perlit dengan komposisi 1 : 1. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan campuran andam, pakis cacah oven, sekam bakar, pasir malang, cocopet bubuk, dan cangkang telur.

Kamu bisa mengganti campran tersebut setiap 6 bulan hingga 1 tahun sekali. Media tanam ini baik untuk menjaga kelembapan akar janda bolong tanpa membuatnya busuk.

2. Sedikit Tempat untuk Merambat

Tanaman janda bolong, adalah tanaman merambat yang memiliki akar pada hampir seluruh bagian batangnya. Maka dari itu, tanaman ini memerlukan tempat untuk merambat. Kamu bisa meletakkan tanaman janda bolong milik mu dekat dengan dinding agar ia bisa merambat.

Kamu juga bisa menancapkan sebatang kayu pada pot janda bolong milikmu agar tanaman ini bisa tumbuh merambat dan melilit pada batang yang telah kamu sediakan.

3. Berikan Nutrisi dan Rutin Menyiramnya

Setelah 6 bulan penanaman tanaman janda bolong memerlukan nutrisi tambahan. Maka kamu dapat memberikannya pupuk kompos sebagai penambah kebutuhan nutrisi tanaman ini. Selain itu, rutin menyiramnya juga akan mempengaruhi pertumbuhannya. Kamu bisa menyiram tanaman ini 2 kali sehari, setiap pagi dan sore hari.

Kamu juga dapat menggunakan air cucian beras milik mu untuk menyiram tanaman ini. Pasalnya, air cucian beras telah diteliti mengandung banyak nutrisi. Teruitama vitamin B1, yang bermanfaat membantu merangsang pertumbuhan vegetatif tanaman dari daun, tunas, hingga cabang.

Itulah informasi seputar cara merawat tanaman Monstera adansonii atau janda bolong. Semoga berhasil!

Posting Komentar

0 Komentar