Simak 5 Manfaat Bunga Lidah Mertua untuk Kesehatan!

 


Pernahkah kamu melihat jenis tanaman hias yang satu ini?

Sansevieria atau lidah mertua adalah jenis tanaman hias yang cukup populer sebagai penghias bagian dalam rumah. Lidah mertua memiliki daun yang keras, sukulen, tegak, dan memiliki ujung yang meruncing.

Sansevieria dikenal dengan sebutan bunga lidah mertua karena bentuknya yang tajam. Selain dikenal dengan sebutan lidah mertua, bunga ini juga dikenal dengan nama tanaman ular, pedang Saint George, lidah, rami tali busur viper, dan masih banyak sebutan lainnya.

Lantas, apa saja manfaat bunga lidah mertua untuk kesehatan? Yuk simak ulasan berikut!

Manfaat Bunga Lidah Mertua untuk Kesehatan

1. Mencegah Kanker

Selain sebagai penghias dalam rumah, bunga lidah mertua memiliki keistimewaan menyerap bahan beracun penyebab kanker seperti karbondioksida, benzene, formaldehyde, xilen, dan trichloeyhylene. Maka tak heran jika jenis tanaman hias yang satu ini cukup populer di kalangan masyarakat. Selain karena mudah dirawat, bunga lidah mertua juga dapat menangkal agen penyebab kanker.

2. Menangkal Radiasi

Tak hanya mampu menangkal agen penyebab kanker, lidah mertua juga dapat membantu penyerapan radiasi, khususnya dari barang-barang elektronik. Seperti yang kita ketahui, terlalu sering terpapar sinar radiasi perlahan dapat menyebabkan terjadinya masalah kesehatan seperti mual, nyeri, muntah, demam, hingga diare.

Oleh karena itu, sebaiknya tempatkan tanaman lidah mertua di sekitar meja tamu atau ruang keluarga.

3. Vitamin Rambut

Sekilas bunga lidah mertua memang memiliki bentuk yang mirip dengan tanaman lidah buaya. Namun, tidak hanya bentuknya yang mirip. Bunga lidah mertua ternyata juga memiliki khasiat yang sama dengan lidah buaya untuk kesehatan rambut.

Untuk mendapatkan manfaat lidah mertua sebagai vitamin rambut, kamu cukup mengambil gel yang ada dalam bunga lidah mertua dan mengoleskannya pada rambut. Hal ini dipercaya efektif membuat rambut semakin lembut.

4. Sumber Oksigen

Sebuah laporan teoritis yang diterbitkan di Universitas Harvard menunjukkan bahwa bunga lidah mertua merupakan salah satu tanaman hias yang paling banyak memberi oksigen. Maka tak heran jika lidah mertua secara efisien mampu menyerap racun dan melepaskan oksigen ke lingkungan.

Selain itu, bunga mertua juga dapat melepaskan kelembapan di udara dan mengurangi risiko alergi di udara secara efektif.

5. Mengatasi Sick Building Syndrome

Tahukah kamu, ternyata menanam bunga lidah mertua juga dapat meringankan Sick Building Syndrome (SBS). SBS merupakan masalah psikologi yang dapat menyebabkan seseorang kerap merasakan sakit kepala, iritasi mata, hidung, tenggorokan, rasa lelah, dan mual.

Bunga lidah mertua akan memperbaiki sistem pemanasan, ventilasi, dan pendingin ruangan yang buruk. Selain itu, bunga lidah mertua juga mampu meminimalisir keberadaan karbon dan memaksimalkan asupan oksigen dalam ruangan.

Bagaimana, tertarik untuk menanam bunga yang satu ini?

Posting Komentar

0 Komentar