7 Cara Merawat Bunga Pentas di Pot

 


Bunga pentas memang memiliki daya pesona tersendiri yang mampu menarik perhatian para pecinta tanaman. Memiliki bunga dengan beraneka warna yang menarik, membuat bunga yang satu ini kerap menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan sebagai bunga penghias halaman.

Ada berbagai bunga pentas, mulai dari warna ungu, pink, putih, dan merah. Secara umum bunga ini memiliki ciri kelopak bunga yang banyak dalam satu tangkai. Nah, untuk kamu yang tertarik untuk memiliki bunga yang satu ini, namun terhalang oleh luas pekarangan yang minim. maka ada baiknya jika kamu mengetahui cara merawat bunga pentas di pot berikut.

Tertarik untuk mengetahuinya? Yuk simak ulasan berikut hingga tuntas!

7 Cara Merawat Bunga Pentas di Pot

1. Pilih Ukuran Pot yang Tepat

Dalam memilih ukuran pot yang tepat, kamu dapat menyesuaikan ukuran pot yang kamu ingin gunakan dengan jenis dan ukuran tanaman bunga pentas yang akan kamu tanam.

2. Menggunakan Media Tanam yang Tepat

Tanah merupakan tempat di mana tumbuhan akan memperoleh berbagai asupan nutrisi yang diperlukan oleh tanaman. Oleh karena hal tersebut, aspek media tanam yang digunakan menjadi sangat penting.

Tanah yang bagus digunakan untuk menanam bunga adalah tanah yang gembur, gampang meresap air, dan terdapat berbagai kandungan unsur hara atau nutrisi yang di butuhkan oleh tanaman. Tanah jenis ini akan dengan mudah kamu peroleh di toko tanaman hias terdekat.

3. Memperhatikan Letak

Bunga pentas merupakan salah satu jenis bunga yang sangat suka terkena sinar matahari. Oleh karena itu, kamu perlu memperhatikan letak dan posisi bunga pentas yang kamu miliki. Pasalnya, pada tamaman matahari merupakan sumber energi utama dalam fotosintesis.

4. Pemberian Pupuk yang Tepat

Selain kandungan unsur hara yang telah tekandung dalam media tanam yang kamu gunakan, kamu juga bisa memberikan asupan nutrisi tambahan terhadap bunga pentas milik mu. Jika kamu bingung ingin menggunakan jenis pupuk apa, maka kamu bisa menggunakan pupuk organik.

5. Melakukan Penyiraman Secara Rutin

Tanaman sangat memerlukan air untuk bisa bertahan hidup. Selain sinar matahari, air juga termasuk ke dalam komponen penting di dalam proses fotosintesis. Maka penyiraman secara teratur benar-benar dibutuhkan untuk menjaga kandungan air di dalam tanah.

Lakukan penyiraman tiap 2-3 hari sekali untuk menjaga kelembapan tanah. Dan jangan menyiram bunga secara berlebihan sebab nantinya justru akan menimbulkan masalah pada akar.

6. Pemangkasan Cabang Tanaman Bunga

Perlu untuk diketahui bahwa melakukan pemangkasan cabang tanaman bunga tidak perlu dilakukan pada semua jenis bunga. Pemangkasan tanaman ini hanya dilakukan terhadap bunga yang bisa dijadikan bonsai.

Selain daripada itu, pemangkasan ini juga dilakukan terhadap bunga yang telah layu dengan tujuan untuk mempercepat proses pertumbuhan bunga baru. Kamu bisa melakukan pemangkasan tanaman bunga pentas setiap 3-4 bulan sekali.

7. Penanggulangan Hama dan Penyakit

Tentu kamu setuju dengan pendapat yang mengatakan bahwa penyakit yang paling mengerikan pada tanaman bunga adalah hama atau jamur patogen yang mampu membunuh tanaman secara perlahan. Maka dari itu, melakukan berbagai penanggulangan terhadap hama dan penyakit penting untuk kamu lakukan.

So, demikianlah ulasan seputar cara merawat bunga pentas di pot. Semoga bermanfaat dan semoga berhasil!

Posting Komentar

0 Komentar