Manfaat Bunga Kemuning Untuk Kesehatan

 


Pernahkah kamu mendengar bunga yang satu ini?

Bunga kemuning biasanya tumbuh liar di tepi hutan atau sebagian orang juga ada yang menanamnya sebagai tanaman hias dan tanaman pagar. Bunga dengan nama latin Murraya paniculata ini memiliki  ciri-ciri berbentuk seperti pohon kecil yang terdiri dari banyak cabang, serta bunganya berbentuk bulat telur dan berwarna putih.

Selain dijadikan sebagai tanaman hias dan tanaman pagar, sebagian masyarakat Indonesia juga menggunakan bunga kemuning sebagai bahan utama pembuatan obat herbal. Pasalnya, bunga kemuning diketahui mengandung tanin, geraniol, Careen-3, paniculatine, dan cadin yang dipercaya mampu menjaga daya tahan tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit, diantaranya.

Manfaat Bunga Kemuning

1. Mengatasi Sakit Gigi

Untuk kamu yang sedang menderita sakit gigi, batang kemuning dan daun kemuning bisa menjadi solusinya. Caranya, kamu tinggal menumbuk beberapa lembar daun kemuning untuk diambil airnya dan dioleskan pada gigi yang sakit. Agar hasil yang diperoleh maksimal, sebelum digunakan, air daun kemuning dapat kamu panaskan terlebih dahulu.

Jika kamu ingin menggunakan bagian batang bunga kemuning, kamu dapat membakar kulit batang kemuning hingga mengeluarkan minyak. Kemudian, minyak tersebut dapat kamu oleskan pada gigi yang terasa sakit.

2. Mengobati Rematik

Rematik atau peradangan sendi disebabkan oleh kekebalan tubuh yang menyerang dirinya sendiri. Salah satu cara mengobati rematik yang dapat kamu lakukan adalah mengolah akar kemuning. Pasalnya, didalam akar kemuning terdapat kandungan yang secara aktif mampu meredakan gejala rematik.

Cara mengolah akar kemuning untuk meredakan rematik juga mudah, kamu cukup merebus akar kemuning dengan air mineral hingga matang dan airnya sedikit menyusut. Kemudian, minumlah air rebusan secara rutin dan teratur.

3. Menghaluskan dan Mencerahkan Kulit

Manfaat bunga kemuning yang selajutnya adalah mampu menghaluskan dan mencerahkan warna kulit. Caranya, cuci bersih daun kemuning, lalu tumbuk hingga halus, dan lulurkan pada kulit sebelum tidur.

4. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan senyawa yang terdapat dalam daun kemuning dipercaya mampu menghambat proses penuaan dini dan mengangkat sel-sel kulit mati. Minumlah air rebusan daun kemuning secara rutin dan teratur sebelum tidur untuk merasakan manfaatnya.

5. Melancarkan Menstruasi

Menstruasi yang tidak teratur tentu membuat wanita merasa khawatir dan tidak nyaman. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kamu dapat memanfaatkan air rebusan daun kemuning yang dicampur dengan rimpang dan daun pacar kuku.

6. Menurunkan Berat Badan

Daun kemuning ternyata juga mampu membantu kamu menurunkan berat badan loh.

Untuk membuatnya, kamu hanya perlu menghaluskan mengkudu, daun kemuning, dan temu giring. Lalu, rebus hingga matang dan air rebusan sedikit menyusut. Setelah itu, saring dan minumlah air rebusan setiap pagi sebelum makan.

7. Mengatasi Peradangan

Daun kemuning mengandung zat aktif yang dipercaya mampu meredakan gejala peradangan. Selain itu, daun bunga kemuning juga mampu mengobati luka terbuka.

Walaupun manfaat yang diberikan oleh bunga kemuning begitu baik untuk kesehatan. Namun, kamu tetap perlu memperhatikan porsi yang akan dikonsumsi. Ingat yah, segala yang berlebihan justru tidak akan baik untuk kesehatan.

Posting Komentar

0 Komentar