Bunga Kembang Sepatu : Jenis, Ciri-ciri, Hingga Manfaat

 


Ada banyak jenis tanaman hias yang menarik untuk ditanam di rumah, salah satunya adalah bunga kembang sepatu. Di Indonesia sendiri, jenis tanaman hias yang satu ini cukup sering untuk di jumpai.

Dilansir dari wikipedia.com, kembang sepatu adalah tanaman semak suku Malvaceae yang berasal dari Asia Timur dan banyak ditanam sebagai tanaman hias di daerah tropis dan subtropis.

Bunga yang satu ini memiliki tampilan yang unik, terutama pada kelopaknya yang terdiri dari beberapa variasi warna. Tertarik untuk menanam jenis bunga hias yang satu ini? Berikut kami telah merangkum beberapa informasi mengenai bunga kembang sepatu yang mungkin anda butuhkan.

Jenis Bunga Kembang Sepatu

• Kembang sepatu Amerika

Di Amerika, jenis bunga kembang sepatu yang satu ini disebut dengan rose mallows. Rose mallows memiliki 35 spesies yang termasuk ke dalam jenisnya. Jenis kembang sepatu yang satu ini, banyak ditemukan di Amerika bagian tengah, khususnya Florida.

• Kembang sepatu tangguh

Kembang sepatu yang satu ini disebut dengan kembang sepatu tangguh karena kemampuannya untuk bertahan hidup di daerah dengan suhu dingin dan daerah kering.

• Kembang sepatu tropis

Kembang sepatu yang satu ini merupakan jenis bunga kembang sepatu yang memiliki hubungan dengan kembang sepatu yang banyak di jumpai di Florida, yaitu kembang sepatu Amerika.

• Kembang sepatu abadi

Jenis kembang sepatu yang satu ini masuk ke dalam jenis kembang sepatu tangguh dan kembang sepatu tropis.

• Kembang sepatu tahunan

Walau memiliki nama kembang sepatu tahunan, jenis kembang sepatu yang satu ini tidak benar-benar tumbuh tahunan. Pada dasarnya, jenis kembang sepatu yang satu ini merupakan jenis kembang sepatu tropis yang tumbuh di iklim dingin.

Ciri-ciri Bunga Kembang Sepatu

• Memiliki daun berbentuk bulat.

• Berwarna merah terang mencolok.

• Terdapat kelopak dan beberapa mahkota yang halus dengan tangkai putik menjuntai keluar mahkota.

• Pada bagian ujung tangkai putik menjadi tempat kelopak sari yang bertabur serbuk sari dan siap melakukan penyerbukan untuk menghasilkan bakal bunga.

Manfaat Bunga Kembang Sepatu

• Menurunkan tekanan darah.

Dalam sebuah studi, ditemukan bahwa suatu subjek yang mengkonsumsi air dari 10 gr kelopak kering bunga kembang sepatu selama 4 minggu mengalami penurunan tekanan darah. Namun jika anda mengkonsumsi obat hidroklorotiazid, rebusan bunga kembang sepatu tidak bisa diminum bersamaan.

• Memelihara kesehatan hati.

Sebuah studi yang melibatkan 19 orang menemukan dengan mengkonsumsi ekstrak bunga kembang sepatu selama 12 minggu dapat membantu mengendalikan perlemakan hati.

• menurunkan berat badan.

Sebuah studi yang dilakukan pada 36 orang yang mengalami obesitas, mengonsumsi the kembang sepatu selama 12 minggu mampu mengurangi berat lemak tubuh.

• Menurunkan resiko kanker.

Bunga kembang sepatu mengandung polifenol, sebuah kelompok senyawa yang dilaporkan memiliki sifat anti kanker. Selain itu, bunga kembang sepatu juga memiliki kandungan antioksidan yang kuat. Membuat bunga yang satu ini mampu mencegah kanker.

Setelah membaca semua penjelasan tentang jenis bunga yang satu ini, apakah kamu tertarik untuk memilikinya ?

Posting Komentar

0 Komentar